Ciri-ciri Pinjaman Online Terbaik dan Terpercaya

aplikasi pinjaman online

Anda harus mengetahui ciri-ciri pinjaman online terbaik sebelum melakukan pinjaman, sebab pada zaman yang menuntut semua orang untuk cepat seperti saat ini, waktu menjadi salah satu hal yang penting sekali untuk memenuhi keperluan sehari-hari.  Adanya marketplace dan online shop di beberapa tahun terakhir ini menjadi salah satu hal yang dapat membantu kehidupan masyarakat Indonesia. Tidak sampai disitu saja, adanya pinjaman online atau pinjol ini bermanfaat sekali untuk masyarakat.

Mengapa demikian? 

Sebab Anda tidak lagi perlu untuk datang ke bank hanya untuk melakukan pengajuan pinjaman, dengan pinjaman ini Anda dapat melaksanakan seluruh proses dari rumah saja.

Definisi dari pinjaman online

Pinjaman online adalah sebuah layanan keuangan yang memungkinkan Anda untuk melakukan pinjaman uang di berbagai kebutuhan dan juga situasi tanpa harus datang secara langsung ke bank maupun lembaga keuangan. Layanan pinjaman ini adalah layanan untuk meminjam uang yang telah diatur dan juga diawasi secara langsung oleh otoritas Jasa keuangan atau bisa disebut dengan OJK.

Syarat pinjaman online

Salah satu keunggulan yang dipunyai dari pinjol pada dengan pinjaman dari Lembaga konvensional merupakan sarat sarat untuk meminjam yang lebih sederhana dan juga mudah. Apabila pada layanan pinjaman di lembaga konvensional Anda wajib memberikan sebuah jaminan seperti BPKB, sertifikat tanah maupun perhiasan. Namun, pada pinjaman ini Anda cukup perlu melengkapi sejumlah syarat-syarat umum seperti berikut ini.

  • KTP
  • Kartu Keluarga
  • NPWP
  • Rekening 3 bulan terakhir

Tidak hanya persyaratan dokumen saja, Anda pun wajib untuk memenuhi persyaratan secara personal jika ingin mengajukan pinjaman, seperti:

  • Mempunyai rekening bank di Indonesia.
  • Berusia di atas 20 tahun.
  • Seorang warga negara Indonesia (WNI)
  • Tidak mempunyai utang yang tidak terbayar.
  • Mempunyai pendapatan yang tetap.

 Bila Anda sudah memenuhi seluruh syarat tersebut, maka proses pengajuan Anda tentu saja akan secara mudah disetujui oleh pihak pinjaman online yang Anda pilih. Berikut ini ada beberapa rekomendasi pinjaman online untuk Anda.

rekomendasi aplikasi pinjaman online

1. Kredivo

Kredivo lupakan salah satu pinjaman on line yang telah terdaftar di OJK tanpa harus memberikan jaminan, pinjaman ini memberikan dana tunai via aplikasi dan cicilan tanpa kartu kredit. 

Untuk dana tunai, anda perlu mengajukan secara langsung ke aplikasi dari Kredivo. Pinjaman ini dapat memberikan Anda plafon sebesar Rp 500 ribu sampai Rp 1,5 juta dengan tenor 1 bulan.

Untuk cicilan, menjamin ini bekerjasama dengan merchant, seperti Tokopedia sehingga nasabah yang telah memiliki akun Kredivo dapat langsung mengangsur ketika belanja di merchant. Bila Anda belum memiliki akun, Kredivo fasilitas untuk para nasabahnya agar bisa mengajukan permohonan via merchant.

2. Tunaiku

Tunaiku merupakan sebuah layanan pinjaman online dari Bank Amar yang menawarkan plafon cukup tinggi dan dapat dicicil hingga 20 bulan, berikut ini beberapa fasilitas pinjaman seperti :

  • Cicilan dengan tenor selama 6 bulan hingga 20 bulan.
  • Plafon pinjaman mulai dari RP 2 juta hingga Rp 20 juta.

Dapat dua perbedaan yang sangat mencolok dari terbaikku dengan Lembaga keuangan lainnya, diantaranya yaitu :

  • Tenor pinjaman lebih lama dibandingkan dengan aplikasi pinjaman on line lainnya yang telah beredar di Indonesia.
  • Plafon pinjaman Tunaiku dapat memberikan Rp 5 juta hingga Rp 20 juta untuk pinjaman pertama, beda dengan pinjaman lainnya yang hanya memberikan dana sebesar Rp 3 juta saja pada pinjaman pertama.

3. Indodana

Indodana memiliki dua jenis pinjaman yang tidak perlu jaminan, yaitu:

  • Pay later untuk membeli barang apapun di merchant yang telah bekerjasama, limit nya hingga Rp 25 juta dan dapat dicicil hingga beberapa bulan. Cara kerjanya sama seperti kartu kredit.
  • Dana tunai yang limitnya mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 8 juta, tenor untuk pinjaman ini mulai dari 1 bulan hingga 3 bulan. Pencairan dana dapat dilakukan secara langsung melalui rekening pinjaman yang telah dicantumkan pada aplikasi.

4. Pinjaman GO

Pinjaman GO merupakan salah satu P2P telah memiliki izin langsung dari OJK yang pinjaman uang tidak menggunakan jaminan hanya dengan KTP saja. Terdapat dua tenar yang diberikan yaitu 14 hari dan juga 21 hari serta untuk plafon yang ditawarkan mulai dari Rp 1,2 juta hingga Rp 6 juta.

Tapi untuk pinjaman pertama kali, Anda hanya dapat mengajukan pinjaman sebesar Rp 1,2 juta saja.

5. JULO

Pinjaman online terbaik yang terakhir yaitu JULO lupakan sebuah pinjaman online yang memiliki beberapa produk pinjaman, yaitu:

  • JULO Agunan makan sebuah kredit yang jaminannya berupa BPKB mobil motor maupun sertifikat tanah maupun rumah.
  • JULO MINI, produk pinjaman yang mulai dari Rp 1 juta dengan tenor selama 30 hari.
  • JULO Cicilan, produk pinjaman mulai dari Rp 8 juta dengan tenor selama 3 hingga 6 bulan.