Contoh CV Kreatif Beserta Tips Membuatnya

cara buat cv menarik

Ada banyak sekali contoh CV kreatif yang dapat menonjolkan kelebihan diri dan tentu saja memikat hati para recruiter. Setiap orang tentu ingin mempunyai CV yang terlihat berkesan, hanya saja tidak semua dari mereka dapat membuatnya tampak menarik. Padahal sebenarnya membuat CV atau Curriculum Vitae ini bukanlah hal yang begitu sulit.

Anda bisa memainkan aspek visual dan pemilihan warna yang tepat jika mengirimkannya secara online ke pihak recruiter. Misalnya, membuat CV dalam bentuk peta, poster, brosur, dan lain-lain. Jadi, tidak ada batasan bagi Anda yang ingin berimajinasi dan menuangkan ide-ide kreatif saat buat cv yang menarik.

Sebelum membahas tentang contoh dan tips membuatnya, sebaiknya Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan CV (Curriculum Vitae). Kata CV jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Latin memiliki arti “perjalanan hidup saya”. Tujuan dari pembuatan CV adalah untuk menginformasikan pengalaman profesional dan akademis pelamar kerja kepada pihak recruiter.

Isi CV harus dapat menggambarkan pengalaman profesional dan prestasi akademis Anda. Berikut beberapa hal yang wajib dicantumkan dalam buat CV yang menarik:

  •       Data diri, mulai dari nama lengkap, alamat, email, nomor telepon, hingga tempat tanggal lahir.
  •       Riwayat pendidikan mencakup gelar dan almamater.
  •       Keterampilan pendukung dalam melaksanakan pekerjaan.
  •       Pengalaman kerja yang mencakup durasi bekerja, perusahaan tempat bekerja, sukarelawan, kegiatan organisasi, magang, dan sertakan pula job descriptionnya.

Sampaikan poin-poin CV di atas secara kronis untuk membuatnya terlihat menarik. Anda dapat menyampaikan perjalanan hidup serta pencapaian terbesar selama bekerja dengan lengkap dan jelas.

Untuk melihat beberapa contoh dan cara membuat CV kreatif, simak pembahasaan berikut ini.

Contoh Curriculum Vitae yang Kreatif

Dibawah ini merupakan contoh-contoh CV yang menonjolkan kualitas, deskripsi diri, pemilihan warna dan masih banyak lagi.

1.      Storytelling

CV dapat dibuat dalam format video menggunakan konsep story telling untuk memikat perhatian recruiter. Dalam video tersebut, Anda bisa menceritakan tentang skill dan passion apa saja yang dimiliki untuk menunjang pekerjaan. Anda juga bisa menambahkan lebih banyak informasi seputar diri sendiri. Sampaikan dengan luwes dan tidak sekaku format tertulis. CV ini sangat cocok bagi kalian yang jago berbicara tetapi tidak terlalu ahli mendesainnya. Jadi, coba buat cv yang menarik dengan format storytelling ini.

2.      CV Colorful

Contoh CV colorful cocok digunakan oleh orang-orang yang mempunyai kepribadian menyenangkan serta berkecimpung di dunia kreatif. Saat membuatnya, jangan lupa sampaikan informasi penting tentang skill dan pengamanan Anda dengan jelas.

3.      Lebih dari Selembar Kertas

CV tidak harus melulu berbentuk kertas polos, Anda mendesain tampilannya terlihat menarik dengan berbagai gaya yang dapat merepresentasikan diri sendiri. Dibandingkan kandidat lain yang hanya mengirimkan cv berupa selembar kertas polos saja tentu punya Anda akan lebih meninggalkan kesan di hati recruiter. Jadi, jangan takut CV Anda hanya dianggap angin lalu saja.

4.      Bermain dengan Alur Waktu          

HRD akan lebih mudah mengetahui sepak terjang Anda selama bekerja dengan menitikberatkan CV pada alur waktu. Anda bisa memulainya dari pendidikan atau pekerjaan awal, kemudian mengakhirinya dengan pengalaman terakhir atau kegiatan yang dikerjakan beberapa waktu terakhir. Tak hanya mempermudah, tampilan cv seperti ini tentu menarik minat pihak recruiter.

5.      Praktikkan Skill yang Dimiliki

Memasukkan skill dalam CV yang dibuat bisa menjadi contoh CV paling kreatif yang pernah ada. Misalnya saat seorang desainer grafis mempraktekkan cara membuat desain, mulai dari penataan layout, pemilihan warna, serta penambahan komponen-komponen tertentu. Anda juga bisa mencoba cara ini jika memiliki profesi yang sama.

Contoh lain adalah ilustrator, Anda dapat membuat beberapa icon dalam CV atau mengilustrasikan muka sendiri supaya berkesan.

6.      CV yang Interaktif 

Gunakan unsur-unsur interaktif untuk membuat CV yang kreatif. Misalnya, pengalaman kerja yang dituliskan dalam cv terlalu banyak, maka Anda bisa menaruhnya dalam icon yang menuju link portofolio lengkap, website dan sebagainya.

Cara Membuat CV

buat cv menarik

Dalam cara membuat CV berikut, ada beberapa hal penting yang bisa membuat Anda terlihat baik dimata recruiter. Seperti:

  •       Cantumkan data-data penting dan sesuai. Tentukan data apa saja yang dibutuhkan pihak recruiter, misalnya nama lengkap, kontak, alamat, skill, prestasi, maupun pengalaman pelamar kerja sebelumnya.
  •       Jangan bertele-tele, sampaikan informasi dengan jelas, singkat dan padat. Pihak recruiter tidak ingin menghabiskan waktu membaca CV Anda yang jumlahnya berlembar-lembar.
  •       Gunakan font yang mudah dibaca dan perhatikan juga ukurannya.
  •       Gunakan layout sederhana dan tidak berlebihan. Anda bisa menerapkan desain simple tapi menarik untuk menunjukkan seluruh keunggulan yang dimiliki.
  •       Menjelaskan tujuan CV untuk melamar pekerjaan tersebut. Kesan pertama yang bagus dapat membuat Anda menjadi kandidat yang terpilih.

Itulah beberapa contoh cv kreatif beserta tips membuatnya. Jangan lupa dipraktekkan saat Anda sudah siap melamar kerja. Selain itu, sesuaikan bentuk CV dengan bidang pekerjaan yang dilamar. Semoga berhasil mewujudkan karir impian!