Contoh Renovasi Rumah Minimalis

renovasi rumah minimalis

Renovasi rumah adalah salah satu hal terkdang sangat diperlukan dalam kurun waktu tertentu. Apalagi jika ada beberapa perbaikan yang perlu dilakukan, seperti memperbaiki atap bocor ataupun lain sebagainya. Tapi renovasi juga dilakukan untuk mengganti suasana agar rumah lebih nyaman. Di bawah ini sendiri akan diberikan ulasan beberapa contoh renovasi rumah minimalis

Contoh Renovasi Rumah Minimalis 

Dengan mengetahui beberapa renovasi dari rumah minamalis, Anda mungkin bisa mendapatkan ide agar rumah menjadi lebih rapi dan juga nyaman. Berikut ini adalah beberapa contoh renovasi untuk rumah minimalis: 

  • Membuat dapur minimalis 

Contoh pertama adalah untuk bagian dapur, di mana Anda bisa menggunakan desain dapur minimalis dengan cabinet yang tertempel pada dinding. Selain itu, Anda juga membuat dapur dengan menggunakan rak gantung agar dapat membuat ruang dapur terasa lebih ruas. Agar suasana menjadi lebih nyaman, maka Anda bisa memilih bahan material dari kayu yang akan membuat dapur terasa lebih hangat. 

  • Mengganti cat dengan warna netral 

Contoh renovasi selanjutnya adalah dengan mengganti cat dengan warna-warna netral. Tantangan dari rumah minimalis adalah luasnya yang tidak terlalu besar, sehingga membutuhkan trik dengan membuat ruangan tampak lebih luas. 

Salah satunya adalah dengan menggunakan cat dengan warna netral. Warna-warna yang bisa digunakan adalah seperti putih, krem ataupun warna-warna pastel. Hindari penggunaan cat dengan warna beragam, karena warna yang terlalu banyak akan membuat ruangan menjadi lebih sumpek dan tidak enak dipandang. 

  • Kamar dengan desain ala Jepang 

Salah satu renovasi yang bisa Anda lakukan agar rumah minimalis semakin nyaman adalah dengan merenovasi kamar dengan menggunakan desain ala Jepang. Desain yang satu ini adalah mengendapankan suasana yang nyaman dengan pemilihan warna putih. Lalu diberikan jendela besar agar pencahayaan masuk dengan baik. 

Anda juga bisa memberikan tumbuh-tumbuhan yang sekiranya bisa diletakan pada ruangan agar suasana menjadi lebih segar. Penggunaan furniture seperti tempat tidur tanpa dipan atau dengan menggunakan tempat tidur lipat yang dapat membuat ruangan lebih terlihat luas ketika tidak digunakan. 

  • Menggabungkan dua fungsi ruangan 

Renovasi selanjutnya adalah dengan menggabungkan dua fungsi ruangan dalam rumah. Semisalnya adalah dengan menggabungkan ruang tamu dan ruang keluarga. Di mana dengan adanya penggabungan dua fungsi ruang dapat membuat rumah menjadi lebih luas. Anda bisa menggunakan furniture yang sekiranya memang diperuntukan untuk rumah minimalis. 

  • Pemberian sekat 

Contoh renovasi untuk rumah dengan desain minimalis adalah dengan pemberian sekat minimalis yang memisahkan ruangan. Di mana pemberian sekat ini harus Anda perhatikan dengan seksama agar ruangan tidak terlihat terlalu sempit. Anda bisa menggunakan sekat sementara atau menggunakan furniture seperti rak yang akan memberikan batasan tanpa membuat ruangan tidak telalu terlihat sempit. 

  • Bertingkat dua 

Agar mendapatkan rumah minimalis yang nyaman serta tidak terlalu terlihat sempit, tidak ada salahnya merenovasi rumah menjadi dua tingkat. Dengan merenovasi rumah menjadi dua tingkat, maka rumah akan memiliki lebih banyak ruang sehingga pemanfaatannya pun dapat lebih maksimal. 

renovasi rumah minimalis

Contoh-contoh tersebut bisa diaplikasikan secara bersamaan ataupun memilih salah satu. Di mana kunci untuk desain rumah minimalis adalah dengan memanfaatkan ruang dan pemilihan furniture yang tepat. 

Tips Renovasi Rumah Minimalis 

Setelah melihat contoh yang ada, Anda bisa mengikuti tips di bawah hini agar renovasi rumah minimalis dapat memberikan hasil yang maksimal. Berikut ini adalah tips-tipsnya: 

  • Maksimalkan pencahayaan alami 

Tips pertama agar rumah minimalis tidak terasa sumpek adalah dengan memaksimalkan pencahyaan alami. Agar mendapatkan pencahayaan alami ini, maka Anda bisa memanfaatkan jendela ataupun penggunaan kaca. Semisalnya adalah dengan menggunakan jendela besar yang bisa membuat ruangan mendapatkan cahaya secara maksimal. 

  • Furniture minimalis 

Selain dari bentuk, Anda juga bisa menggunakan furniture 2 in 1 yang dapat menghemat ruangan. Semisalnya adalah penggunaan sofa bed atau meja lipat. Jenis-jenis furniture ini sendiri akan membuat ruangan akan terlihat lapang jika tidak sedang digunakan. Anda harus benar-benar harus bisa membuat ruang menjadi lebih efektif dalam penggunaannya. 

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan rak gantung dinding agar bisa menyiapkan ruang penyimanan tanpa harus membuat ruangan menjadi terlihat sempit. Desain untuk rak gantung sendiri ada bermacam-macam, di mana bahannya pun bisa dipilih sesuai dengan selera. 

  • Jangan berlebihan memilih motif 

Motif yang dimaksud dalam hal ini adalah seperti pemilihan wallpaper, desain sofa dan lain sebagainya. Agar rumah minimalis terlihat lebih nyaman dan juga tidak sumpek, lebih baik menggunakan motif simple yang tidak terlalu besar. Jika memang ingin memberikan motif, bisa ditekankan dengan motif minimalis seperti garis ataupun bunga dengan warna pastel. 

Itulah beberapa penjelasan contoh renovasi rumah minimalis beserta dengan tipsnya. Di mana dalam merenovasi rumah minimalis, Anda harus bisa memanfaatkan ruangan dengan sangat baik.