Contoh Renovasi Rumah Type 36

renovasi rumah type 36

Mungkin Anda sering mendengar rumah type 36, di mana rumah dengan tipe yang satu ini memang paling popular karena desainnya minimalis. Tapi tentu saja, jika Anda membeli rumah dengan tipe ini di perumahan maka desainnya akan terlihat sama dengan rumah lain. Maka dari pada itu, banyak sekali yang melakukan renovasi. Di bawah ini akan ada beberapa contoh renovasi rumah type 36 yang bisa Anda tiru. 

Tips Hemat Renovasi Rumah Type 36 

Namun, sebelum Anda mengatahui contoh renovasi rumah dengan tipe ini, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu tips hemat untuk merenovasi rumah dengan tipe ini. Berikut ini adalah tipsnya: 

  • Buatlah desain pasti 

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika ingin merenovasi rumah tipe 36 yang gemat budget adalah dengan membuat desainnya terlebih dahulu. Pastikan juga desain ini tidak sering mengalami perubahan. Karena kesalahan yang sering dilakukan adalah dari tidak pastinya sebuah desain renovasi. 

Desain rumah ada baiknya dibuat sebaik mungkin. Apabila Anda menggunakan jasa desain maka lebih baik pastikan bahwa desain tidak berubah pada saat renovasi dilakukan. Karena jika ditengah jalan desain harus berubah sudah pasti akan memakan biaya yang lebih mahal lagi. Jadi, pastikan desain sudah siap dan sesuai dengan keinginan. 

  • Buatlah jadwal terperinci 

Apabila desain sudah siap, maka sebaiknya Anda membuat jadwal yang terperinci. Dengan adanya jadwal ini sendiri maka Anda bisa melakukan penghematan apabila menggunakan jasa harian. Karena jika tidak Anda jadwalkan maka bisa saja terjadi pembengkakan dalam biaya upah tukang.

Konsultasikan dengan para pekerja, untuk melakukan satu pekerjaan maka berapa waktu yang dibutuhkan. Lalu susunlah jadwal sesuai dengan waktu pengerjaan yang disanggupi oleh pekerja. Walaupun pasti akan ada kendala yang akan menambah waktu, setidaknya perkiraan pengerjaan tidak terlalu jauh dengan yang sudah dijadwalkan. 

  • Menggunakan material yang sudah ada

Melakukan renovasi sendiri berarti Anda akan memperbaiki beberapa bagian yang sekiranya memang perlu diganti. Tentu saja ada beberapa material lama dari rumah yang masih bisa digunakan. 

Disinilah Anda harus cermat dalam memilih bahan material yang masih dapat dipakai. Biasanya material yang masih bisa digunakan adalah seperti genteng, kusen, pintu dan lain sebagainya. Dengan cara ini, maka Anda bisa menghemat biaya ketika merenovasi rumah. 

  • Pemilihan bahan material 

Tips selanjutnya agar Anda bisa menghemat budget adalah dalam pemilihan bahan material. Tentu saja tidak seluruh bahan yang akan digunakan harus memiliki kualitas premium. Tidak ada salahnya memang menggunakan bahan dengan grade yang sangat baik, tapi jika tidak ada dana yang cukup lebih baik tidak dipaksakan. 

renovasi rumah type 36

Anda bisa membeli bahan material dengan kualitas yang sudah SNI atau standart nasional. Bahan material yang sudaj diakui SNI sendiri juga sama baiknya dan tentu saja harganya lebih murah daripada dengan bahan-bahan material yang berkualitas premium. Anda juga bisa menggabungkan dua kualitas antara SNI dengan premium, asal masih dalam budget yang ditentukan.

Dari tips di atas, maka Anda dapat melakukan renovasi yang sekiranya sesuai dengan budget yang sudah disiapkan. Namun, idealnya Anda jangan menyediakan dana yang terlalu pas. Sediakan juga dana darurat, karena terkadang renovasi rumah tidak selalu tepat dengan apa yang direncanakan, apalagi dari segi dana. 

Contoh Renovasi Rumah Type 36 

Lalu bagaimana dengan contoh renovasi rumah dengan type 36? Di bawah ini ada beberapa penjelasan singkat yang bisa Anda jadikan patokan dalam melakukan renovasi rumah tipe 36. Berikut ini adalah contohnya: 

  • 2 tingkat 

Rumah dengan type 36 ini sendiri biasanya akan dibangun di tanah dengan luas 60 meter persegi hingga 72 meter persegi. Di mana luas bangunannya adalah 36 meter persegi yang sudah jelas tidak terlalu besar. Karena luas rumah sendiri tidak terlalu besar, maka sudah jelas keterbatasan ruang adalah tantangan yang akan dihadapi. 

Untuk dapat mengatasi masalah luas yang tidak terlalu besar serta ingin mendapatkan ruang yang lebih banyak, maka merenovasi rumah menjadi 2 tingkat adalah salah satu hal yang tepat. Anda dapat melakukan perubahan dengan menambahkan satu lantai lagi agar mendapatkan ruang yang lebih banyak. Namun, tetap mengusung desain minimalis. 

  • Double function 

Keterbatasan lahan memang menjadi salah satu tantangan ketika ingin menrenovasi rumah dengan tipe 36 ini. Anda bisa melakukan renovasi dengan menggabungkan dua ruangan menjadi satu agar tidak membuang ruang yang lain. Semisalnya adalah ruang tamu juga digunakan sebagai ruang keluarga. 

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat menggabungkan ruang makan beserta dapur. Di mana Anda dapat menggunakan partisi sementara seperti dari rak buku atau pun jenis partisi lain yang dapat dipindahkan dengan mudah. Sisa ruang lain sekiranya bisa dijadikan ruang tidur ataupun office yang bisa digunakan. 

Dengan contoh renovasi rumah type 36 tersebut, maka sudah jelas bahwa rumah tipe ini memang harus banyak memanfaatkan ruang dengan sangat baik agar tidak menjadi rumah yang sumpek ataupun terlalu pengap.