Contoh Soal Psikotes Kerja yang Sering Ditemui dan Cara Jawabnya

contoh soal psikotes

Menghadapi soal psikotes ketika akan masuk ke sebuah pekerjaan merupakan salah satu langkah dari proses penerimaan karyawan baru di sebuah perusahaan. Beberapa diantaranya mencari tahu bagaimana contoh soal psikotes beserta cara menyelesaikan soal psikotes yang ada.

Bila Anda mencari contoh psikotes atau soal psikotes kerja tentu hal tersebut terbilang wajar ketika seseorang berusahaa sebelum dia menghadapi psikotes kerja nantinya. Hal tersebut dilakukan karena merupakan wujud dari upaya seseorang agar lebih membiasakan diri dengan soal yang akan dihadapi ketika akan tes.

Langkah proses seperti ini adalah hal umum dijumpai untuk beberapa macam perusahaan. Diadakannya tahapan tersebut bertujuan agar bisa mengetahui kemampuan para calon karyawan. Bagi Anda yang sudah sering mengikuti psikotes kerja atau sudah biasa menghadapi soal psikotes kerja. Harus diketahui bahwa tes tahap tersebut sangat berpengaruh untuk keberhasilan Anda.

Seperti contoh, Anda melamar sebuah pekerjaan, tes tersebut dapat dijadikan faktor kelulusan, apakah Anda dapat terus ke tahap selanjutnya atau tidak dan sudah cocok atau tidak dengan formasi yang Anda lamar.

Untuk Anda yang baru pertama mengikuti ujian tersebut biasanya mengalami kesulitan jika dibanding mereka yang telah beberapa kali menjalani tes tersebut karena sudah terlalu sering melihat contoh psikotes berdasarkan pengalam yang mereka miliki. Tidak perlu dikhawatirkan, terdapat banyak contoh soal psikotes kerja, sehingga tips agar Anda dapat menyelesaikannya dengan lebih mudah. Untuk itu, silahkan simak penjelasannya dibawah ini :

1.       Soal Psikotes berupa Deret Aritmatika

 Ketika dihadapkan oleh jenis tes soal tersebut umumnya Anda akan diberi beberapa soal yang berisikan daftar angka serta pola tertentu. Misalnya seperti yang ada pada soal berikut ini :

1 3 5 7 9 ….

2 4 6 8 10 …..

Ketika menjumpai jenis soal tersebut, berarti Anda perlu mengisi dua baris angka yang ada titik-titiknya mengikuti pola yang ada. Pada soal pertama itu, dikarenakan angkanya menunjukan angka ganjil berarti isian dari titik-titiknya yakni angka 11 dan angka 13, serta untuk soal di bawahnya, dikarenakan menggunakan pola genap maka jawabannya yakni angka 8 dan angka 10.

Masukan untuk Anda ketika akan mengerjakan contoh psikotes seperti ini, disarankan untuk menyelesaikan  soal yang menurut Anda paling mudah terlebih dahulu. Bila tidak, Anda akan banyak kehabisan waktu dalam mengerjakan psikotes kerja yang semakin sulit. Serta berusahalah agar lebih teliti.

2. Psikotes Logika Penalaran

Dapat dikatakan secara umum, pada logika penawaran cenderung menguji keahlian Anda dalam membentuk atau membedakan sebuah bangun ruang, dan bangun ruang yang ada pastinya dibuat acak serta Anda perlu memilih sekiranya kotak mana yang memang sesuai dengan gambar dari bangun ruang yang tadi sebelumnya.

Tidak ada tips khusus agar Anda dapat menjawab soal psikotes kerja satu ini. Akan tetapi, Anda perlu memiliki konsentrasi lebih dan tidak terburu-buru. Disarankan untuk melakukan istirahat yang pas supaya Anda dapat maksimal dalam menyelesaikan pertanyaan.

Tidak ada cara khusus agar Anda dapat menyelesaikan soal psikotes kerja satu ini. Namun, Anda bisa meningkatkan konsentrasi dan melakukannya tidak buru-buru. Sebelum melakukan tes sebaiknya Anda istirahat cukup supaya optimal dalam menjawab soal.

3. Tes psikotes analog verbal

soal psikotes

Berikut ini ilmu pelajaran bahasa Indonesia Anda akan teruji sebab inti dari analog verbal berupa sinonim dan antonim  yang memiliki hubungan sama kata sebelahnya. Agar lebih mudahnya dapat melihat contoh berikut ini.

Motor : Bensin = Pesawat : ….

Es : Dingin = Api : ….

Jawabannya yaitu, dingin dan avtur nantinya akan muncul di pilihan jawaban yang sudah disiapkan.  Hal wajib yang dapat Anda persiapkan yakni menambah referensi mengenai jenis kata agar nantinya menjadi lebih mudah dalam menjawab soal.

4. Soal Tes Psikotes Warteg

Pada soal warteg tersebut tentu akan berfokus terhadap kemampuan Anda dalam berimajinasi dan mempersepsikan sebuah bentuk dalam suatu hal.

Pada kertasnya yang dibagi terdapat delapan kotak berisikan sebuah titik dan garis, dari titik dan garis tersebut Anda dapat menggambar apa saja yang Anda rasa menuangkan hal sesuai apa yang ada pada imajinasi Anda.

Tips penting yakni Anda bisa mencoba menggambar sesuatu seperti benda hidup di kotak yang ada garis lengkung salah satunya benda mati dan titik di kotak berisikan garis lurus itu. Apabila Anda  dapat menggambar dengan acak, usahakan jangan memulai gambar dari kotak yang paling kiri ke yang paling kanan, karena disinilah titik para penilai melihat kreatifitas Anda dan melihatnya untuk diperhitungkan.

Itulah beberapa contoh soal psikotes yang umum ditemukan ketika Anda menghadapi soal tes ketika ingin masuk ke sebuah perusahaan atau sejenisnya.

.