Daftar Bank Swasta yang Beroperasi di Indonesia

daftar bank swasta

Pasti Anda mengetahui bahwa di Indonesia tidak hanya memiliki bank dari pemerintah saja, tapi juga ada bank swasta. Di mana bank swasta sama pentingnya dengan bank pemerintah karena sama-sama mendukung masalah perekonomian. Meski begitu, tidak banyak masyarakat yang tahu mana bank swasta dan bank BUMN. Untuk itu, di bawah ini akan diberikan daftar bank swasta yang beroperasi di Indonesia.

Pengertian Bank Swasta

Sebelum masuk ke daftar dari bank swasta yang ada di Indonesia, lebih baik Anda memahami terlebih dahulu apa pengertiannya. Seperti namanya, bank swasta berarti sebuah bank yang dimiliki oleh pihak swasta. Selain itu, pengelolaannya pun dilakukan oleh pihak swasta dan keuntungannya pun hanya bisa dinikmati oleh swasta.

Sehingga bisa dikatakan bahwa bank swasta ini dimiliki oleh seorang pengusaha atau individu dan sudah berbadan hukum dan resmi. Untuk layanan yang disediakan sama dengan bank BUMN, di mana Anda bisa menabung, menyimpan harta dan lain sebagainya. Bank swasta pun dibagi dua berdasarkan kepemilikannya, berikut ini penjelasannya:

  • Bank Swasta Nasional

Untuk bank swasta nasional adalah bank yang pemiliknya adalah pihak swasta dari Indonesia atau dalam negeri.

  • Bank Swasta Campuran

Sedangkan untuk bank swasta campuran adalah bank yang pemiliknya adalah swasta dari Indonesia dan juga swasta dari luar negeri. Sehingga, keuntungan yang didapatkan dari bank pun dibagi dua antara pemilik nasional dan asing.

Dari penjelasan tersebut, maka Anda bisa mengambil kesimpulan bahwa ada beberapa bank swasta di Indonesia yang juga dimiliki oleh pihak asing. Meski begitu seluruh layanan dari kedua bank jenis tersebut masih sama dan juga berperan penting dalam perekonomian di Indonesia.

Daftar Bank Swasta Terbesar yang Beroperasi di Indonesia

fungsi bank Indonesia

Bank swasta yang ada di Indonesia sangatlah banyak sekali dan tersebar di seluruh daerah. Sehingga, dalam artikel ini akan dirangkum beberapa nama bank swasta terbesar yang beroperasi di Indonesia. Berikut ini adalah daftarnya:

  • Bank BCA

Jika berbicara tentang bank swasta, maka Anda pasti akan teringat langsung dengan Bank BCA atau Bank Central Asia. Bank yang satu ini tercatat sebagai bank dengan aset paling besar di Indonesia, di mana jumlah asetnya mencapai lebih dari 1000 triliyun rupiah. Pada bulan Maret 2021 lalu, RTI mencatat jumlah aset yang dimiliki BCA telah menembus angka 1.090,38 triliyun rupiah.

Bank yang telah berdiri semenjak tahun 1957 ini telah memberikan banyak sekali sumbangsih kepada masyarakat dan negara. Menyediakan berbagai layanan perbankan seperti Tahapanku, Tabunganku, kartu kredit, kredit tanpa agunan, deposito, investasi dan lain sebagainya. BCA pun juga menjadi salah satu bank yang mempunyai nasabah terbanyak pada saat ini.

  • Bank CIMB Niaga

Bank selanjutnya yang juga mempunyai aset terbesar di Indonesia adalah CIMB Niaga. Bank yang satu ini berdiri pada tahun 1974 dan merupakan bank pertama yang mencetuskan adanya ATM sebagai alat untuk melakukan transaksi. Sampai sekarang CIMB Niaga pun berkembang dengan sangat pesat.

Inovasi terbesar yang dilakukan oleh CIMB Niaga adalah dengan makasimalkan digital untuk memberikan kemudahan pada nasabah dalam melakukan transaksi. Hingga Maret 2021 lalu, CIMB Niaga mempunyai aset dengan total lebih dari 270 triliyun rupiah. Produk yang paling banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia adalah kredit perumahan.

  • Bank OCBC NISP

Bank OCBC NISP pun juga salah satu bank swasta yang mempunyai nasabah yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Belakangan ini, OCBC NISP menggandeng rapper Indonesia yang tinggal di Amerika yaitu Rich Brian untuk menjadi salah satu ambasadornya. Tujuannya sendiri adalah agar OCBC NISP dapat menggapai kaum milineal untuk menggunakan produk mereka.

OCBC NISP mempunyai aset yang terbilang sangat besar yaitu mencapai lebih dari 200 triliyun rupiah. Bank ini pun menyediakan berbagai produk perbankan yang bisa dipilih oleh masyarakat Indonesia, seperti tabungan, giro, kartu kredit, pinjaman dan lain sebagainya.

  • Bank Pan Indonesia

Lebih dikenal dengan nama Bank Panin, bank swasta yang satu ini juga terbilang berpengaruh besar dalam perekonomian di Indonesia. Memiliki aset sekitar 218 triliyun rupiah, Bank Panin pun menawarkan berbagai macam layanan yang bisa dipilih masyarakat.

Contohnya adalah tabungan berencana, tabungan pelajar, tabungan dollar dan masih banyak lagi. Bank yang satu ini sendiri juga menyediakan berbagai layanan melalui digital yang juga akan memberi kemudahan bagi nasabah.

Itulah beberapa daftar bank swasta dengan aset terbesar yang beroperasi di Indonesia. Walaupun dimiliki dan dikelolah oleh swasta, tapi layanan-layanan perbankan yang ada pun sama saja. Di mana setiap bank mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda hanya tinggal memilih bank swasta mana yang cocok dengan kebutuhan perbankan yang diperlukan.