Daftar Belanja Bulanan Ibu Rumah Tangga

kebutuhan harian

Terdapat banyak sekali keuntungan dalam merencanakan belanja kebutuhan bulan untuk ibu rumah tangga. Pertama Anda nantinya akan lebih teratur dan disiplin sebab membeli sesuatu berdasarkan kebutuhan pokok. Kedua Anda lebih hemat sebab hanya membeli kebutuhan yang diprioritaskan.

Dibawah ini merupakan list rincian untuk berbelanja bulanan ibu rumah tangga. Dimana daftar yang dituliskan di bawah ini merupakan kebutuhan wajib yang harus diperlukan oleh ibu rumah tangga.

1.       Minyak, Beras, dan Bumbu Dapur

Minyak dan beras termasuk bahan yang harus masuk ke dalam daftar belanjaan ibu rumah tangga setiap bulannya. Minyak dan beras yang dijual dipasar mempunyai berat serta harga yang cukup beragam dan memastikan kebutuhan Anda setiap bulannya berapa serta jangan sampai berlebihan atau bahkan kekurangan.

Misalnya, jika Anda serta keluarga  kesehariannya jarang makan atau masak sendiri dirumah, sebaiknya tidak perlu membeli beras 20 kg namun beli saja dengan berat 5 kg. Begitu juga untuk minyak, jika Anda jarang memasak sendiri, ada baiknya membeli minyak sesuai kebutuhan saja. Misalnya 1 liter untuk satu bulan.

Selain itu, kebutuhan akan bumbu dapat bisa Anda sesuaikan oleh kebutuhan serta pola makan sehari-harinya. Contohnya, jika mayoritas keluarga tidak terlalu suka makan pedas jangan membeli cabe dalam jumlah besar.

2.       Roti dan Mie Instan

Walaupun mie instan bukan merupakan makanan pokok, namun penting untuk Anda masukkan ke daftar belanjaan bulanan yang bisa dijadikan makanan cadangan di rumah.

Perlu diingat jangan buat mie instan menjadi makanan pokok Anda , sebab mie instan sendiri jika terlalu sering dikonsumsi bisa tidak baik untuk tubuh. Roti juga termasuk makanan berkarbohidrat serta dapat dikonsumsi sebagai sarapan atau sekedar camilan.

3.       Telur

Selain dari mie instan dan roti, telur juga dianggap sebagai makanan dengan sumber protein yang sangat baik bagi tubuh sebab jika Anda sedang berhemat, terdapat banyak sekali jenis olahan makanan yang bisa dibuat menggunakan bahan telur. Misalnya scramble, dimasukkan ke salad, atau sebagai tambahan saat makan nasi goreng atau sekedar camilan

4.       Buah dan Sayur

Anda bisa menghemat list belanja bulanan dengan membeli sayur berupa wortel, brokoli, bayam, kangkung, seledri, tomat dan lain sebagainya. Seluruh sayur tersebut bila dimasukkan ke kulkas yang dingin bisa bertahan cukup lama dan Anda bisa memasak atau mengolahnya sesuai selera.

Untuk jenis buah, apel dan pisang mungkin dapat menjadi prioritas. Selain sangat baik bagi kesehatan tubuh. Apel dan pisang juga bisa dikonsumsi sebagai sarapan pagi sebab bisa membuat kenyang dan harganya pun terjangkau.

5.       Ayam, Ikan, Atau Daging

Ketiga makanan tersebut juga sangat penting untuk dimasukkan ke dalam list belanja bulan bagi ibu rumah tangga tiap bulannya. Hal tersebut dikarenakan ketiga jenis makanan ini merupakan sumber protein yang sehat.

Anda dapat memilih ayam atau ikan jika Anda merasakan harga daging terlalu mahal. Paling penting adalah sumber protein harian bisa terus tercukup.

6.       Makanan Frozen

Jenis makanan frozen berupa nugget dan sosi dapat membantu Anda jika Anda tidak mempunyai banyak waktu untuk membuat masakan sendiri. Nugget dan sosi sangat mudah untuk disiapkan sebab hanya tinggal digoreng, setelah itu keduanya bisa langsung dikonsumsi.

Terdapat beberapa jenis merek nugget dan sosis yang dijual dipasaran dengan harga yang terjangkau. Dengan begitu Anda bisa sedikit berhemat pengeluaran belanja  bulanan.

7.       Sabun Cuci

Sabun cuci juga merupakan kebutuhan yang tidak bisa terlewatkan. Didalamnya terdapat pewangi, sabun untuk mengepel lantai, sabun cuci piring, sabun pencuci baju yang semuanya sangat penting untuk dibeli. Tips untuk memilihnya yakni pilihlah harga paling murah dan memilih aroma yang Anda inginkan.

8.       Tissue

Jangan lupa memasukan tissue sebaik list belanjaan bulanan untuk Anda ibu rumah tangga. Untuk tissue sendiri terdiri dari berbagai jenis. Mulai dari tissue dapur, tissue toilet, dan tisu wajah. Sebaiknya ketiga jenis tissue Anda beli namun pilihlah berdasarkan kebutuhan dan tidak boleh berlebihan.

9.       Vitamin dan Obat-Obatan

List belanjaan yang tidak boleh terlewatkan ketika Anda belanja bulanan yakni vitamin dan obat-obatan yang berperan sebagai pertolongan pertama. Misalnya obat flu, maag, sakit kepala,betadine, kapas, plester dan sebagainya. Ini sangat penting untuk disiapkan agar nantinya ketika anggota keluar sedang jatuh sakit bisa ditangani lewat pertolongan pertama dari obat-obatan yang sudah dibeli.

10.   Perlengkapan Mandi

Sampo, sabun mandi, sabun cuci muka, sikat gigi dan pasta gigi juga sangat penting untuk dimasukkan ke dalam list belanjaan perbulan. Tipsnya jangan lah memilih sabun cair atau sampo dengan ukuran yang besar. Anda harus memilih ukuran secukupnya, setidaknya bisa pas untuk digunakan dalam satu bulan.