Daftar Kebutuhan Rumah Tangga Yang Sulit Dihemat

kebutuhan rumah tangga sulit dihemat

Menikah dan membangun sebuah keluarga baru merupakan fase kehidupan yang paling dinantikan oleh setiap pasangan. Namun saat membina rumah tangga, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Paling utama adalah kebutuhan-kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi untuk menjamin keberlangsungan hidup. Kalau ingin hidup damai sentosa bersama pasangan tercinta, kita harus mempersiapkan segala sesuatu dengan sangat terencana.

Tapi ada satu masalah yang sering memicu pertengkaran dalam rumah tangga, yakni pengelolaan keuangan yang buruk. Kalau tidak dilakukan dengan baik memang dapat menyebabkan pemborosan, sehingga penghasilan pun tak dapat memenuhinya. Hal ini tentu akan menimbulkan banyak kerugian di masa mendatang. Namun untuk melakukan penghematan juga tidak mudah, karena bersifat pokok sehingga harus selalu terpenuhi. Apa saja kebutuhan rumah tangga yang sulit dihemat? Berikut daftarnya.

Bahan Makanan

Ini merupakan kebutuhan utama dalam rumah tangga yang menjamin keberlangsungan hidup. Kebutuhan bahan makanan memang sulit dihemat manusia, karena pada dasarnya kita harus makan setiap hari.  Makanan yang dikonsumsi pun tidak sembarangan, harus bergizi seimbang. Hingga saat ini belum ada satu hal pun di dunia yang bisa menggantikan fungsi darinya, oleh karena itu wajib diadakan dalam anggaran rumah tangga.  

Meski sangat sulit dihemat, Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengontrol pengeluaran. Seperti tidak boros menggunakan bahan makanan di dalam keluarga, cukup masak dalam porsi sesuai orang rumah. Jangan biarkan makanan terbuang sia-sia. Lebih baik masak sendiri daripada membeli makanan dari luar yang merupakan pemborosan.  

Perlengkapan Mandi

Mulai dari sabun, odol, sampo, dan face wash memang menjadi produk rumah tangga yang cepat habis. Kalau dipakai sendiri mungkin tahan hingga 2-3 bulan, tapi kalau sudah berkeluarga bisa habis dalam waktu sebulan atau bahkan beberapa minggu saja. Sulit dihemat karena peralatan mandi tersebut selalu digunakan setiap hari.

Tagihan Listrik

Selain bahan makanan dan perlengkapan mandi, listrik juga termasuk tagihan besar yang menjadi kebutuhan rumah tangga paling sulit dihemat. Apalagi kalau penggunaan perangkat elektronik yang tinggi dalam waktu lama akan mengkonsumsi listrik dalam jumlah besar. Kita tidak bisa berhemat kalau tidak membatasi penggunaan perangkat tersebut.

Sebut saja kulkas, televisi, AC, kipas angin, charger laptop dan hp, rice cooker, bahkan juga lampu yang nyala nonstop. Kalau tidak begitu penting sebaiknya tidak digunakan sepanjang hari. Contohnya AC, Anda dapat menggunakannya saat malam hari saja menjelang tidur atau saat berada di ruangan tersebut. Contoh lain adalah lampu, kalau di waktu siang bisa dimatikan sampai hari menjelang malam.

Air

Kebutuhan rumah tangga selanjutnya yang tak kalah penting dalam kehidupan adalah air. Tak ada satu pun orang di dunia ini yang bisa bertahan hidup tanpa air, termasuk Anda. Bisa dibilang bahwa sebagian besar kegiatan yang terjadi dalam rumah tangga membutuhkan air. Makanya cukup sulit dihemat, paling kita harus bijak dalam menggunakannya. Usahakan untuk mematikan keran air yang tak dipakai, perhatikan juga durasi mandi dan durasi ketika mencuci pakaian.

Cairan Pembersih Rumah dan Pakaian

Mulai dari pewangi, cairan pembersih seperti desinfektan hingga detergen untuk pakaian juga sulit dihemat dan akan cepat habis. Kebutuhan rumah tangga ini memang ada banyak jenis dan kegunaannya, bersifat wajib dan harus tersedia. Agar tidak boros, pilih produk yang harganya ekonomis.

Gas

Termasuk peralatan masak yang dibutuhkan. Sudah jarang sekali dapur keluarga yang menggunakan api tungku atau kompor minyak. Kalau sering masak akan lebih cepat habis. Gas menjadi kebutuhan penting lainya yang tak dapat dihemat dalam anggaran rumah tangga.

Tips Mengatur Daftar Kebutuhan Rumah Tangga Agar Lebih Hemat

Belanja bulanan merupakan hal yang cukup memusingkan bagi ibu rumah tangga. Memang harus direncanakan dan dihitung dengan matang agar tidak menghabiskan budget untuk keperluan tidak penting. Namun ada beberapa barang yang tak bisa dihemat. Untuk itu, silahkan lakukan tips berikut ini.

  •       Jangan pernah bawa uang terlalu banyak ketika berbelanja.
  •       Tentukan skala prioritas dan beli produk yang memang sudah habis.
  •       Jangan malas mengumpulkan struk belanja untuk membuat catatan pengeluaran.
  •       Membeli kebutuhan dalam jumlah banyak untuk persediaan sebulan ke depan.
  •       Cari tempat belanja dengan harga paling murah, manfaatkan juga promo dan diskon yang ditawarkan.
  •       Membeli produk dengan harga ekonomis.
  •       Kurangi porsi masak dan olah makanan sisa.
  •       Lebih banyak masak daripada makan di luar
  •       Stop godaan belanja online.
  •       Memanfaatkan layanan streaming menggunakan koneksi internet daripada tv kabel.
  •       Kurangi beragam pembelian produk pembersih yang tak perlu.
  •       Berhenti berlangganan langganan tertentu.

Nah, itulah daftar kebutuhan rumah tangga yang sulit dihemat karena harus siap sedia saat dibutuhkan. Anda dapat menggunakannya dengan bijak agar tidak terjadi pemborosan yang berdampak pada keuangan.