Daftar Lengkap Kode Bank di Indonesia Untuk Keperluan Transfer

pengertian bank

Berbagai kebutuhan transaksi bank seperti mengirimkan sejumlah uang ke rekening tujuan kini semakin sering dilakukan masyarakat dewasa ini. Di era serba digital seperti sekarang, orang-orang menjadi lebih senang melakukan hal-hal yang berbau cepat dan praktis, salah satunya adalah transaksi jual beli online. Ketika hendak mentransfer uang ke nomor rekening tujuan, Anda tentu memerlukan kode bank yang sesuai.

Tidak dipungkiri saat ini tren belanja online semakin menjamur saja di Indonesia. Kebanyakan orang lebih suka membeli barang melalui online daripada langsung datang ke toko penjual. Budaya belanja yang bergeser dari tradisional ke online, seperti yang terjadi di sosial media dan situs web semakin memudahkan pembeli. Anda dapat memilih produk yang akan dibeli melalui gambar atau video yang ditampilkan di situs belanja, kemudian melakukan pemesanan dengan menghubungi kontak penjual yang tertera dalam informasi barang.

Jika sudah fix dengan barang yang diorder, Anda dapat membayar sejumlah uang kepada pembeli dengan cara di transfer, baru kemudian penjual dapat mengirim barang pesanan tersebut. Semudah itulah sistem belanja online yang menjamur di Indonesia saat ini.

Mempunyai Lebih dari Satu Rekening Bank    

Baik penjual maupun pembeli tidak dapat disangkal memang membutuhkan rekening bank untuk kegiatan tarik tunai, setor, dan bahkan transfer. Ada banyak pilihan bank di Indonesia yang melayani pembukaan rekening bagi nasabah yang membutuhkannya. Beberapa bank Indonesia yang jasanya sering dipakai di antaranya ada Bank BNI, BRI, Mandiri, dan BCA.

Selain bank-bank yang telah disebutkan, tentu masih ada beberapa bank lainnya yang juga menyediakan layanan buka rekening. Untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi melalui Internet Banking, SMS Banking, maupun Anjungan Tunai Mandiri (ATM), masing-masing bank memiliki kode transfer bank. Kode transfer inilah yang nantinya dipakai dalam mengidentifikasi transaksi yang dilakukan di setiap bank yang ada.

Transaksi yang terjadi sekarang tentu tidak hanya cukup antara sesama bank saja, tetapi juga terjadi antar bank yang berbeda. Sebagai contoh, Anda nasabah Bank Mandiri ingin mentransfer sejumlah uang ke rekening Bank BNI. Untuk mempermudah transaksi keuangan melalui Internet Banking, SMS Banking, ataupun mesin ATM, Anda tentu membutuhkan kode bank BNI.

Lalu, bagaimana cara nasabah memakai kode transfer bank tersebut? Caranya mudah, para nasabah hanya perlu mengetikkan kode tersebut sebelum mengetikkan nomor rekening banknya saat mentransfer uang. Kemudian, memasukkan jumlah uang yang ingin dikirimkan ke rekening tujuan. Jika kode, nomor rekening dan nama pemiliknya sudah benar, saat itu juga uang tersebut terkirim langsung ke rekening tujuan. Mudah sekali, bukan?

 Daftar Kode Transfer Bank di Indonesia Bisa Dicek di Sini!      

 Biasanya kode transfer antar bank terdiri dari tiga digit angka. Masing-masing bank memiliki kode yang tidak sama, baik itu kode bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, dan bank-bank lainnya yang ada di Indonesia. Jadi, sebelum Anda melakukan transaksi ke rekening bank lain, sebaiknya Anda harus mengetahui kode dari bank tujuan. Apabila keliru atau salah saat menginputkan kode tersebut, maka transaksi yang dilakukan akan terkendala.

Internet Banking maupun mesin ATM memang telah menyediakan kode setiap bank yang ada di Indonesia. Namun, jika Anda harus mencari satu persatu kode tersebut dalam menu ATM, tentu akan memaktu lebih lama. Cara seperti itu tentu tidak lagi efisien digunakan di zaman serba canggih seperti sekarang. Sebab, Anda bisa menemukannya lebih mudah dan lebih cepat di internet.

Nah, berikut kami hadirkan informasi daftar kode setiap bank yang ada di Indonesia:

Bank Syariah, Swasta, Daerah, Negara, dan Lainnya: 

daftar kode bank

  1.       Kode Bank BNI: 009
  2.       Bank BCA: 014
  3.       Bank BRI: 002
  4.       Bank BNI Syariah: 427
  5.       Bank Mandiri 008
  6.       Bank CIMB Niaga Syariah: 022
  7.       Bank CIMB Niaga: 022
  8.       Bank Syariah Mandiri: 451
  9.       Jenius: 213
  10.   Bank BTPN: 213
  11.   Bank Muamalat: 147
  12.   Bank BTN: 200
  13.   Bank BRI Syariah: 422
  14.   Bank Danamon: 011
  15.   Permata Bank: 013
  16.   Bank Sinarmas: 153
  17.   Bank Mega: 426
  18.   Bank BII Maybank: 016
  19.   Bank Commonwealth 950
  20.   Bank Lippo: 026
  21.   Bank BCA Syariah: 536
  22.   Bank Bukopin: 441
  23.   Bank OCBC NISP: 028
  24.   Bank BJB: 110
  25.   Bank Jateng: 113
  26.   Bank BPD DIY: 112
  27.   Bank DKI: 111
  28.   Bank Riau: 119
  29.   Bank Lampung 121
  30.   Bank Panin: 019
  31.   Bank of America, N.A: 033
  32.   American Express Bank LTD: 030
  33.   Bank DBS Indonesia: 045
  34.   The Bangkok Bank Comp. LTD: 041
  35.   Bank Haga: 089
  36.   Bank Syariah Mega: 506
  37.   Bank CTBC Indonesia: 949
  38.   Bank Merincorp: 946
  39.   Bank Mandiri Taspen Pos: 564

Semoga informasi daftar kode bank di Indonesia tadi membantu memudahkan Anda yang ingin melakukan transfer di mesin ATM atau Internet Banking. Selamat mencoba.