Daftar Peluang Usaha di Desa yang Mendatangkan Keuntungan Besar

Upaya yang dilakukan di desa yang merupakan kontribusi di desa, tentu saja termasuk upaya yang dilakukan untuk menjunjung tinggi perekonomian yang tidak perlu diragukan. Terutama di tahun-tahun terakhir ini ada berbagai macam program yang dalam upaya untuk membangun desa tentu jadi prioritas bagi pemerintah, yakni khusus di bidang ekonomi.

Kondisi tersebut adalah peluang yang bagus untuk kamu yang ingin memanfaatkan kesempatan yang ada di desa tersebut. Tidak itu saja, karena ada sebagian anak perantau yang sudah lulus menjadi sarjana dan pulang kampung ke desa, tentu merupakan SDM yang bagus untuk mengupayakan ekonomi di desa jadi lebih baik dengan membuka usaha di desa.

Rekomendasi Peluang Usaha di Desa dengan Keuntungan Besar

Berikut ini rekomendasi peluang usaha di desa dengan keuntungan besar. Penasaran ada apa saja, simak yuk!

Menjual Pulsa

Salah satu usaha yang tentu akan menjanjikan di desa adalah dengan membuka usaha jualan pulsa. Ini akan cocok untuk kamu yang memiliki modal yang kecil, namun juga akan menjamin keuntungan cukup besar di lingkungan desa. 

Sebab, di desa tidaklah banyak agen yang menjual pulsa dan ada juga sebagian desa yang tidak mudah mendapatkan akses yang memudahkan orang beli pulsa. Tidak hanya itu saja, namun, bisnis yang satu ini juga akan mencangkup berbagai kalangan ekonomi di lingkungan masyarakat khususnya di desa karena semua orang membutuhkan pulsa.

Menjual Token Listrik

Selanjutnya Adalah menjual token listrik, apalagi sekarang ini sudah mulai banyak rumah di desa yang menggunakan listrik prabayar atau token listrik. Maka ini akan jadi peluang usaha yang menarik untuk dijalankan.

Bahkan kamu juga tidak membutuhkan syarat khusus agar bisa membuka usaha ini. Bisnis ini pun memiliki tingkat rugi yang tidak tinggi, sebab listrik adalah salah satu energi yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Pangkas Rambut

Peluang bisnis yang cukup bagus dijalankan di desa adalah dengan membuka jasa pangkas rambut. Apalagi bagi sarjana yang masih muda dan baru saja pulang ke desa untuk belajar kemampuan bisnis dan pangkas rambut.

Khususnya untuk kamu yang sudah memiliki skill pangkas rambut dan ikut berbagai macam pelatihan terkait. Tentu akan bagus dengan usaha yang satu ini, apalagi bisnis pangkas rambut terbilang cukup fleksibel.

Menjual Kue Tradisional

Jika kamu sudah memiliki skill dalam dunia kuliner khususnya membuat kue, kamu bisa membuat peluang ini jadi hasil yang menguntungkan. Apalagi di desa tentu akan suka dengan sajian kue tradisional yang merupakan ciri khas warga yang tinggal di desa. 

Agar semakin menarik, kamu bisa mengemas kue tradisional dengan kemasan yang menarik dan higienis. Modalnya pun tidaklah terlalu besar, karena bahan baku di desa cenderung produksi dari hasil pertanian sendiri yang tidaklah terlalu mahal.

Pertanian Hidroponik

Kamu yang sudah memiliki dasar pertanian, bisa coba dengan usaha pertanian hidroponik di desa. Apalagi, kandungan dari tanaman hidroponik identik dengan khasiatnya yang bagus untuk kesehatan.

Pada umumnya, memang warga di desa sudah terbiasa hidup dengan hasil pertanian karena tumbuhan di desa akan tumbuh dan berkembang secara lebih bagus daripada di lingkungan kota. Tentu ini bisa jadi peluang yang bagus bagi kamu dalam usaha pertanian hidroponik.

Ternak Ayam Kampung

Membuka usaha ternak ayam kampung di desa juga jadi salah satu usaha yang memiliki keuntungan besar. Karena, di desa banyak lahan luas dan lingkungan di desa sendiri cukup kondusif bagi peternakan akan khususnya ayam kampung.

Selain itu, modal yang dikeluarkan juga tidak begitu besar karena di desa sendiri cukup menjanjikan. Bisa dikatakan beda dengan ternak kambing atau ternak sapi yang modalnya cukup besar. 

Untuk bisnis ayam kampung di desa pun, kamu juga akan lebih mudah mendapatkan mitra kerja. Karena warga desa cenderung kenal satu sama lain, dan di desa pada umumnya memiliki perusahaan khusus yang menangani bidang peternakan dan juga pangan yang lebih membantu.

Jasa Jahit

Usaha jasa jahit adalah bisnis yang cukup menarik dan menjanjikan untuk dijalankan di lingkungan desa. Karena pada umumnya, di desa tidaklah terlalu banyak penjahit jadi minim pesaing, jadi peluang tersebut lebih menjanjikan.

Apalagi jika memang kamu sudah memiliki skill menjahit yang bagus dan layak untuk dijual. Untuk modal alat jahitnya sendiri, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah, bisa mendapatkannya dari warisan orang tua atau membeli yang baru dengan kualitas terbaik.

Jika harganya mahal pun, kamu tidak perlu khawatir. Karena sekarang sudah bisa dimudahkan dengan adanya sistem pembayaran kredit atau cicilan. Selain itu ada opsi lain, yakni kamu bisa menyewa mesin jahitnya terlebih dahulu.