Daftar Tabungan Pendidikan Anak Terbaik dan Manfaatnya

tabungan berjangka

Tabungan pendidikan anak banyak dipilih para orangtua untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak-anaknya di masa mendatang. Apakah Anda juga sudah menyiapkannya? Dana pendidikan si buah hati memang harus dipersiapkan sejak dini, dan bisa dikatakan gampang-gampang sulit. Jika tidak ada persiapan matang, tentu akan menyulitkan Anda di masa depan. Namun, juga bisa gampang apabila telah direncanakan dengan memilih produk keuangan secara tepat.

Seperti yang kita ketahui bersama, biaya pendidikan kini tidak cukup dengan iuran bulanan, tetapi juga ada biaya tambahan seperti uang saku, akomodasi, perlengkapan sekolah seperti seragam, dan juga bisa biaya tambahan seperti karyawisata. Maka dari itu, fitur penting yang tidak boleh dilupakan pada saat memilih jenis simpanan adalah suku bunga.

Potensi keuntungan yang diperoleh dari simpanan pendidikan memang lebih rendah dari produk-produk investasi, akan tetapi simpanan ini dapat menjadi senjata yang ideal dalam rencana keuangan terdekat. Contohnya, ketika memerlukan biaya sekolah anak selama satu hingga tiga tahun kedepan.

Umumnya, produk tabungan anak untuk pendidikan ini tidak bisa ditarik sebelum jatuh tempo, hal ini sesuai komitmen awal supaya dana yang dibutuhkan dapat terpenuhi. Sekalipun diizinkan menarik dana tersebut, akan ada pinalti atau denda yang dikenakan pada nasabah yang mana langsung dipotong dari simpanan tersebut.

Selain fitur yang membantu memudahkan kegiatan menabung, beberapa bank juga melengkapinya dengan perlindungan asuransi jiwa. Itu berarti rekening tabungan akan ditutup secara otomatis dan tanpa biaya ketika nasabah meninggal dunia. Dana pertanggungan asuransi juga akan dikembalikan langsung ke rekening utama.

Proses pembukaan rekening tabungan ini juga tidak rumit, hanya perlu mengajukan permohonan pembukaan rekening saat mendatangi bank. Di hari yang sama, Anda sudah bisa menggunakan seluruh fasilitas produk simpanan tersebut.

Jadi, bagaimana cara memilih tabungan pendidikan terbaik? Agar orangtua tidak salah pilih, maka harus jeli saat menganalisa produk simpanan mana yang terbaik serta manfaat yang didapatkan. Untuk memudahkan Anda, berikut kami hadirkan produk tabungan terbaik untuk mempersiapkan biaya pendidikan si buah hati.

1.      Tahapan Berjangka BCA    

tabungan pendidikan anak BCA

Pilihan jangka waktu menabung dari tabungan berjangka Bank BCA cukup bervariatif, mulai dari 1-20 tahun. Setiap bulannya nasabah harus menyetor rp. 500 ribu, dan dilanjutkan dengan kelipatan Rp. 50 ribu. Produk simpanan ini memiliki perlindungan asuransi jiwa untuk setiap nasabah dengan nilai pertanggungan sebesar Rp. 1,5 miliar.

Jika saat tanggal pendebetan dana di tabungan utama tidak mencukupi, maka pendebetan akan dilakukan ulang di akhir bulan berjalan. Dan jika saldo di tabungan utama nasabah masih tidak mencukupi selama 3 bulan berturut-turut, maka pihak bank akan secara otomatis menutup dan mengembalikan dana tabungan anak ke rekening sumbernya.

Biaya dan suku bunga tabungan berjangka dari Bank BCA:

  •       Suku bunga menggunakan skema floating.
  •       Biaya administrasi: gratis.
  •       Bunga 2,75 – 3, 75%.
  •       Biaya penutupan rekening 1% persen dari saldo akhir sebelum jatuh tempo (minimal Rp. 50 ribu).

Syarat membuka rekening:

  •       Berusia 12-60 tahun
  •       WNI, ditunjukkan dengan kartu identitas.
  •       Mengisi formulir pembukaan tahapan berjangka.
  •       Memiliki produk tahapan (Tapres BCA, Tahapan Xpresi, atau Tahapan Gold).

2.      BNI Tapenas (Tabungan Perencanaan Masa Depan)

Tabungan berjangka dari BNI ini merupakan tabungan yang bisa membantu financial planning nasabah, termasuk tabungan pendidikan anak. BNI Tapenas juga sudah dilengkapi dengan perlindungan asuransi bebas premi (gratis). Setoran rutin dapat ditentukan sendiri, per bulan berkisar antara Rp. 10 ribu – Rp. 5 juta (berlaku kelipatan Rp. 50 ribu). Dana setoran akan ditarik dari rekening afiliasi nasabah setiap tanggal 5.

Apabila ingin menambah dana tabungan, Anda bisa menyetorkannya langsung ke rekening tersebut. Dan berikut ini suku bunga dan biaya pembukaan rekening:

  •       Biaya administrasi per tahun: Rp. 18 ribu.
  •       Bunga pertahun: 4%.
  •       Biaya penutupan rekening minimal 1% dari saldo akhir (minimal Rp. 100 ribu) yang diambil sebelum jatuh tempo.

Persyaratan:

  •       Usia minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun ketika jatuh tempo.
  •       WNI, ditunjukkan dengan kartu identitas ( KTP/SIM/Paspor).
  •       Mengisi formulir aplikasi BNI Tapenas.
  •       Memiliki rekening BNI Tapenas USD atau BNI Tapenas IDR.

3.      Tabungan Rencana Bank Mandiri

Tabungan rencana Bank Mandiri cocok dijadikan sebagai tabungan pendidikan, karena menawarkan setoran bulanan yang sangat terjangkau dengan jangka waktu fleksibel. Nasabah wajib menyetor Rp. 100 ribu setiap bulan selama waktu yang ditentukan (1-20 tahun). Bank Mandiri juga sudah bekerjasama dengan pihak asuransi untuk memberikan perlindungan asuransi gratis sebesar Rp. 5 juta perbulannya.

Setoran rutin tabungan anak dapat diubah sesuai keinginan nasabah. Contoh, setoran bulan pertama sebesar Rp. 300 ribu, lalu pada bulan keempat Anda bisa mengubahnya menjadi Rp. 500 ribu. Jadi, besar setoran bersifat fleksibel dan menyesuaikan kemampuan nasabah.

Suku bunga dan biaya:

  •       Biaya administrasi: gratis.
  •       Bunga pertahun: 2,5 – 3,25%.
  •       Biaya penutupan rekening: Rp. 150 ribu.

Syarat:

  •       Usia 18-70 tahun.
  •       Mempunyai rekening Mandiri Giro atau Mandiri tabungan.
  •       Menyertakan surat kuasa pendebetan otomatis saat mengisi formulir aplikasi.

Mana tabungan pendidikan anak yang cocok dengan kebutuhan Anda?