Dapat Bonus dari Perusahaan? Lakukan Ini Biar Bermanfaat

Memperoleh bonus tahunan menjadi hal yang selalu ditunggu tunggu oleh para karyawan, apalagi bila perusahaan tempat Anda bekerja selalu memberikan bonus tahunan tepat waktu. Setiap perusahaan tentunya berbeda beda saat memberikan bonus tersebut. Namun, biasanya bonus tahunan ini bisa Anda terima setiap bulan Oktober hingga Desember menjelang akhir tahun.

Nominal bonus yang diberikan juga sesuai dengan kinerja Anda di perusahaan tersebut selama setahun. Apabila anda mempunyai jaa yang bagus selama setahun, maka nominal bonus tahunan yang bisa Anda dapatkan juga sangat besar. Lalu apakah Anda telah mempunyai rencana untuk menggunakan bonus tersebut?

Jika memperoleh sejumlah uang dari bonus tahunan, mungkin saja Anda memiliki banyak rencana.   Membeli barang yang belum terpenuhi selama ini menjadi hal yang biasa orang orang lakukan saat memperoleh bonus tahunan. Dengan tidak memiliki cana yang bagus, bisa saja bonus tahunan habis tanpa disadari.

Semua hal yang tersebut yang selalu membuat alokasi dana yang satu ini tidak memberikan dampak yang bagus untuk keuangan Anda. Padahal bila Anda memiliki rencana yang bagus, terdapat banyak sekali hal yang berguna yang dapat Anda lakukan dengan uang tersebut. Untuk itu, supaya Anda terhindar dari rasa Penyesalan sesudah memakai uang bonus tahunan, anda bisa melakukan beberapa cara seperti berikut ini.

  • Seperlunya mengapresiasi diri

Tentu saja Anda harus mengalokasikan dana tersebut untuk mengapresiasi atau memanjakan diri Anda. Hal tersebut menjadi wujud untuk menghargai diri anda. Sehingga Anda bisa lebih semangat bekerja dan melakukan kegiatan lainnya. Anda dapat memakai bonus tahunan tersebut untuk diri anda sendiri.

Bonus tahunan tersebut adalah hasil kerja keras yang sudah Anda lakukan selama setahun, sehingga tidak ada salahnya bila anda mengalokasikan Sebagian dana tersebut untuk menyenangkan diri Anda. Selain itu, ada dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari anda atau bisa berlibur selama beberapa hari dengan uang tersebut.

Hal ini pastinya membuat Anda merasa Bahagia dan siap untuk bekerja dengan baik lagi untuk perusahaan di masa mendatang.

  • Melunasi hutang

Bila Anda memiliki cicilan ataupun hutang, Mungkin anda merasa ini menjadi waktu yang biasa dan tidak harus dipusingkan lagi. Anda telah mempunyai anggaran setiap bulannya dari gaji untuk membayar cicilan tersebut.

Hal yang sama juga bisa terjadi, saat anda mempunyai beberapa hutang lainnya,  misalnya utang penggunaan kartu kredit yang biasa anda pakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari anda. Tetapi ketika Anda memperoleh bonus tahunan ini, tidak ada salahnya untuk mengalokasikan uang tersebut untuk membayar hutang yang anda miliki walaupun hutang tersebut tidak begitu mendesak.

Semakin cepat Anda melunasi seluruh hutang tersebut, semakin bagus dampaknya untuk keadaan finansial Anda. Oleh karena itu, mulailah melunasi hutang yang paling mendesak ataupun utang yang mempunyai bunga besar, hingga keuangan Anda menjadi lebih baik lagi nantinya.

  • Alokasikan ke dana darurat

Mempunyai dana darurat menjadi Langkah yang tepat untuk Anda mengatasi berbagai keadaan buruk dalam keuangan Anda. Dana yang satu ini menjadi tabungan penting yang bisa Anda gunakan untuk hal hal yang mendesak. Seperti memperbaiki rumah, membayar biaya berobat dan lainnya.

Penting untuk mempunyai dana darurat pada keuangan dengan jumlah yang tepat. Anda harus bisa menyesuaikan jumlahnya dengan kebutuhan Anda selama ini, terlebih lagi bila anda sudah mempunyai keluarga. Jika jumlah tabungan dana darurat ini belum cukup, maka anda bisa mengalokasikan uang bonus tahunan untuk tabungan ini.

  • Alokasikan ke dana pensiun

Sejak dini mempersiapkan dana pensiun pun dapat menjadi hal yang sangat berguna yang bisa Anda lakukan dengan memakai bonus tahunan. Selain itu, Anda dapat melakukan investasi yang nantinya bermanfaat untuk masa pensiun Anda.

Bila bonus tahunan yang Anda terima jumlahnya sangat besar, maka anda bisa dengan bebas memilih instrumen investasi yang tepat dan sangat menguntungkan. Investasi ini bisa berguna untuk anda karena Anda akan mendapatkan keuntungan yang dapat Anda kumpulkan dana pensiun nanti.

Pelajari dengan teliti instrumen yang akan Anda pilih, sehingga nantinya Anda bisa mudah untuk mengelolanya. Jangan lupa pilih juga instrumen investasi yang terpercaya agar Anda tidak tertipu. Berapapun nominal yang Anda dialokasikan ke dana pensiun, tetap saja sangat bermanfaat daripada Anda gunakan untuk membeli barang barang yang tidak berguna dan hanya untuk kesenangan sesaat saja. 

Memperoleh bonus tahunan, tentunya Anda sudah mempunyai banyak rencana dengan dana tersebut. Tetapi bila Anda ingin menikmati bonus tersebut dengan jangka Panjang, maka Anda harus merencanakan penggunaan nya secara tepat. Alokasikan dana tersebut dengan baik sehingga bisa membantu keadaan keuangan Anda menjadi lebih baik lagi kedepannya.