Dapat uang dengan affiliate marketing

Zaman yang semakin canggih seperti saat ini, cara memperoleh uang dari internet bisa Anda lakukan kapanpun dan dimanapun bahkan sambil tiduran. Kegiatan memperoleh uang dari internet seperti reseller, dropshipper, blogger maupun affiliate marketing.

Pengertian Affiliate Marketing

Aku lihat marketing merupakan metoda usaha yang menggunakan sistem pemberian komisi karena jasa seseorang yang sudah membantu mempromosikan jasa atau produk dari sebuah perusahaan e-commerce atau penyelenggara.

Pemberian komisi tersebut dilakukan bila seseorang telah berhasil mempromosikan jasa atau produk dengan jumlah yang telah ditentukan. Tentang jumlah komisi yang didapatkan sebelumnya sudah disepakati bersama. Contohnya, anda akan memperoleh komisi sebesar Rp 20 ribu untuk 3 orang yang membeli produk dari link yang sudah Anda berikan.

Affiliate marketing awalnya dikembangkan di negara Amerika Serikat sejak tahun 1994. Pengeluaran untuk hal ini bahkan hingga 10,1% setiap tahun nya dan model bisnis ini telah dilakukan oleh sebagian besar UMKM. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan bila berminat melakukan affiliate.

Langkah-langkah menjadi affiliate marketing

Masing masing perusahaan e-commerce atau penyelenggara mewajibkan untuk memiliki ketentuan dan juga persyaratan yang tidak sama untuk program yang satu ini. Walaupun demikian, di bawah ini terdapat cara umum yang biasa dilakukan untuk ikut dalam program ini.

  1. Mendaftarkan diri dan riset program

Di Indonesia sendiri banyak sekali e-commerce. Yang berarti, masing masing e-commerce mempunyai syarat tertentu yang pastinya tidak sama antara satu sama lainnya. Anda perlu mencari tahu program tersebut secara detail dan tentukan perusahaan yang cocok dengan Anda.

Sejumlah hal yang wajib anda perhatikan yaitu komisi, support, penggunaan afiliasi, dan layanan ataupun produk nya. Sesudah itu, anda bisa mendaftar kan diri Anda untuk mengikuti program ini.

  1. Cari tahu jasa atau produknya

Supaya anda selalu mendapatkan komisi, pastikan anda mengerti akan produk atau jasa dari perusahaan yang nantinya ingin anda promosikan. Hal ini tentu saja sangat berguna untuk Anda menyampaikan informasi dengan spesifik kepada para calon pelanggan guna meningkatkan kepercayaan mereka yang akhirnya mereka bisa menggunakan jasa ataupun membeli produk tersebut.

  1. Melakukan promosi dan manfaatkan sosial media

Sebab affiliate marketing merupakan pemasaran sebuah jasa atau produk, tentu saja Anda harus paham akan media promosi yang sesuai dengan jasa maupun produk yang ingin Anda pasarkan. Hal tersebut menjadi kunci keberhasilan dari program yang satu ini Anda bisa memanfaatkan sosial media seperti YouTube, tik tok, blog, dan Instagram.

Berikutnya yaitu promosikan jasa maupun produk di media sosial yang telah Anda pilih. Jangan lupa untuk mengikuti trend yang sedang cocok untuk jasa maupun produk yang sedang Anda promosikan. Karena hal tersebut kemungkinan dapat membantu mendongkrak pembelian pelanggan dari link yang Anda sebarkan.

Kelebihan mengikuti affiliate marketing

  1. Tidak ada biaya produksi

Seperti yang anda ketahui bila memproduksi sebuah barang tentunya memerlukan biaya produksi yang tinggi. Buktinya untuk Anda yang ingin memulai bisnis terasa berat untuk hal tersebut. Tetapi, bila anda mengikuti program ini, pastinya Anda tidak harus menambahkan atau memikirkan biaya produksi untuk memulai bisnis.

  1. Biaya awal yang murah

Menjadi seorang affiliate marketing pastinya tidak sama saat anda membandingkan seperti cara tradisional, di mana Anda harus penjajakan atau membangun lapak agar dapat berjualan. Affiliate marketing ini hanya membutuhkan sebuah laptop dan juga koneksi internet saja.

  1. Tidak ada lisensi atau biaya tambahan

Untuk pengusaha konvensional biasanya mereka wajib menyiapkan biaya supaya bisa berjualan di sebuah wilayah tertentu. Tetapi, bila anda mengikuti program affiliate marketing ini, Anda bisa menyimpan dana tersebut. Mengapa? Sebab program ini bisa Anda jalankan tanpa harus memiliki lisensi. Anda pun dapat bebas bergabung di wilayah mana saja karena tidak terbatas pemasarannya.

  1. Bisa menjual apapun

Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, hampir seluruh jasa maupun produk bisa anda beli melalui internet. Dengan memanfaatkan hal tersebut, Anda pun dapat menggunakan program ini untuk menjual berbagai produk ataupun menawarkan jasa tanpa adanya batasan.

  1. Tidak membutuhkan karyawan

Tentu saja setiap orang yang dulunya pernah merintis bisnis atau perusahaan mengetahui rasanya bila mempunyai karyawan yang bekerja untuk usahanya. Pastinya mereka wajib menyiapkan dana untuk memberikan gaji pada pegawai mereka. Tetapi, bila mengikuti system affiliate ini Anda dapat memperoleh omset yang tinggi tanpa harus memberi gaji untuk pegawai karena tidak memerlukan pegawai.

  1. Barang dikirim dari supplier

Anda pun tidak perlu ribet untuk mengirim sebuah produk untuk pelanggan karena hal tersebut sudah ditangani oleh supplier. Sehingga Anda fokus mempromosikan barangnya saja.