Deposito Jenius yang Bisa Dikendalikan lewat Ponsel Pintar

deposito jenius

Masyarakat dewasa ini menggunakan bank tidak hanya untuk menabung, melainkan juga untuk berinvestasi atau bisa disebut juga dengan deposito. Kesadaran masyarakat akan pentingnya investasi mulai meningkat. Nah, terdapat perbedaan antara tabungan dengan deposito meskipun sama-sama memiliki persamaan yaitu suatu bentuk simpanan yang tersedia di bank. 

Arti Tabungan adalah simpanan di dalam bank yang bisa ditarik sewaktu-waktu dengan syarat tertentu tetapi tabungan ini tidak dapat ditarik melalui cek, giro, bilyet. Sedangkan arti deposito itu sendiri ialah suatu bentuk simpanan dalam bank yang dapat dicairkan dalam jangka waktu tertentu melalui syarat dan ketentuan di masing-masing bank. 

Ada banyak macam atau jenis deposito di tiap bank, salah satunya adalah Deposito Jenius dari Bank Tabungan Pensiun Nasional ( BTPN ). Di era serba digital saat ini, masyarakat bisa dengan mudah membuka atau membuat deposito tanpa perlu datang ke bank. 

Tentunya jika membuka deposito via online, anda diwajibkan memiliki akun beserta aplikasinya. Nah, saat ini Bank BTPN mengeluarkan produk bernama Jenius. Produk tersebut memudahkan masyarakat dalam bertransaksi atau melakukan aktivitas perbankan dengan hanya satu akun. Hal tersebut memudahkan anda karena tidak perlu membuat banyak akun dalam satu bank. 

Setelah mengaktifkan akun, aplikasi Jenius sudah tersedia di ponsel pintar anda dan siap digunakan. Aplikasi tersebut disebut Maxi Saver. Dengan aplikasi Maxi Saver ini anda bisa mengatur segala aktivitas perbankan anda hanya melalui ponsel pintar anda tanpa perlu datang ke bank. Cukup praktis, bukan? 

Ada beberapa syarat serta ketentuan jika ingin membuat deposito Jenius. Pertama-tama anda harus memiliki rekening Jenius yang aktif. Hal itu berfungsi untuk melakukan pendebetan dana. Nah, dana tersebut nantinya ditempatkan di Bank BTPN (Bank Tabungan Pensiun Nasional) selaku pihak yang membuat produk tersebut. Deposito ini dapat diperpanjang pokoknya ataupun bunganya. 

Untuk suku bunga di deposito Jenius ini disesuaikan dengan ketentuan yang ada atau yang berlaku pada saat itu di bank. Suku bunga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan, maka dari itu diharapkan anda sebagai nasabah bank untuk lebih proaktif cek suku bunga deposito. 

Pencairan atau penarikan di deposito berbeda dengan tabungan. Di deposito hanya bisa dicairkan dengan waktu tertentu, sesuai kesepakatan atau ketentuan di masing-masing bank. 

Jika sudah memahami dan memenuhi persyaratan dan ketentuan yang diberikan oleh pihak bank, anda bisa melakukan pembukaan rekening deposito. 

Berikut cara pembukaan rekening via aplikasi Maxi Saver :

  1. Di aplikasi Maxi Saver dalam ponsel pintar anda, silakan pilih “Save It”, lalu klik “Buat Deposit Baru”.
  2. Silahkan anda menentukan nilai pokok yang ingin didepositokan.
  3. Jangan lupa untuk cek kembali. Pastikan yang dimasukkan adalah benar nominalnya. 
  4. Kemudian pilih “Konfirmasi”.

Dana yang diletakkan di deposito terpisah dengan dana transaksi harian anda. Jadi dana di deposito akan aman tidak bercampur dengan dana yang lain.

Keunggulan Deposito Jenius

Ada beberapa keunggulan jika anda memilih deposito Jenius sebagai tempat untuk berinvestasi. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Nilai pokok yang disetorkan minimal 10 juta rupiah.
  2. Anda bisa mendapat bunga hingga 7% per tahun dengan tenor 1 – 12 bulan.
  3. Anda dapat memilih Perpanjangan Otomatis (Automatic Rollover) setelah jatuh tempo atau bisa disebut ARO atau memilih non-ARO.

Fitur Non-ARO yang dimaksud adalah anda tidak melakukan perpanjangan otomatis deposito setelah jatuh tempo dan menerima simpanan serta bunga pada saat jatuh tempo berakhir. Jangan lupa untuk tidak melewati pilihan ARO atau Non-ARO karena umumnya deposito akan melakukan perpanjangan otomatis. 

Keunggulan lain deposito Jenius Maxi Saver ini adalah anda tidak perlu menunggu sampai masa periode deposito berakhir. Anda sewaktu-waktu bisa menghentikan deposito ini dan dapat menerima simpanan dengan jumlah yang sama sesuai dengan nilai pokok awal, tanpa ada bunga maupun dikenakan penalti.

Keunggulan lain di deposito Jenius adalah tidak adanya biaya administrasi, tidak ada biaya potong jika saldo dibawah minimum. Untuk tutup rekening tidak dikenakan biaya, tetapi dengan konsekuensi tidak diberikan bunga. Jika anda menarik deposito sebelum jatuh tempo, tidak ada dikenakan biaya.

Cara Mengatur Aplikasi Maxi Saver

Dengan adanya aplikasi Maxi Saver ini, anda bisa mengatur kebutuhan perbankan anda hanya melalui ponsel pintar anda. Salah satunya mengatur serta mengelola deposito yang anda punya di BTPN. Berikut beberapa penjelasannya :

  1. Untuk perpanjangan pokok bisa secara otomatis diperpanjang dengan bunga yang masuk ke dalam saldo aktif anda.
  2. Untuk perpanjangan pokok dan bunga bisa dilakukan secara otomatis juga.
  3. Maxi Saver dapat mengembalikan saldo aktif saat  jatuh tempo.
  4. Untuk membuktikan kepemilikan sah, anda akan mendapat Advis Aktif dengan bentuk digital. 
  5. Setelah periode deposito berjalan, pilihan jatuh tempo dapat diubah sampai dengan 5 kali.
  6. Per April 2020, dengan nilai pokok Rp 10 juta, anda mendapatkan bunga 5,75 persen per tahun.

Demikian informasi mengenai Deposito Jenius yang dapat dikendalikan hanya melalui ponsel pintar. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.