Deretan Bisnis Online Seusai Pandemi

bisnis saat new normal

Awal tahun 2020 adalah awal pandemi yang membuat perubahan serta berpengaruh besar di segala sektor. Hal tersebut juga mempengaruhi kebiasaan masyarakat. Sebelum pandemi masyarakat lebih menyukai kegiatan offline atau tatap muka, sejak pandemi semua berubah. Saat ini mayoritas kegiatan dilakukan secara online dan jika pun ada aktifitas tatap muka, diwajibkan untuk menjaga jarak dan sesuai dengan protokol kesehatan. 

Selain merubah kebiasaan masyarakat, juga merubah di sektor perdagangan (bisnis). Bagi masyarakat yang memiliki usaha dituntut untuk lebih kreatif demi bisa bertahan di tengah pandemi dan berusaha agar bisnis tersebut tetap berlanjut hingga pandemi berakhir. Pelaku usaha saat ini diharuskan dapat mengikuti perubahan kebiasaan masyarakat tersebut.

Bisnis Online Era New Normal

Berikut beberapa bisnis online di era new normal 

1. Bisnis Makanan

Bisnis Makanan atau kuliner adalah salah satu bisnis yang paling besar terkena dampaknya. Masyarakat sejak pandemi mulai mengurangi makan di tempat (dine-in). Dengan begitu, para usahawan kuliner harus berpikir kreatif demi mempertahankan usahanya. Dan ternyata bisnis makanan ini menjadi salah satu bisnis yang bisa bertahan di masa pandemi. 

Beberapa ide yang ditawarkan oleh pelaku usaha makanan diantaranya adalah membuat produk makanan beku (frozen food) dan menawarkan delivery service. Dengan adanya penawaran tersebut masyarakat bisa membeli menu makanan dengan mudah tanpa perlu keluar rumah. Selain itu makanan beku sangat mudah diolah, praktis dan dapat bertahan lama. 

2. Bisnis Minuman

Bisnis minuman saat ini mulai menjamur di masyarakat. Ada yang berupa stan-stan kecil hingga dalam bentuk cafe. Minuman yang dijual bisa berupa francise atau membuat produk sendiri. Salah satu minuman kekinian yang sedang bertebaran adalah kopi dengan berbagai macam racikan. Selain kopi, produk minuman herbal juga mulai bertebaran karena minuman herbal tersebut menyegarkan sekaligus menyehatkan.  

3. Fashion

Produk fashion juga salah satu bisnis yang masih bisa bertahan seusai pandemi. Masyarakat sudah terbiasa serba online sehingga bahkan untuk membeli pakaian pun bisa dilakukan di rumah atau bahkan dimanapun. Ada beragam model yang ditampilkan. Pelaku usaha fashion harus bisa melihat kebutuhan dan model-model yang saat ini sedang trending agar produknya laku terjual. Ada juga pelaku usaha fashion yang menawarkan berbagai macam promo, diantaranya adalah adanya diskon harga dan ongkos kirim.

4. Produk Kesehatan

Masa pandemi membuat produk kesehatan cukup laris di pasaran. Masyarakat dituntut untuk lebih sadar untuk menjaga kesehatannya. Tidak heran banyak masyarakat sekarang ini mulai giat berolahraga, konsumsi vitamin demi menjaga kebugaran tubuh. Selain vitamin, produk kesehatan yang cukup laris adalah masker dan hand sanitizer. Anda bisa memulai bisnis anda dengan berjualan produk-produk tersebut.

5. Pembuatan Website

Bisnis online membuat para pelaku usaha membutuhkan sarana untuk menjual produk-produknya agar laku terjual. Salah satu sarana tersebut adalah membuat website agar produk-produknya dapat dikenal masyarakat luas. Selain itu, website dapat memudahkan pelaku usaha mencantumkan segala produknya yang akan dijual. Konsumen pun dapat dengan mudah memilih apa yang diinginkan.

6. Digital Marketing Agency

Digital Marketing Agency atau bisnis bidang digital saat ini mulai bermunculan meski belum terlalu banyak karena tidak banyak pelaku usaha mengetahui perihal bidang ini terutama pelaku usaha kecil. Tetapi ini bisa menjadi peluang untuk kedepannya. Bisnis ini bisa dikerjakan dimana saja dan transaksinya pun mudah, tanpa tatap muka pun bisa. Anda bisa memanfaatkan kemampuan anda untuk pelaku usaha yang membutuhkan bidang ini.

7. Bisnis perangkat lunak (software)

Demi mempertahankan usahanya, pelaku usaha atau perusahaan mulai beralih aktivitasnya ke bisnis online. Kegiatan dengan jarak jauh ini semakin mudah jika didukung dengan software yang mumpuni, jika tidak perusahaan atau pelaku usaha bisa kewalahan atau kalang kabut. Dengan begitu sistem sangat memegang peranan penting.

8. Bisnis Kebutuhan Pribadi

Yang dimaksud bisnis kebutuhan pribadi adalah kebutuhan sehari-hari seperti sendok, sabun dan kebutuhan pribadi lainnya. Dampak pandemi membuat masyarakat terbiasa dengan jual-beli online karena lebih mudah dan praktis dan bisa dilakukan dimanapun, tinggal mencari barang yang dibutuhkan di ponsel pintar dan bayar via online, barang sudah sampai, tanpa perlu susah payah keluar rmh. 

9. Jasa Pengiriman 

Peluang di jasa pengiriman dapat dijadikan pertimbangan jika anda ingin mulai usaha. Masyarakat sekarang ini lebih suka membeli dan mengirim barang tanpa keluar rumah atau kantor. Anda dapat menawarkan jasa pengiriman baik di dalam kota maupun keluar kota.  

10. Edukasi Virtual

Sejak pandemi, pendidikan dan layanan bimbingan dilakukan via daring. Hal itu membuka peluang untuk membuka usaha di bidang pendidikan. Anda dapat menawarkan ilmu dan keterampilan anda via online.  Cukup mudah bukan, anda tidak harus datang atau keluar untuk melakukan bimbingan. Manfaat ilmu serta keterampilan anda untuk mendapatkan penghasilan. 

Nah, ide-ide di atas dapat dijadikan pertimbangan anda untuk memulai usaha. Anda dapat memilih bidang apa yang menarik untuk anda. Selain menarik, anda juga harus jeli melihat peluang mana yang sekiranya dapat anda lakukan. Semoga ide-ide tersebut dapat membantu anda.