Deretan Pengusaha Sukses di Indonesia yang Menginspirasi

pengusaha sukses

Menjadi pengusaha yang sukses memang menjadi sebagian mimpi banyak orang, apalagi jika bisa meraih sukses pada usia yang masih muda. Namun, untuk menjadi pengusaha yang sukses tentu saja tidak mudah. Namun, Anda bisa melihat beberapa daftar pengusaha suskes di Indonesia yang bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang. 

Daftar Pengusaha Sukses di Indonesia 

pengusaha sukses di Indonesia

Dengan melihat daftar pengusaha Indonesia yang berhasil sukses di usia muda akan sangat membantu Anda agar bisa mengikuti jejak langkah mereka. Di mana tentu saja, pengusaha-pengusaha tersebut tidak selalu lancar ketika melewati perjalanan menuju sukses. Berikut ini adalah daftar pengusaha sukses yang ada di Indonesia: 

  • Amanda Cole 

Kisah inspirasi pertama datang dari Amanda Cole. Bermula dari cita-citanya menjadi petani, Amanda Cole akhirnya berhenti bekerja dan mulai bertani di Sukabumi, Jawa Barat. Di mana Amanda ingin petani di Indonesia tidak khawatir akan tengkulak. Pada saat pertama kali memulai bisnis ini, Amanda Cole sangat sulit sekali menjual sayur langsung ke konsumen. 

Terlebih lagi ia sangat prihatin akan kebutuhan masyarakat, khususnya ibukota yang sulit mendapatkan sayuran segar. Akhirnya Amanda bersama dengan dua teman lain, yaitu Rama Notowidigdo dan Metha Trisnawati membuka Sayurbox. Di mana platform yang satu ini, Amanda menggandeng petani local untuk mendistribusikan sayuran segar kepada konsumen. 

Dari sinilah Amanda mulai mendapatkan tawaran berbagai investor, di mana setiap harinya sudah melakukan lebih dari 1000 pengiriman kepada puluhan ribu konsumen. Hal ini tentu berbeda dengan awal dari Sayurbox yang hanya menawarkan ke orang-orang terdekat dengan promosi mulut ke mulut. 

  • Nadiem Makarim

Siapa yang tidak mengenal Nadiem Makarim, si bos Gojek yang sekarang menjabat sebagai salah satu Menteri di Indonesia. Ya, Nadiem Makarim masuk jajaran pengusaha Indonesia muda yang sukses. Berawal dari keprihatinan dirinya kepada seorang tukang ojek langganan, Nadiem Makarim bersama dengan temannya Michaelangelo Moran, akhirnya membuat usaha ojek panggilan. 

Pada awalnya sendiri Gojek adalah sebuah call center, di mana konsumen akan menghubungi mereka untuk mencarikan tukang ojek yang paling dekat. Dulu butuh waktu 15 menit untuk Nadiem mencari tukang ojek yang available. Apalagi pada saat itu hampir semua orang mencemooh usaha Nadiem untuk memperbaiki system transportasi di Indonesia ini. 

Namun, setelah akhirnya kebutuhan masyarakat semakin tinggi maka pada tahun 2015 berdirilah aplikasi Gojek. Di mana saat ini, layanan yang diberikan tidak hanya untuk ojek saja tapi juga taksi, layanan antar makanan dan lain sebagainya. 

  • Ahmad Zaky 

Jika mengetahui aplikasi e-commerce terbesar Bukalapak, maka Anda pasti mengenal Ahmad Zaky. Founder dari Bukalapak ini ternyata menyimpan kisah inspirasi yang akan membuat Anda terkagum. Ia sendiri adalah pengusaha yang berawal dari jualan mie ayam dan sempat bangkrut dan akhirnya harus ditinggalkan karyawannya. 

Namun, pada tahun 2010 ada kesempatan besar di mana banyak sekali orang yang suka berbelanja online. Di mana ini membuat Ahmad Zaky membangun situs Bukalapak yang bermodal 500 ribu rupiah untuk menyewa hosting dan lain sebagainya. Ia pun menggandeng banyak pelaku usaha UKM untuk bisa menggunakan jasa platform e-commerce ini. 

Namun, perjalanan untuk sukses sekali kali memberikan cobaan untuk Ahmad Zaky. Di mana banyak orang yang menganggap bahwa BukaLapak tidak memiliki prospek tinggi dan memilih meninggalkan Ahmad Zaky. Hal ini mengakibatkan kerugian yang cukup besar dan sempat membuat BukaLapak hampir bangkrut. 

Tapi, potensi yang dimiliki oleh BukaLapak dilirik oleh investor dari Jepang yang akhirnya membantu Ahmad Zaky untuk memperluas server dan meluncurkan aplikasi yang semakin mudah dijangkau masyarakat. Sehingga sekarang, Bukalapak juga menjadi salah satu e-commerce terbaik yang ada di Indonesia. 

  • William Tanuwijaya 

Satu lagi kisah inspirasi datang dari pengusaha muda asal Indonesia, yaitu William Tanuwijaya. Ia adalah pendiri Tokopedia yang belakangan berhasil marger dengan Gojek. Perjalanan William sendiri tidaklah mudah, di mana banyak sekali orang yang tidak percaya akan rencana bisnis yang sedang ia bangun. Apalagi kebanyakan menilai bahwa prospek keuntungan sendiri tidak jelas dan membuat mereka sanksi apakah Tokopedia bisa berjalan. 

William yang kala itu adalah seorang mahasiswa yang hanya bekerja sebagai penjaga warnet, akhirnya hanya bekerja di salah satu forum jual beli. Di mana dari sinilah ia melihat terjadi banyak sekali penipuan ketika orang berbelanja online. Padahal harusnya internet adalah tempat transaksi yang harusnya bisa selalu aman. 

Karena hal tersebutlah, William ingin sekali mengubah mindset masyarakat agar bisa berbelanja online dengan nyaman. Pada awalnya pendirian Tokopedia, banyak investor yang ragu dan tidak ingin mengambil andil. Di mana pada akhirnya Alibaba Group yang merupakan perusahaan dari Tiongkok tertarik menanamkan dana di Tokopedia. 

Dimulai dari saat itu, Tokopedia bergembang pesat dan membuat nama Willian Tanuwijaya masuk dalam jajaran pengusaha Indonesia sukses pada usia yang masih terbilang muda.

Itulah beberapa kisah dari pengusaha sukses di Indonesia yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Di mana perjalanan mereka untuk mencapai sukses sendiri tidaklah mudah dan penuh dengan tantangan.