Fitur Aplikasi BPJS Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

aplikasi BPJS

BPJS Kesehatan adalah salah satu lembaga milik pemerintah yang memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat. BPJS Kesehatan memberikan banyak sekali manfaat untuk seluruh pesertanya. Saat ini, BPJS telah menggunakan digital sebagai salah satu media untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan berbagai informasi yang berkaitan dengan programnya. 

BPJS Kesehatan telah membuat salah satu aplikasi yang bernama Mobile JKN. Pada aplikasi ini, Anda akan mendapatkan segala informasi yang berhubungan dengan BPJS. Untuk mempermudah peserta yang menggunakan Mobile JKN, maka ada banyak sekali fitur yang disematkan. Lebih jelasnya, mari simak penjelasannya dalam artikel ini. 

Fitur yang Ada di Aplikasi BPJS 

Adanya aplikasi JKN sebenarnya sangat memudahkan masyarakat. Terlebih peserta tidak perlu lagi repot untuk datang ke kantor BPJS jika ingin mengurus sesuatu. Adapun fitur-fitur yang disematkan dalam Mobile JKN ini, di antaranya: 

Pendaftaran peserta 

Apabila Anda ingin mendaftar sebagai peserta BPJS di kategori PBPU atau Peserta Bukan Penerima Upah, maka tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS. Cukup dengan aplikasi Mobile JKN, Anda bisa mendaftar dengan mudah. Caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu memasukan NIK saja. Nanti, pihak BPJS akan melakukan pengecekan otomatis. Selanjutnya Anda tinggal melakukan pendaftaran sebagai peserta baru. 

Fitur peserta 

Pada fitur yang satu ini, aplikasi JKN akan memberikan sebuah akses kepada Anda untuk mendapatkan informasi tentang kepesertaan. Bahkan, Anda juga bisa melihat informasi terkait kepesertaan anggota keluarga lainnya. 

Fitur untuk mengganti data peserta 

Selain itu, dalam aplikasi ini juga terdapat fitur yang bisa membantu Anda untuk mengubah data kepesertaan. Semisalnya adalah nomor telepon, alamat email, pindah FKTP atau pindah kelas BPJS. seluruhnya hanya menggunakan satu aplikasi saja/. 

Fitur untuk mencari ketersediaan tempat di rumah sakit 

Ketika Anda menggunakan BPJS kesehatan untuk berobat ke rumah sakit, maka Anda harus mencari tahu tentang ketersediaan tempat dari RS yang dituju. Dengan menggunakan Mobile JKN, Anda dapat mendapatkan informasi ketersediaan tempat tidur pada RS rujukan sesuai dengan kelas BPJS. Anda tidak perlu khawatir karena sistem dari rumah sakit akan langsung update jika memang ada kamar. 

Informasi obat yang dicover BPJS 

Menggunakan fitur ini sendiri akan sangat membantu Anda untuk mencari tahu tentang obat yang dicover oleh BPJS. Tidak hanya dari namanya saja, tapi Anda juga akan menemukan informasi terkait kandungan obat, dosis dan lain sebagainya. 

Pengecekan premi 

Anda juga bisa dengan mudah mendapatkan informasi yang berhubungan dengan iuran BPJS milik sendiri dan juga keluarga. Dalam aplikasi ini akan tercantum berapa iuran yang harus dibayarkan, serta adakah denda keterlambatan atau tidak. 

Jadwal operasi 

Aplikasi ini juga akan memberikan jadwal tentang tindakan operasi yang akan dijalani oleh peserta. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menemukan jadwal operasi dari rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS. hebatnya lagi, jadwal ini pun juga selalu diupdate. 

Pendaftaran layanan kesehatan 

Ketika Anda menggunakan aplikasi JKN, maka Anda tidak perlu lagi repot-repot antri untuk mendapatkan pelayanan di Faskes tingkat pertama. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa memberikan penilaian terhadap layanan yang diberikan dengan menggunakan Walk Through Audit. 

Daftar auto debit 

Fitur yang satu ini sendiri adalah salah satu layanan bank untuk membantu Anda memotong saldo dari rekening di waktu yang sudah ditentukan. Apabila Anda ingin menggunakan layanan ini, maka bisa mendaftar melalui aplikasi milik BPJS ini. 

Pembayaran 

Dalam fitur ini berisi panduan bagaimana cara untuk membayar BPJS baik itu dengan menggunakan auto debit atau e-money. Bila pembayaran berhasil, maka aplikasi akan menampilkan seluruh riwayat pembayaran serta denda. 

Riwayat pelayanan 

Bagi Anda yang pernah mendapatkan pelayanan kesehatan dengan BPJS, maka dalam aplikasi akan muncul seluruh riwayat pelayanan yang pernah dilakukan. Bahkan hingga diagnosis, terapi serta keluhan yang pernah dilakukan. 

Pengaduan 

Anda pun juga bisa menggunakan Mobile JKN untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan BPJS. ada dua cara yang diberikan, yaitu Anda bisa menyampaikan keluhan dengan mengirim dalam bentuk pesan atau disambungkan ke customer service dari BPJS. 

Konsultasi dokter 

Bila Anda mempunyai keluhan yang berhubungan dengan kesehatan, bisa juga berkonsultasi dengan dokter yang telah bekerja sama dengan BPJS. Pada fitur ini, Anda akan secara langsung mendapatkan bantuan untuk bisa mengurangi gejala kesehatan. Tidak hanya itu saja, dokter pun juga akan memberikan saran apa yang perlu dilakukan agar masalah kesehatan bisa teratasi. 

Itulah beberapa fitur yang ada di aplikasi BPJS, di mana dengan aplikasi ini Anda akan mendapatkan berbagai layanan penting dan juga mudah. Untuk bisa menggunakan Mobile JKN, maka Anda harus mendaftar dulu sebagai peserta BPJS.