Gaji Presiden Indonesia Per Bulan Beserta Tunjangannya

besaran gaji presiden

Presiden adalah salah satu profesi yang mungkin hanya bisa diimpikan oleh sebagian orang. Di mana untuk menjadi seorang Presiden dibutuhkan dedikasi tinggi dan juga pengalaman yang banyak. Saat ini, Indonesia memiliki seorang Presiden yang dijabat oleh Ir. Joko Widodo atau sering dipanggil Pak Jokowi. Pernahkah dalam benak Anda bertanya berapa sebenarnya gaji Presiden? 

Hal ini sendiri tidak banyak diketahui oleh masyarakat, di mana ternyata seorang Presiden yang memimpin suatu negara digaji tiap bulannya. Sangat menarik sekali untuk membahas seberapa besar gaji Presiden Indonesia saat ini dan berapa tunjangan yang didapatkan. 

Tugas Presiden 

Sebelum membahas gaji Presiden per bulan, maka ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu apa saja tugas yang diemban oleh Presiden. Tugas seorang Presiden sendiri sudah diatur dalam Undang Undang, di mana tugasnya dibagi menjadi dua yaitu sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan. Berikut ini adalah tugasnya: 

  • Kepala Negara 

Sebagai Kepala Negara, tugas Presiden sendiri dibagi menjadi beberapa. Pertama, Presiden memiliki kekuasaan tertinggi di TNI yang termasuk Angkatan Darat, Angkatan Udara dan Angkatan Laut. Setelah itu tugas Presiden selanjutnya bertugas untuk mengangkat konsultan dan duta besar. Tidak hanya itu saja, tugas Presiden sebagai Kepala Negara sendiri adalah menerima rekomendasi Duta Besar luar negeri dari DPR. 

Dari tugas-tugas tersebut, terlihat jelas bahwa Presiden memegang peranan penting untuk mengatur diplomasi antara Indonesia dengan luar negeri serta menjalankan tugas sebagai pangkat tertinggi di TNI yang berperan dalam keamanan negara. Tentu saja tugas ini tidaklah mudah dan harus dilaksanakan sebaik mungkin. 

Selain itu, tugas Presiden lain juga menyangkut memajukan kebudayaan nasional ke peradaban dunia dan memastikan bahwa rakyat Indonesia memiliki kebebasan untuk menjaga dan mengembangkan budaya nasional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tugas Presiden sebagai Kepala Negara harus bisa merangkum seluruh aspek yang bersangkut paut dengan Indonesia. 

  • Kepala Pemerintahan 

Tugas Presiden selanjutnya adalah Kepala Pemerintahan, di mana dalam menjalankan tugas ini pun sudah diatur dalam Undang Undang yang berlaku di Indonesia. Sebagai Kepala Pemerintahan, Presiden menjabat kekuasaan yang paling tinggi di Indonesia. Presiden juga memiliki wewenang untuk menetapkan peraturan agar penerapan Undang Undang dapat berjalan dengan baik. 

Tugas lain dari Presiden sebagai Kepala Pemerintahan adalah dapat mengangkat dan memberhentikan menteri. Presiden juga melakukan pengaturan terhadap hubungan layanan umum, keuangan, pemanfaatan sumber daya alam dan lainnya. Di mana juga harus mempertimbangkan kerja sama antara pemerintah dengan pemerintah pusat secara adil dan sesuai dengan UUD 45. 

Selain itu, Presiden juga mengajukan rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN. Di mana nantinya anggaran ini akan dibahas bersama dengan DPR dan dengan mempertimbangkan saran dari DPR juga. Maka sudah jelas, bahwa anggaran ini harus dihitung berdasarkan kebutuhan dan lain sebagainya. 

Tugas Presiden lainnya adalah menetapkan Hakim Agung yang diusulkan Komisi Yudisial dan telah disetujui oleh DPR. Di mana ini sangatlah penting, di mana Hakim Agung akan menjadi pondasi akan hukum yang ada di Indonesia. Dalam tugasnya sebagai Kepala Pemerintah, Presiden juga harus memastikan bahwa pendidikan dan kemajuan teknologi harus menjunjung tinggi nilai keagamaan serta kemulian akhlak. 

Dari penjelasan di atas, terlihat jelas bahwa tugas Presiden sangatlah banyak dan selalu ditujukan kesejahteraan rakyat Indonesia. Di mana dari tugas tersebut dapat disimpulkan bahwa gaji Presiden per bulan terbilang tidak sedikit. 

Gaji Presiden Indonesia Per Bulan 

gaji presiden

Setelah memahami tugas Presiden sendiri sangatlah penting agar Anda juga tahu bahwa sebagai seorang pemimpin negara harus bertanggung jawab penuh terhadap program dan kebijakan yang berlaku. Jika membahas tetang gaji Presiden Indonesia, sudah pasti juga termasuk dengan tunjangannya. 

Menurut peraturan yang berlaku, gaji pokok tertinggi untuk pejabat negara adalah sekitar 5 juta rupiah perbulannya. Di mana untuk gaji presiden per bulannya adalah enam kali dari angka tersebut atau sekitar 30 juta rupiah. Tentu saja ini belum termasuk dengan tunjangan yang diberikan, di mana Presiden akan mendapatkan tunjangan sekitar 32 juta rupiah tiap bulannya. Maka total gaji yang didapatkan oleh Presiden adalah sekitar 62 juta rupiah. 

Maka dapat dihitung gaji Presiden Indonesia dalam setahun akan menerima sekitar750 juta rupiah. Di mana terlihat bahwa angka tersebut memanglah besar, tapi mengingat tugas yang diemban pun juga sangatlah besar. Apalagi jika terjadi permasalahan yang pelik, di mana Presiden harus mengambil tindakan darurat secepatnya. Contohnya adalah pada saat ini yang sedang terjadi pandemic, di mana Presiden harus bisa bertanggung jawab agar pereekonomian dan kesehatan masyarakat dapat selalu terjaga. 

Itulah penjelasan dari gaji Presiden di Indonesia, di mana sudah sangat jelas sekali bahwa besaran angka tersebut adalah cukup mengingat bahwa tanggung jawab yang ada dipundak seorang Presiden sangatlah besar.