Gak Pakai Ribet Ini Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja

cara daftar prakerja

Terhitung sejak gelombang I hingga X sudah ada 5,59 juta pendaftar yang berhasil lolos pendaftaran kartu Prakerja. Namun, hanya sekitar 4,9 juta peserta yang mendapatkan dana insentif karena telah menyelesaikan persyaratannya, yakni minimal membeli satu pelatihan. 

Meskipun begitu, untuk Anda masih belum berhasil mendapat  bantuan Prakerja tahun ini jangan khawatir sebab pemerintah telah merencanakan akan mengadakan bantuan serupa pada tahun 2021.

Perlu Anda diingat bila dana bantuan ini hanya akan diberikan kepada pendaftar yang belum pernah lolos seleksi gelombang 1 sampai 11 pada tahun 2020. Kartu Prakerja merupakan program pelatihan yang didanai langsung oleh pemerintah bagi warga Indonesia guna meningkatkan kompetensi dan keterampilan kerja.

Bagi Anda yang telah berusia 18 tahun keatas dan tidak sedang sekolah atau berkuliah dapat mendaftarkan diri pada program ini. Selain nantinya akan dibiayai untuk pelatihan, Anda juga bisa mendapatkan dana intensif sebesar Rp 600.000 rupiah selama empat bulan dan ditambah lagi insentif survei dari tenaga kebekerjaan sebesar Rp 150.000 rupiah.

Cara Daftar Kartu Prakerja Online

Jika Anda sudah pernah mendaftar sebagai anggota tetapi belum pernah lolos seleksi maka tidak lagi  perlu melakukan pendaftaran ulang pada gelombang selanjutnya di tahun 2021 nanti, sebab data Anda sebelumnya telah tersimpan secara otomatis oleh sistem Project Management Office (PMO) Prakerja.

Bagi yang belum pernah mendaftar sama sekali, silahkan simak tata cara pendaftaran kartu Prakerja berikut ini :

  1. Pendaftaran dapat dilakukan melalui website resmi Prakerja di https://www.prakerja.go.id/.
  2. Setelah Anda mengklik menu “Daftar Sekarang”, Anda nantinya akan diminta untuk melakukan registrasi password dan email.
  3. Setelah silahkan isi data diri sesuai dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga).
  4. Selesaikan seluruh tes kemampuan dan motivasi diri yang diberikan kepada Anda.
  5. Setelah berhasil Anda dapat menunggu sampai pendaftaran gelombang selanjutnya di tahun 2021 atau bisa langsung tekan tombol bergabung pada gelombang pendaftaran yang sedang saat ini dibuka.
  6. Selain pendaftaran online Anda juga dapat melakukan registrasi atau pendaftaran kartu Prakerja dengan cara offline. Caranya adalah Anda hanya mendatangi kantor Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) atau kantor Dinas Ketenagakerjaan terdekat yang ada di kota Anda.

Di sana Anda nanti akan diminta untuk mengisi formulir seperti form pendaftaraan online. Setelah permohonan Anda dilegalkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan, nantinya data tersebut akan dikirim ke PMO (Project Management Office) guna didaftarkan keanggotaanya.

Syarat Daftar Kartu Prakerja 2021

Adapun syarat yang harus disiapkan untuk mendaftar kartu Prakerja sebagai berikut:

  1. Anda merupakan pekerja atau buruh yang terkena PHK atau dirumahkan karena situasi pandemi.
  2. Pekerja atau buruh yang perlu meningkatkan kemampuan kompetensi kerja termasuk para pengusaha UMKM (usaha mikro kecil dan menengah)
  3. Tidak pernah atau sedang mendapat bantuan dari pihak manapun.
  4. Minimal berusia 18 tahun dan tidak sedang bersekolah atau kuliah.
  5. Karena terbatasnya kuota penerimaan dana bantuan Prakerja setiap gelombangnya akan ada beberapa orang mungkin belum pernah berhasil lolos seleksi dari gelombang 1-11. Ada tips jitu  yang bisa Anda ikuti agar lolos seleksi gelombang kartu Prakerja.
  6. Selain itu agar keanggotaan tidak akan dicabut dan bisa mendapatkan dana insentif setiap bulannya, Anda harus menyelesaikan minimal satu pelatihan.

Manfaat Kartu Prakerja

Dilansir dari situs prakerja.go.id, mereka yang telah mengikuti program Kartu Prakerja dapat memiliki beberapa manfaat, diantaranya adalah:

Setiap peserta akan mendapatkan insentif atau total uang senilai Rp3.550.000

Berikut adalah dana insentif yang akan Anda dapatkan:

    • Bantuan pelatihan sebesar Rp 1.000.000 dan ini tidak bisa dicairkan.
    • Insentif setelah menjalani pelatihan akan mendapatkan sebesar Rp 600.000 per-bulan selama 4 bulan berturut-turut, Anda akan mendapatkan jadwalnya.
    • Insentif survei kebekerjaan sebesar Rp50.000 per-survei dan akan dilakukan sebanyak 3 sesi.
  • Seluruh bentuk bantuan untuk pelatihan Kartu Prakerja akan disalurkan secara non-tunai yang nantinya akan ditransfer langsung ke rekening BNI46, OVO, GoPay, DANA, dan LinkAja.. 

Insentif untuk Berbagai Keperluan

Insentif yang nanti diberikan kepada penerima Kartu Prakerja akan dijabarkan ke dalam insentif biaya mencari kerja serta pengisian Survei Evaluasi. Insentif ini dimaksudkan untuk meringankan biaya pencari kerja dan juga biaya hidup.

Mendapatkan Bantuan Pelatihan Kerja

Penerima Kartu Prakerja nantinya akan mendapatkan Kartu Prakerja dalam bentuk saldo digital dan si penerima dapat memanfaatkan saldo atau dana tersebut sebagai metode pembayaran untuk membeli atau membayar biaya satu atau lebih pelatihan yang tersedia melalui platform digital yang bekerja sama. Dengan begini, penerima Kartu Prakerja diharapkan dapat memaksimalkan hal tersebut untuk mengikuti pelatihan kerja dalam meningkat soft skill dan hard skill sebagai bekal ketika mencari kerja atau berwirausaha.