Gaya Hidup Sehat yang Harus Diterapkan Untuk Mencegah Virus Covid19

gaya hidup sehat

Sejak diterjang pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020 lalu, hingga sekarang dunia masih berjuang untuk bangkit.  Di Indonesia sendiri baru akhir-akhir ini saja terjadi penurunan terhadap angka kasus positif yang sebelumnya sempat membludak di pertengahan tahun 2021. Pemerintah terus berupaya sekuat tenaga membuat kondisi yang lebih kondusif, mulai dari kebijakan PPKM, membuat protokol kesehatan untuk masyarakat, hingga melaksanakan program vaksinasi.

Menghentikan penyebaran virus Covid-19 memang tidak mudah. Apalagi sekarang terdeteksi muncul varian baru yang jauh lebih mudah menular dari sebelumnya. Untuk mencegah hal tersebut, masyarakat dianjurkan untuk meningkatkan sistem imun agar dapat menangkal virus yang masuk. Salah satunya adalah menerapkan gaya hidup sehat.

Manfaat Gaya Hidup Sehat

Sebenarnya tak hanya ketika pandemi saja pola hidup sehat itu harus diterapkan, karena memang wajib dilakukan semua orang yang ingin hidup bebas penyakit. Mengatur pola hidup sehat tentu memberikan banyak manfaat bagi fisik dan mental. Bagi yang belum memulainya, bisa dicoba dari memperhatikan kebiasaan kecil sehari-hari.

Kalau menurut Kotler, pola hidup sehat bisa disebut sebagai gambaran dari kegiatan atau aktivitas yang didukung oleh minat dan keinginan, serta bagaimana pikiran menjalaninya dalam berbagai interaksi lingkungan. Kebiasaan ini bisa dilakukan pada diri sendiri dan sangat mungkin ditularkan kepada orang lain yang ingin memperoleh manfaat yang sama.

Sepertinya kita sering mendengar bahwa orang yang punya gaya hidup sehat akan mendapatkan tubuh yang bugar dan fit. Coba lihat orang-orang zaman dulu, hingga sekarang di usianya tak lagi muda mereka sering beraktivitas dan masih tampak segar. Penasaran kenapa? Itu karena makanan yang dikonsumsi masih tidak pakai pengawet, alami dan segar.

Harapan hidup lebih lama juga tercipta dari pola hidup sehat. Manfaat lain yang diperoleh tubuh adalah sistem imun yang menguat, sehingga bisa menangkal segala macam virus penyakit yang masuk seperti covid-19. Ada beberapa fungsi yang dimiliki imun manusia, yakni pertahan, homeostatis, dan perlawanan.

1. Cara Menerapkan Gaya Hidup Sehat di Masa Pandemi

Menerapkan dan menjaga gaya hidup sehat selama pandemi merupakan hal wajib. Ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari menerapkan protokol kesehatan, menjaga pola makan, mencukupi kebutuhan air, merencanakan kebiasaan baik untuk hidup sehat, tetap aktif beraktivitas, tidak terlalu memaksakan diri, dan memastikan waktu istirahat telah tercukupi. Cara-cara tersebut terbukti mampu membuat kualitas kesehatan meningkat.

Selama pandemi kita memang lebih mudah stres karena pergerakan yang dibatasi. Kemana-mana harus pakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak yang membuat kegiatan sosialisasi berkurang. Bahkan parahnya lagi dapat membuat seseorang lebih mudah jatuh dalam kebiasaan buruk. Terutama Anda yang sering mengabaikan rutinitas hidup sehat, padahal sebelumnya sudah berhasil menerapkannya.

Menjaga kebiasaan baik tersebut mungkin cukup sulit karena tubuh dan pikiran yang belum siap menghadapi pandemi. Namun ingatlah bahwa kita harus menjaga sistem imun agar tak mudah terinfeksi virus covid-19 yang bisa mengancam nyawa. Berikut ini ada beberapa cara menerapkan gaya hidup sehat di masa pandemi yang bisa dicoba.

2. Merencanakan Kebiasaan Baik untuk Hidup Sehat

Merencanakan terlebih dahulu sebelum mencoba menciptakan atau mempertahankan kebiasaan sehat. Karena belakangan ini telah terjadi banyak perubahan dalam hidup, sehingga cukup sulit bagi kita untuk menyeimbangkan semuanya. Anda bisa mulai penerapannya dari mempersiapkan makan-makanan bergizi seimbang yang dibutuhkan tubuh.

Hindari membeli makanan cepat saji dan mengandung gula tinggi. Kalau masak sendiri, Anda dapat belanja bahan-bahan yang bisa diolah menjadi makanan sehat.

3. Menjaga Pola Makan Sehat dan Teratur

Jangan remehkan pola makan sehat, ini sangat penting karena membantu memastikan nutrisi tercukupi setiap hari. Menjaga pola makan sehat dan teratur juga membantu meningkatkan kesehatan mental. Anda harus rutin mengkonsumsinya setiap hari, perbanyak makan sayur, buah dan makanan berprotein tinggi.

Jangan terlalu banyak makan manis dan berlemak, karena ini bisa mempengaruhi kemampuan tubuh berkonsentrasi bahkan memicu beberapa penyakit seperti diabetes, obesitas dan jantung. Silahkan konsumsi suplemen dan vitamin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian kalau dari makan saja tak cukup.

4. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Kebutuhan cairan harus senantiasa terpenuhi karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Minum yang cukup agar tubuh lebih sehat dan terjaga berat badannya. Ini bahkan membantu kita berpikir lebih jernih, mempertahankan tingkat energi, serta memperlancar pencernaan. Minimal setiap hari minum 6-8 gelas air atau setara dengan 2 liter agar cairan tubuh selalu terjaga.

5. Memastikan Waktu Istirahat Tercukupi

Cobalah tidur selama 6-8 jam setiap malam seperti yang direkomendasikan oleh para ahli. Ini dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan fisik secara keseluruhan. Tidur nyenyak bahkan mampu membuat kita lebih bahagia.

Mulai dari sekarang Anda harus menerapkan gaya hidup sehat di atas dan terus mempertahankannya untuk mencegah infeksi virus Covid-19. Salam sehat!