Glosarium Keuangan Pribadi yang Harus Kamu Pelajari

Sangat penting untuk mengelola keuangan pribadi, tidak hanya untuk sekarang tetapi untuk masa depan juga. Coba Anda bayangkan jika dimasa tua nanti, Anda tidak memiliki dana pensiun? Tentu Anda akan kesulitan secara finansial, bukan?

Untuk membantu hal tersebut, terdapat beberapa istilah dasar yang berhubungan dengan keuangan pribadi yang harus Anda ketahui. Apa sajakah hal tersebut? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Inilah 6 Glosarium Keuangan Pribadi

  • Budget 

Dalam bahasa Indonesia kerap kali disebut menjadi anggaran, budget merupakan estimasi pengeluaran dan pendapatan. Membuat budget pada awal bulan, seperti dibutuhkan agar Anda mengetahui uang tersebut akan dipakai untuk keperluan apa saja.

Lalu, melakukan pengecekan apakah pengeluaran tersebut telah sesuai budget yang ditetapkan. Masing-masing kebutuhan harus dibuatkan budgetnya supaya keuangan Anda menjadi teratur.

  • Investasi 

Ketika berinvestasi, Anda menanamkan aset atau uang yang Anda miliki dengan tujuan memperoleh return atau keuntungan. Investasi bisa berbentuk jangka panjang maupun jangka pendek. Biasanya, investasi jangka pendek hanya berkisar 1 tahun saja, seperti menyimpan uang di tabungan deposito.

Berbeda dengan investasi jangka panjang, yang umumnya ditujukan untuk kehidupan masa depan sebab memerlukan waktu yang maka untuk dapat menikmati hasilnya. Nah, contoh dari investasi jangka panjang yaitu investasi saham atau reksa dana.

  • Dana darurat 

Dana darurat merupakan sejumlah dana yang sengaja Anda simpan dengan tujuan dipakai ketika terjadi sesuatu hal yang mendesak atau darurat. Umumnya terjadi secara tiba-tiba atau tidak dapat diprediksi sebelumnya.

Lalu, dana darurat ini bisa dipakai untuk mengcover kondisi darurat yang sifatnya jangka pendek, seperti kecelakaan yang Anda alami atau untuk jangka panjang misalnya belum memperoleh pekerjaan baru.

  • Dana pensiun

Selanjutnya ada dana pensiun, sesuai dengan namanya, dana pensiun berarti tabungan yang Anda kumpulkan sejak masih bekerja atau saat usia muda demi dapat menjalani kehidupan di masa tua tanpa beban dan nyaman.

Dengan Anda memiliki dana pensiun yang mencukupi, maka Anda tidak harus bergantung dengan anggota keluarga lainnya atau kepada anak Anda. Anak pun tidak harus menjadi bagian generasi sandwich sebab wajib membiayai keluarga atau orang tua nya. Oleh karena itu, Anda harus memutus rantai tersebut.

  • Pendapatan

Pendapatan merupakan sejumlah dana yang Anda terima secara rutin, baik per bulan, 6 bulan sekali hingga per tahun. Contohnya, pendapat dapat berasal dari banyak sumber. Bagi yang menjadi karyawan di kantor, maka pendapatan yang Anda terima perbulannya menjadi sumber pendapatan utama.

Anda pun dapat mencari sumber pendapatan yang lainnya, misalnya menjadi freelance jika Anda mahir desain atau menulis blog, hal ini dilakukan demi masa depan Anda.

  • Pengeluaran 

Pengeluaran merupakan seluruh hal yang Anda keluarkan dengan uang. Seperti tagihan internet, air, listrik yang wajib Anda bayar setiap bulannya. Nah, dari seluruh jenis tagihan bulanan tersebut merupakan bagian dari pengeluaran.

Hal apa saja yang akan menghabiskan uang Anda, sekecil apapun, misalnya biaya transfer antar bank dan biaya admin perbulan pun harus Anda hitung menjadi pengeluaran.

Cara Mengelola Keuangan yang Benar 

  • Buat anggaran bulanan 

Untuk mendapatkan cara mengatur keuangan yang mudah untuk Anda terapkan, maka Anda dapat memulainya dengan membuat anggaran keuangan. Anggaran tersebut diperlukan untuk acuan pada seluruh perhitungan keuangan Anda. Mulai dari pendapatan, pengeluaran, tabungan, investasi dan dana darurat harus Anda anggarkan setiap bulannya.

  • Jangan berhutang 

Utang adalah salah satu masalah dalam mengatur keuangan dengan benar. Karena, dengan Anda berhutang, maka Anda harus menyisihkan pendapatan Anda untuk membayar hutang setiap bulannya. Untuk itu, jangan sampai Anda berhutang sebab bisa menghancurkan semua anggaran bulanan yang sudah Anda buat.

  • Buatlah catatan untuk keuangan 

Tidak hanya mempunyai anggaran, Anda pun memerlukan catatan keuangan untuk mengetahui cara mengatur keuangan dengan benar. Catatan ini berfungsi untuk memberi detail akan pengeluaran yang Anda lakukan setiap hari atau setiap bulannya. Sehingga Anda dengan mudah mengetahui uang yang keluar untuk apa saja.

  • Buat anggaran sesuai kebutuhan 

Tentunya Anda paham jika membuat anggaran menjadi cara mengatur keuangan yang akan mempermudah Anda untuk memisahkan keinginan dan kebutuhan. Tetapi, yang harus Anda tambahkan yaitu tentang prioritas kebutuhan tersebut pada jangkauan waktu.

  • Berinvestasi 

Investasi pun memiliki peran yang sangat penting untuk menghadirkan keadaan finansial yang tangguh. Cara mengatur keuangan dengan membuat pos-pos dana pada sebuah alat investasi, bukan hanya bisa menjaga keadaan finansial Anda dengan baik saja, tetapi investasi pun dapat membawa keuntungan sehingga keadaan finansial Anda bertambah tangguh seiring waktu.

Untuk sekarang ini, pada masa pandemi keadaan keuangan yang kuat adalah salah satu elemen yang penting Anda miliki. Keadaan ekonomi dunia yang tidak bisa ditebak ini kemungkinan dapat memberikan dampak buruk untuk kondisi keuangan Anda. Oleh sebab itu, dengan mempelajari ulasan di atas semoga bisa membantu Anda untuk membangun ekonomi yang kuat.