Hal-hal yang Perlu Diketahui tentang Tes Pauli ketika Melamar Pekerjaan

tes pauli

Bagi Anda yang ingin melamar kerja, sudah pasti memahami bahwa ada beberapa tes yang harus diikuti. Hal ini tidak lepas dari kebutuhan perusahaan yang ingin mendapatkan karyawan yang memang membutuhkan kriteria mereka. Selain tes psikologi dan interview, Anda juga harus mengikuti Tes Pauli. Nah, sebenarnya apa itu Tes Pauli? Dan apa saja yang diperlukan untuk mengikuti tes yang satu ini. Untuk lebih jelasnya, ikuti terus ulasannya berikut ini. 

Mengenal Tentang Tes Pauli 

Sebagian dari Anda pasti masih awam dengan tes ini. Sebenarnya apa itu tes Pauli? Pada dasarnya tes ini merupakan sebuah bentuk dari ujian yang isinya hanya angka saja, dari angka 0 hingga 9. 

Ketika tes dilakukan, peserta akan melihat angka-angka ini tertera di kertas yang besar. Dimana nanti Anda akan menjawab jumlah dari angka yang tertera. Dimana angka yang akan dicatat sebagai jawaban adalah yang paling akhir. 

Contohnya adalah ketika ada penjumlahan 5+9 = 14, maka nantinya yang akan menjadi jawaban dalam tes Pauli yaitu 4. Jawaban ini akan terus berlaku hingga akhir test yang ada. Namun, perlu diperhatikan bahwa test ini sendiri akan dibatasi dengan waktu. Tergantung dari perusahaan, ada yang 20 detik hingga 45 detik. 

Tujuan Adanya Tes Pauli 

Adapun tujuan dari tes Pauli ini untuk para pelamar, yaitu untuk menilai konsentrasi, ketelitian dan juga kecepatan. Dari hasil tes inilah, perusahaan bisa menilai bagaimana cara kerja dari calon pegawai nantinya. Karena sebuah perusahaan pasti menginginkan pegawai yang mempunyai kinerja yang cepat dan juga teliti. 

Hal yang Harus Dipersiapkan Untuk Tes Pauli 

Bagi Anda yang akan menjalankan tes Pauli, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Dimana tentu saja ini akan sangat membantu Anda agar bisa lolos ke tahap seleksi penerimaan karyawan selanjutnya. Berikut ini yang harus dipersiapkan: 

1. Kondisi tubuh harus prima 

Ketika Anda mengikuti tes yang satu ini, pastikan bahwa kondisi harus dalam kondisi yang prima. Kenapa? Ketika anda kelelahan atau bahkan sakit sudah pasti konsentrasi akan buyar. Jika hal ini terjadi, maka Anda tidak akan bisa menjawab seluruh pertanyaan yang diberikan. 

Jagalah kondisi tubuh, misalnya dengan makan makanan yang bergizi, minum vitamin dan berolahraga. Selain itu, lebih baik Anda juga beristirahat dalam waktu yang cukup. Karena kurang tidur juga menjadi penyebab Anda tidak dapat berkonsentrasi. 

2. Jangan lengah saat tes

Dalam tes Pauli Anda tidak hanya akan di tes masalah kecepatan menjawab, tapi juga ketelitian. Maka daripada itu, Anda pun juga harus tetap menjaga konsentrasi dan jangan sampai lengah. Hal paling penting Anda menjawab dengan benar dan tepat waktu. Karena hanya dengan berkonsentrasi penuh, maka Anda bisa melewati tes ini dengan mudah. 

Untuk bisa menjaga konsentrasi, maka sangat disarankan bagi Anda untuk tenang terlebih dahulu. Tidak usah panik dengan waktu yang diberikan. Anda harus yakin bahwa Anda bisa menjawab semua tes yang diberikan. 

3. Latihan 

Tidak ada salahnya Anda latihan terlebih dahulu di rumah. Untuk mendapatkan tes Pauli yang bisa dijadikan latihan, Anda bisa mencarinya di internet. Banyak sekali contoh tes Pauli yang bisa ditemukan. Mintalah bantuan keluarga untuk mengatur waktu dalam menjawab. 

Lakukanlah latihan ini berulang-ulang hingga Anda jadi terbiasa dengan soal serta waktu yang diberikan. Dengan melakukan hal ini pun Anda akan menjadi lebih tenang karena sudah ada persiapan matang akan tes yang nantinya diberikan. Anda pun menjadi lebih percaya diri dan tes bisa dilalui dengan mudah. 

4. Jangan terlalu lama berpikir 

Karena dalam tes ini ada batasan waktu, maka lebih baik Anda tidak lama-lama dalam berpikir. Jika memang ternyata jawaban Anda salah, lupakan. Lanjutkan ke pertanyaan berikutnya. Karena jika Anda membuang waktu pada pertanyaan yang sudah lewat, bisa jadi ritme Anda akan melambat dan malah membuat Anda tidak dapat menyelesaikan semua test. 

5. Latihan gerak mata 

Kecepatan dalam tes ini memang menjadi faktor utama kenapa banyak sekali pelamar yang gagal. Maka daripada itu selain melatih soal-soal tes Pauli, Anda harus bisa melatih gerakan mata. Hal ini sendiri akan membantu Anda untuk bisa menjawab dengan benar dalam waktu yang sudah ditentukan. 

Tapi, saat Anda latihan gerak mata ini jangan sampai kelelahan. Pastikan bahwa Anda membaca soal dengan benar. Sehingga Anda pun bisa menjawab seluruh soal di waktu yang tepat tanpa kesalahan apapun. 

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang tes Pauli serta bagaimana persiapan yang harus dilakukan. Semoga informasi ini dapat membantu, sehingga Anda bisa melewati tes Pauli dengan mudah.