Hal yang Harus Dipahami Ketika Menggunakan Pay Later

Pada tahun 2019 silam, fintech berhasil mengembangkan metode pembayaran yang disebut dengan “Pay Later” atau sebenarnya itu adalah salah satu fitur yang bisa digunakan dalam metode pembayaran online shop. Sebagian orang sudah nyaman menggunakan fitur tersebut dalam berbagai alasan.

Bahkan sudah mulai ada beberapa orang yang menganggap menggunakan Pay Later adalah kebutuhan. Bisa dikatakan, menggunakan fitur Pay Later tidak ada salahnya, namun semua hal yang dipilih dan dilakukan akan ada konsekuensinya, termasuk penggunaan Pay Later.

Sebagai seorang konsumen yang bijaksana, kamu juga harus memahami dengan benar apa saja maksud dari penggunaan Pay Later. Akan lebih baik jika kamu memahaminya dengan benar sehingga, kamu akan jadi konsumen yang jadi lebih bijaksana dan tidak asal menggunakannya.

Dibalik kelebihan dari suatu produk dan fitur, pasti ada juga kekurangannya. Termasuk dalam Pay Later sendiri, jika kamu menggunakannya dengan asal dan tidak bijaksana, maka kamu hanya akan merugi. Hal yang akan kamu hadapi adalah keuangan yang membengkak.

Pay Later sama saja dengan berhutang. Kamu juga wajib membayar bunga dari Pay Later itu sendiri. Maka dari itu, kamu harus menjaga kondisi finansial dengan benar menggunakan Pay Later dengan benar agar optimasi tidak merugikan kamu di masa depan.

Pahami Resiko Ketika Menggunakan Pay Later

Sebagaimana yang sudah kamu ketahui, konsep sederhana dari Pay Later adalah membeli hutang dan membayar bunga yang wajib dibayar. Kamu boleh menggunakan Pay Later, namun usahakan menggunakannya secara bijaksana. 

Maka dari itu, pahami resiko terlebih dahulu agar kamu tidak salah jalan. Simak yuk!

Menciptakan Sifat Konsumtif

Kamu yang sedang tidak memiliki uang yang cukup tetapi ingin membeli barang bisa menggunakan fitur pay later. Namun, resiko yang bisa saja terjadi adalah menciptakan sifat yang konsumtif.

Tentu ini adalah hal yang harus kamu waspadai. Karena terlalu asyik, membuat kamu lupa diri dan menganggap semua akan baik-baik saja jika menggunakan Pay Later. Hal itu tentu saja berbahaya karena kamu akan jadi terbiasa dan sifat belanja jadi lebih konsumtif.

Kamu akan mulai beli beberapa barang yang tidak seharusnya kamu beli. Kamu akan jadi takut jika tidak mendapatkan barang harga diskon yang sedang ada.

Tidak Menyadari Biaya

Resiko yang bisa saja terjadi adalah kurangnya peka atau tidak sadar biaya yang dilihat. Justru karena terlalu praktis membuat orang terbiasa dengan metode pembayaran “nanti saja” asal dapat barangnya. 

Kamu akan jadi tidak berpikir panjang saat membeli produk. Karena memang pada umumnya akan ada banyak harga yang terpampang nyata dan tidak menyadari berapa biaya yang harus kamu bayar.

Sebagai contohnya, kamu membeli produk cicilan, biaya membayar subscription, dan sejenisnya. Kamu tidak menyadari bahwa sebenarnya dompet kamu sedang dikuras pelan-pelan padahal banyak.

Pembayaran yang Menunggak Dapat Mengganggu Skor Kredit

Semua pilihan yang sudah kamu pilih akan mendatangkan sebuah konsekuensi. Adapun menggunakan Pay Later juga bisa membuat pembayaran yang menunggak, jika sudah begitu, maka artinya reputasi kamu akan memburuk.

Reputasi dari adanya kredit yang buruk tersebutlah menyebabkan di masa depan apabila kamu hendak mengajukan pinjaman akan mendapatkan masalah atau kesulitan. Pinjaman bank berupa KUR dan juga KTA pun juga akan sulit untuk cair.

Sebab, pihak bank tidak akan mudah percaya untuk meminjamkan kamu dana apabila skor kredit yang kamu punya cukup buruk. Pihak bank juga tidak bisa sembarangan meminjamkan dana kepada yang bermasalah.

Kejahatan Digital

Kerap terjadi di lingkungan masyarakat terkait dengan adanya kejahatan digital atau lebih dikenal dengan cyber crime. Hal ini akan ada kemungkinan terjadi dalam dunia digital.

Meskipun menjalankan transaksi digital terbilang cukup mudah, namun nyatanya ada dampak negatif yang kemungkinan terjadi dan wajib kamu waspadai. Maka dari itu, usahakan untuk tetap menggunakan fitur keamanan yang ada dan jangan mudah memberikan ID resmi dan hal penting lainnya kepada siapapun.

Sebab, diluar sana ada banyak penjahat merajalela. Kamu dituntut harus tetap cermat dalam bertindak.

Menggunakan Pay Later dengan Aman dan Bijaksana

Jika sudah paham apa saja poin dari resiko yang mungkin saja bisa terjadi maka kamu harus tahu tips menggunakan dan pilih Pay Later yang cocok, aman dan bijaksana. Berikut ini adalah beberapa tips pentingnya, simak yuk!

  1. Usahakan untuk memilih layanan pay later resmi dari pemerintah. Apalagi sekarang sudah mudah mengaksesnya melalui aplikasi.
  2. Memperhatikan bunga dan juga tenor cicilan dalam pay later yang akan kamu pilih.
  3. Usahakan menggunakan fitur pay later hanya saat kamu dalam kondisi yang sedang darurat.
  4. Tidak mudah tergiur dengan berbagai macam promo yang ditawarkan.