Hewan Khas Indonesia

hewan khas Indonesia

Indonesia adalah Negara kepulauan yang sangat kaya akan keanekaragaman. Bukan hanya sekedar keanekaragaman suku dan juga budaya, Indonesia yang juga salah satu pemilik hutan tropis terbesar dunia ini juga sangat kaya akan keanekaragaman flora dan faunanya. Banyak sekali hewan-hewan dan juga tanaman eksotis yang hidup di Indonesia. dan dari semua keanekaragaman yang ada, ada beberapa hewan endemic yang menjadi hewan khas yang hanya bisa ditemukan di Indonesia.

Keberadaan fauna endemic yang ada di Indonesia memang menjadi daya tarik tersendiri terkhusus untuk mereka yang memang pecinta binatang. Hewan-hewan endemic ini tersebar di banyak wilayah Indonesia dan menjadi ciri khas bagi wilayah mereka masing-masing. Apa saja sih hewan khas dari Indonesia yang menjadi endemic di wilayahnya? Yuk kita simak beberapa jenis hewan khas dari Indonesia. 

Hewan khas Indonesia

  • Komodo

Salah satu hewan endemic paling terkenal dari Indonesia. Komodo atau yang lebih familiar dengan sebutan biawak komodo. Hewan yang bernama latin varanus komodoensis hidup di pulau komodo yang terletak di area kepulauan Nusa Tenggara. Komodo adalah salah satu kadal yang mempunyai ukuran terbesar di Dunia dengan ukuran maksimal bisa mencapai 3 meter. Beratnya pun mencapai 100 kilogram sehingga komodo ini menjadi hewan karnivora pemuncak rantai makanan di wilayahnya. Walaupun demikian, biawak komodo ini sudah masuk ke dalam list hewan yang dilindungi karena keberadaannya sudah terancam kepunahan. 

  • Orangutan

Hidup di hutan daerah Kalimantan dan juga sumatera, orangutan ini adalah salah satu fauna khas dari Indonesia. Bernama latin pongo, orang utan ini memiliki beberapa jenis yaitu pongo abelii yang berasal dari Sumatera, Pongo Pygmaeus dari hutan borneo atau Kalimantan, dan pongo tapanuliensis dari Tapanuli. Masuk dalam keluarga kera besar, orangutan ini memiliki badan yang besar dan gemuk. Bertangan panjang dan kuat, kaki yang pendek dan leher yang tebal. Bulu orangutan berwarna coklat kemerahan dan tidak berekor. Orang utan ini bisa tumbuh mencapai ukuran 1,5 meter. Sama seperti hewan endemic lain, orangutan juga masuk ke dalam hewan yang dilindungi karena terancam punah.

  • Cendrawasih botak

Salah satu burung tercantik di dunia, cendrawasih adalah hewan khas Indonesia dari daerah Papua. Julukan burung surga yang melekat pada family paradisaeidae ini memang tepat karena keindahan burung-burung cendrawasih itu sendiri. Warnanya yang menarik dan juga tingkahnya yang unik memang sangat memikat. Cendrawasih botak mempunyai nama latin cicinnurus respublica ini hanya bisa kita temukan di daerah Raja Ampat tepatnya di pulau Batanta dan Waigeo. Fisiknya tidak besar, hanya sekitar 21 centimeter saja. Pada burung jantan, warna bulu mereka dominan merah dan hitam dengan tengkuk yang mempunyai warna kuning. Kaki biru serta kepalanya yang botak berwarna biru terang dengan bermotif salib berwarna hitam. Ciri khasnya ada pada dua bulu ekor yang berbentuk melingkar menjadikannya sangat cantik.  Sedangkan untuk burung betina hanya berwarna coklat dengan botak kepala biru muda.

  • Maleo

Satu lagi burung endemic dari wilayah timur yaitu burung Maleo. Burung Maleo ini berasal dari Sulawesi. Satu-satunya dari genus Macrocephalon di dunia dan menariknya, burung Maleo in hanya bisa ditemukan di Indonesia tepatnya di Sulawesi Selatan. Burung yang unik ini mempunyai kepala kecil tapi berkaki besar dan kuat.

Ukuran burung maleo ini lumayan besar bisa mencapai 55 sentimeter. Berwarna dominan hitam dengan area dada yang cenderung putih. Memiliki jambul keras mirip tanduk yang fungsinya untuk mendeteksi panas bumi ketika akan bertelur.

Burung ini cukup unik karena dia tidak mengerami telurnya tetapi menimbun telurnya ke dalam tanah dan memanfaatkan panas bumi untuk menginkubasi telurnya sampai telur itu menetas. Anak maleo sudah harus bisa survive sendiri sejak dia menetas karena sejak masih menjadi telur, mereka sudah ditinggalkan dan “dierami” oleh alam. Yang lebih menariknya lagi, anak burung maleo sudah bisa terbang setelah menetas.

Populasi burung ini sudah cukup memprihatinkan karena selain mereka harus berhadapan dengan predator alami mereka di hutan, mereka juga sering diburu burung dan telurnya sehingga Maleo juga termasuk hewan yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia.

  • Badak Jawa

Hewan penghuni taman nasional ujung kulon ini hanya mempunyai satu cula. Pada awalnya dulu badak ini banyak tersebar di daerah asia tenggara, hanya saja kini karena habitatnya yang terus merangsek oleh manusia, akhirnya badak ini hanya bisa kita temukan di habitatnya di taman nasional ujung kulon.

  • Jalak Bali

Bukan sekedar pulaunya saja yang sangat indah dan mempesona, bali juga mempunyai satwa endemic yang juga tak kalah memukau yaitu jalak bali. Burung yang berwarna putih dengan corak hitam di ujung sayap dan ekor serta area mata ini hanya bisa ditemukan di hutan diarea barat pulau Bali.

Salah satu burung kicau dari Indonesia ini adalah lambang fauna dari pulau Bali. Masuk family sturnidae, burung jalak bali ini bisa tumbuh hingga 25 centimeter. Suaranya yang keras dan menarik serta mampu menduplikasi suara burung lain menjadi daya tarik dari burung jalak bali selain karena warnanya yang khas.

Itulah beberapa jenis hewan khas Indonesia yang eksotis. Perburuan dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab menjadikan hewan-hewan endemic ini menjadi rawan kepunahan.