Ide Bisnis Rumahan Untuk Guru

bisnis rumahan untuk  guru

Apabila Anda seorang guru dan sedang mengalami dampak dari pandemi, mungkin Anda bisa mencoba beberapa bisnis yang bisa Anda lakukan untuk menambah penghasilan ada. Terlebih kondisi ini sangatlah berpengaruh kepada guru-guru yang berpangkat honorer. Sudah pasti pendapatan pun akan semakin berkurang Dalam artikel ini akan diberikan beberapa bisnis rumahan untuk  guru yang bisa Anda coba.

Contoh Bisnis Rumahan yang bisa dilakukan oleh seorang Guru

Di era seperti sekarang, berbagai kegiatan dapat dilakukan secara online termasuk kegiatan belajar mengajar dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Namun yang pasti apa yang didapat terkadang tidak sebanding dengan apa yang dikeluarkan.

ide bisnis rumahan

Orang-orang mulai berlomba-lomba untuk mencari penghasilan tambahan dengan berbagai cara tak terkecuali seorang guru. Setelah melaksanakan tugasnya mengajar melalui sistem daring, beberapa ada yang memulai usaha sampaingan untuk menambah pengasilan. Lalu bisnis apa saja yang cocok untuk seorang yang berprofesi sebagai seorang guru? Mari kita simak ulasan di bawah.

  • Berjualan pulsa atau paket internet.

Siapa yang tidak butuh pulsa atau paket internet di jaman yang serba cepat seperti saat ini? kehidupan manusia sepertinya tidak bisa terlepas dari ponsel maupun gadget. Terang saja, alat komunikasi berbentuk persegi ini sekarang sudah naik tingkat menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Kita bisa melakuakn apapun melalui ponsel baik berbelanja atau memesan makanan.

Hal itu tentu saja tidak gratis. Ponsel juga membutuhkan kuota atau pulsa agar dapat melakukan segala transaksi modern tersebut. Jadi berjualan paket internet dan pulsa cukup cocok dilakukan oleh seorang guru dan tidak perlu repot-repot untuk keluar rumah.

  • Bimbingan belajar online

Usaha selanjutnya yang bisa Anda lakukan ketika berada di rumah adalah dengan membuka bimbingan belajar online. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa anak-anak sekarang lebih sering belajar di rumah dan membutuhkan bimbingan tambahan untuk bisa membuat mereka tidak ketinggalan kurikulum yang ditetapkan.

Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan membuka bimbingan belajar atau les private. Anda hanya tinggal memasarkan saja melalui media sosial ataupun dari mulut ke mulut. Selama Anda mempunyai jaringan internet serta perangkat pendukung seperti laptop atau smartphone, maka Anda sudah bisa membuka les private online.

  • Membuat kerajinan tangan

Keadaan pandemi saat ini menuntut orang agar selalu menggunakan masker. Namun orang-orang sering meletakkan masker tersebut secara sembarangan. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka peluang bisnis membuat rantai masker atau strap mask berbagai macam model kemudian dipasarkan. Selain itu Anda juga bisa membuat bros, rajutan dan lain-lain.

  • Berkebun

Bagi Anda yang gemar menanam tanaman dan tinggal di desa, bisnis ini cocok untuk Anda. Cobalah untuk menanam bahan pokok seperti cabai, sayur-sayuran atau buah-buahan di lahan Anda. Hasil kebun tersebut biasa Anda jual bahkan Anda manfaatkan untuk usaha lainnya. Apalagi jika Anda menanam seluruhnya sendiri dan menggunakan bibit organic.

Maka pangsa pasar pun bisa semakin besar. Anda juga bisa menjual bibit tanaman untuk dijual kembali. Semasa pandemic ini banyak sekali masyarakat yang mencari kegiatan dengan berkebun. Hal ini tentu saja bisa Anda manfaatkan untuk memperluas hasil berkebun Anda dengan menjual bibit-bibit tanaman yang berkualitas.

  • Jasa pengetikan

Bila Anda mempunyai kemampuan mengetik dengan cepat, maka Anda bisa juga mencoba berbisnis jasa pengetikan. Meski saat ini banyak sekali orang yang sudah mempunyai komputer atau laptop, tapi tidak semua orang memiliki waktu untuk mengetik dokumen presentasi dan lain sebagainya.

Anda dapat memanfaatkan kemampuan mengetik ini untuk bisa menambah pemasukan sebagai seorang guru. Tidak ada salahnya melengkapi jasa pengetikan Anda dengan jasa percetakan, supaya masyarakat bisa lebih mudah mencetak seluruh hasil ketikan yang sudah Anda kerjakan.

  • Penerjemah

Penerjemah adalah salah satu usaha yang cocok untuk para guru, terlebih untuk para guru honorer yang membutuhkan pendapatan tambahan. Bila Anda mempunyai kemampuan dalam bahasa asing, maka cobalah memanfaatkannya untuk menjadi seorang penerjamah.

Anda bisa memasarkan jasa Anda di beberapa platform seperti Fastwork atau Sribulancer. Perlu Anda ketahui, bayaran untuk menerjemahkan terbilang sangat tinggi. Apalagi jika yang Anda terjemahkan adalah sebuah buku atau dokumen perusahaan, bisa saja Anda mendapatkan bayaran hingga jutaan rupiah.

  • Membuka toko online

Jenis bisnis terakhir yang cocok untuk dijalankan oleh seorang guru adalah membuka toko online. Anda bisa menjual berbagai barang dengan bermodalkan smartphone dan internet. Pendapatan dari toko online sendiri terbilang menjanjikan. Anda bisa membuka toko online di beberapa e-commerce dan media sosial.

Itulah beberapa jenis bisnis rumahan untuk guru yang bisa Anda pilih. Bisnis-bisnis ini sendiri sangatlah fleksible waktunya, sehingga Anda bisa tetap bisa mengajar tanpa terganggu dengan bisnis yang Anda jalankan. Hal paling penting adalah dengan selalu mengembangkan diri agar bisnis yang dijalankan bisa sukses.