Ide Usaha Kecil Menengah yang Menguntungkan

ide usaha kecil

Ingin berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia? Mudah kok, Anda bisa menjalankan usaha kecil menengah yang termasuk salah satu roda yang menggerakkan perekonomian negara kita. Dengan banyaknya usaha yang ada, hal tersebut diyakini dapat menuntaskan masalah kemiskinan dan membantu pemerataan tingkat perekonomian rakyat kecil.

Di Indonesia, usaha jenis ini lebih sering disebut dengan singkatan UKM? Penasaran dengan maksudnya? Usaha kecil dan Menengah merupakan usaha ekonomi produktif dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh Undang-undang Nomor 20 tahun 2008 yang mana dimiliki badan usaha maupun perorangan.

Sebelum membahas lebih lanjut, kita akan masuk pada pembahasan tentang UKM. Berdasarkan jumlah aset dan omset yang dihasilkan, usaha ini dibedakan berdasarkan 3 jenis, yaitu usaha mikro (aset <50 juta rupiah dengan total omset 300 juta rupiah), usaha kecil (aset 50 – 500 juta rupiah dengan total omset 300 juta – 2,5 milyar rupiah), dan usaha menengah (aset 500 juta – 10 milyar rupiah dengan total omset 2,5 – 50 milyar rupiah).

Ide Usaha Kecil dan Menengah yang Bisa Dilakukan  

ide usaha kecil menengah              

Bagi Anda yang masih bingung dalam memilih bisnis kecil kecilan seperti apa yang ingin dijalankan, maka bisa menyimak informasi di bawah ini. Dengan menjalankan bisnis, Anda bisa membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran karena telah membuka lapangan pekerjaan baru. Membantu orang-orang yang membutuhkan pekerjaan tentu menjadi hal yang baik untuk diri Anda sendiri. Nah, sekarang tinggal tentukan ide usaha apa yang ingin dijalankan dari informasi berikut.

  • Kosmetik dan Skincare              

Produk kosmetik dan skincare menjadi contoh usaha kecil dan menengah pertama yang bisa dipilih karena memiliki prospek cerah di Indonesia. Menurut laporan Kementerian Perindustrian, pada tahun 2017 produk-produk ini telah mengalami pertumbuhan sebanyak 20% dari biasanya. Dan dalam laporan tersebut juga disebutkan bahwa ada industri kosmetik nasional 95% didominasi oleh bisnis kecil dan menengah.

Saat ini target pasar dari produk-produk skincare sudah meluas. Bukan hanya wanita, kaum pria juga bisa menjadi calon konsumen potensial Anda. Jadi, apabila  ingin memulai usaha kecil ini, Anda bisa memulainya dengan menjual produk-produk berbahan alami yang sedang populer di masyarakat kita.

  • Kuliner               

Bisnis kuliner memang tidak akan pernah tergerus oleh waktu. Selalu menjanjikan keuntungan besar apabila Anda mampu mengelolanya dengan benar. Kuliner akan tetap menjadi bisnis yang tidak pernah mati di Indonesia, terlebih saat ini ada jasa pesan antar online yang disukai masyarakat. Memanfaatkan jasa antar makanan online akan memudahkan para pembeli yang ingin menikmati kuliner Anda tanpa harus ke tempatnya langsung.

Bagi Anda yang tertarik dengan ide usaha ini, tipsnya adalah menggunakan jasa pesan antar makanan online untuk mendapat pelanggan lebih banyak.

  • Perlengkapan Bayi        

Contoh bisnis UKM selanjutnya yang direkomendasikan adalah menjual peralatan dan perlengkapan bayi. Mungkin usaha jenis ini terlihat biasa-biasa saja. Tetapi asal Anda tahu, pasar produk ini bernilai sangat besar. Besarnya peluang usaha yang didapat dari menjual perlengkapan bayi seperti mainan, pakaian, ataupun produk susu membuat kami merekomendasikannya kepada Anda.

  • Furniture             

Pada tahun 2017 lalu, bisnis furnitur yang populer di dunia online ini berhasil menyumbang sebanyak 16,9% omzet e-commerce Indonesia. Hal ini terjadi karena para pelanggan tidak perlu membeli furniture yang diinginkannya melalui toko fisik. Pelanggan bisa memanfaatkan aplikasi belanja online untuk mendapatkan furnitur dari toko yang bersangkutan. Usaha jenis ini memiliki pasar yang luas. Apalagi bisa dijual secara online kepada calon konsumen.

  • Digital Marketing Agency          

Hampir setiap orang menggunakan media sosial atau mesin pencari untuk memenuhi kebutuhan belanjanya. Di Indonesia sendiri, tidak terlalu banyak pemilik usaha yang bisa memanfaatkan secara maksimal kedua platform tersebut. Nah, inilah kesempatan Anda yang ahli di bidang digital marketing seperti content writing, website, Search Engine Optimization (SEO), hingga copywriting mencoba membuka usaha ini.

  • Freelance Graphic Designer

Jasa graphic designer banyak diperlukan oleh pemilik usaha kecil hingga perusahaan-perusahaan besar. Mereka membutuhkan bakat seorang graphic designer untuk membuat design yang diperlukan dalam menjalankan strategi pemasaran. Anda yang memiliki bakat atau yang tidak sekalipun dapat mencoba melakukannya.

Tawarkan jasa ini menggunakan media sosial. Unggah portofolio yang dimiliki untuk meyakinkan calon konsumen Anda. Setelah mendapat keuntungan besar, Anda bisa melebarkan sayap bisnis ini hingga menjadi agensi graphic designer yang besar.

  • Jual Tanaman Hias

Ingin mendapat keuntungan besar dari bercocok tanam? Maka Anda bisa mencoba usaha jual tanaman hias yang beberapa waktu lalu sempat booming karena besarnya keuntungan yang didapat. Beberapa tanaman hias yang bisa dijual mulai dari Kuping Gajah, Lili, Bougenville, Mawar, Melati, hingga kaktus bisa dijual dengan harga bervariasi.

Semoga usaha kecil menengah yang Anda jalankan berhasil dan bermanfaat bagi orang-orang. Selamat mencoba!