Ide Usaha Kuliner Sederhana yang Bisa Dijankan dengan Modal Minim

usaha kuliner sederhana

Membuat usaha kuliner sederhana atau rumah tangga memang memiliki kesempatan yang besar untuk dapat bertahan di keadaan sekarang ataupun dimasa depan. Apalagi banyak sekali orang yang hobi  kulineran, baik dari anak-anak hingga orang dewasa. Belum lagi dengan jenis kuliner, mulai makanan ringan, minuman, sampai dengan makanan utama atau makanan berat dan harga yang tentunya bervariasi.

Karena hal tersebut, membuat sebagian besar pemula bisnis memilih bidang kuliner untuk dijadikan sebagai usahanya. Namun, masih ada juga yang merasa jika untuk memulai usaha pada bidang ini membutuhkan banyak modal. Padahal yang sebenarnya adalah ketika Anda ingin memiliki usaha dan kuliner menjadi pilihan, dana awalnya tidaklah harus besar.

Ide Usaha Kuliner Dengan Modal Minim

Perlu Anda diketahui, bahwa sebenarnya untuk memiliki usaha pada bidang kuliner, Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar dan dapat dikatakan bisnis kuliner itu sangat fleksibel, tergantung dengan jenis minuman atau makanan apa yang akan jual. Untuk lokasi, bisa memanfaatkan lahan yang ada di rumah, lalu mengenai pemilihan menu Anda dapat menjual makanan favorit. Namun, apabila masih belum menemukan ide, mungkin ide usaha kuliner dibawah ini dapat menginspirasi :

  • Roti bakar

Ide usaha yang satu ini juga banyak sekali peminatnya, karena selain modalnya yang sedikit Roti Bakar memiliki peluang berkembang yang cukup pesat. Untuk awalnya, mungkin Anda dapat mencoba membuat dengan beberapa varian rasa yang sekiranya bisa menarik minat konsumen. Rotinya sendiri, bebas saja. Bisa menggunakan roti Bandung atau roti tawar biasa.

Varian rasa yang bisa dijadikan isian juga banyak. Misal rasa milo, oreo, ovomaltine, keju mozzarella, cokelat, strawberry, blueberry, dan lain sebagainya. Lalu, tidak ada salahnya untuk memberikan penawaran jasa antar, selama jaraknya tidak terlalu jauh dari lokasi tempat Anda berjualan.

  • Salad buah

Berikutnya adalah membuka usaha salad buah. Bisnis kuliner yang satu ini juga sudah banyak pelakunya. Kebanyakan dari mereka memilih untuk menjual dengan cara per gram atau sesuai besar kecilnya wadah.

Biasanya wadah paling kecil berukuran 150 ml dan yang terbesar adalah 1 kg. Buah yang digunakan juga bervariasi, namun kebanyakan memang memilih buah dengan rasa dominan asam dipadu saus mayonaise dan parutan keju juga kental manis untuk toppingnya.

  • Minuman dingin

Minuman dingin ini lebih mengacu pada jenis minuman yang dibuat menggunakan blender dan diberi es batu. Jenis jajanan yang satu ini sangat disarankan karena banyak sekali peminatnya. Untuk minumannya, Anda bisa membeli jenis minuman saset (bungkus).

Banyak varian dari minuman saset ini, bisa susu, kopi susu (berbagai merek), pop ice, es teh, es jeruk dan lain sebagainya. Bisa dijual menggunakan plastik khusus yang biasanya digunakan untuk membuat es batu atau gelas plastik. Selain itu dapat juga ditambahkan dengan topping, seperti Boba, jelly, keju, cokelat chip dan lain sebagainya.

  • Gorengan

Gorengan adalah makanan favorit banyak orang, tidak ada yang tidak menyukai makan ini. Saat ini makanan jenis goreng-gorengan juga sudah banyak sekali jenisnya. Mulai dari yang klasik, misal bakwan, tempe mendoan, tahu isi, molen, tape goreng, singkong dan lainnya.

Sekarang Anda juga bisa memberikan inovasi baru, misalnya :

  • Jamur crispy dengan varian rasa, bisa balado, asin, keju dan lain-lain.
  • Cireng dengan isi cokelat, daging, sambal pedas, atau diberi topping yang menarik.
  • Ayam crispy yang dipotong tipis-tipis, lalu diberi beraneka rasa, misal pedas dengan level-level tertentu.
  • Jenis-jenis gorengan lain yang sekiranya dapat menarik minat banyak pelanggan.
  • Minuman jus

Ide usaha berikutnya adalah jus buah. Modal untuk bisnis ini tidak besar, Anda tidak perlu membeli buah di supermarket karena bisa dipastikan harganya akan lebih mahal. Jadi, lebih baik beli di pasar tradisional, selain harganya murah kualitasnya juga tidak kalah dengan supermarket.

Selain itu menjual minuman jus ini tidak harus selalu dikios, bisa saja Anda membuat dirumah, lalu dibungkus satu persatu menggunakan plastik es dan dijual di pasar atau di titipkan ke warung-warung disekitar rumah.

  • Aneka keripik

Nah, untuk usaha kuliner yang satu ini Anda bisa membuat sendiri atau membeli per kilo di pasar, lalu Anda bungkus sendiri dirumah dengan plastik atau dikemas menarik menggunakan toples. Penjualannya juga bisa dengan cara dititipkan ke warung atau angkringan.

Bisa juga dengan menjualnya secara online, namun jika ingin dijual online. Anda harus mengemas keripik-keripik tersebut dengan menarik agar banyak yang berminat untuk membeli. Karena banyak pembeli yang lebih dahulu melihat kemasannya dibanding rasa ketika berbelanja online.

Mana yang Menjadi Pilihan Anda

bisnis makanan

Bagaimana? Dari keenam rekomendasi diatas manakah yang menarik minat Anda untuk memulai usaha kuliner sederhana dengan modal minim. Hal terpenting sebelum Anda memulai sebuah usaha adalah rencanakan, siapkan modal, riset atau lakukan survei pasar, pastikan minat dan jangan pernah menyerah apabila usaha Anda belum sesukses yang lain.