Ide Usaha Rumahan Kreatif Modal Kecil

ide usaha rumahan

Usaha rumahan pada saat ini menjadi pilihan bagi masyarakat, apalagi bagi Anda yang memang tidak memiliki modal yang besar untuk menyewa tempat. Banyak sekali ide usaha rumahan kreatif yang bisa dijalankan, di mana walaupun tidak menghabiskan modal besar tapi peluang mendapatkan keuntungan berlipat sangatlah terbuka lebar. 

Ide Usaha Rumahan Kreatif dengan Modal Minim 

ide bisnis rumahan

Banyak usaha rumahan yang sukses bahkan bisa mencapai pasar internasional. Hal ini sendiri tidak banyak yang mengetahuinya, mengingat masih banyak yang beranggapan bahwa usaha ini tidak akan bisa profit. Tapi, jika Anda ingin memulai bisnis rumahan dengan modal kecil dan bidang kreatif, dapat melihat beberapa ide bisnis di bawah ini: 

  • Kreasi hantaran atau mahar pernikahan 

Usaha pertama yang bisa Anda jalankan di rumah adalah usaha untuk kreasi mahar atau hantaran yang saat ini sedang trend. Karena acara pernikahan adalah hal yang sakral dan istimewa, maka banyak sekali calon pengantin yang mencari hantaran yang cantik dan berbeda. Dengan adanya peluang inilah Anda bisa mencoba untuk memulai usaha kreatif untuk membuat hantaran. 

Anda yang memang mempunyai kemampuan untuk membuat kerajinan tangan dapat menjalankan bisnis ini dengan memulai membuat hiasan untuk kotak hantaran atau kotak cincin dengan berbagai desain. Untuk saat ini yang sedang trend adalah model rustic atau antik yang memang cocok dengan tema pernikahan yang kebanyakan digunakan. 

  • Jasa foto produk 

Bisnis modal kecil selanjutnya yang bisa Anda jalankan di rumah adalah jasa foto produk. Untuk membuka usaha ini sendiri Anda hanya perlu menunjukan kemampuan Anda dalam memfoto sebuah produk agar terlihat menarik. Banyak sekali yang membutuhkan jasa ini, apalagi Anda bisa mengerjakan di rumah tanpa harus pergi jauh. 

Anda tidak perlu memiliki sebuah studio besar, selama Anda dapat memotret dengan baik maka studio mini pun bisa memberikan hasil yang memuaskan. Paling utama saat Anda menjalankan bisnis ini adalah dengan memajang hasil portofolio. Hal ini sendiri akan membantu Anda untuk mendapatkan klien yang akan menggunakan jasa Anda. 

  • Make up 

Usaha rumahan selanjutnya yang juga cukup menjanjikan bahkan bisa memberikan keuntungan besar adalah make up. Jika Anda memang mempunyai kemampuan untuk merias wajah baik itu laki-laki dan perempuan, Anda bisa mulai memasarkan kemampuan Anda ini. Anda dapat membuka target pasar untuk make up pengantin, wisuda ataupun untuk acara-acara lain. 

Hal paling penting saat menjalankan bisnis make up ini adalah dengan menggunakan beberapa alat make up yang berkualitas. Selain itu juga Anda harus siap menerima kritik karena terkadang banyak pelanggan yang memiliki selera sendiri untuk merias wajah mereka. 

  • Content writer 

Usaha kreatif selanjutnya yang bisa Anda jalankan di rumah adalah menjadi seorang content writer. Di mana usaha yang satu ini sendiri sangatlah dibutuhkan karena banyak pengusaha yang membutuhkan marketing online dengan cara membuat artikel secara berkala untuk website mereka. 

Untuk menjalankan bisnis modal kecil ini, Anda hanya perlu menyediakan laptop atau komputer beserta dengan jaringan internet. Agar klien selalu puas dengan kinerja Anda, maka Anda harus mampu memberikan konten yang berkualitas yang selalu penuh inovasi. Hal ini sendiri akan membuat Anda selalu mendapatkan order dalam jumlah yang cukup banyak. 

  • Membuat souvenir 

Usaha rumahan yang juga mampu menghasilkan keuntungan besar, namun modal yang dibutuhkan tidaklah besar adalah dengan membuat souvenir. Di mana Anda bisa membuat souvenir untuk pernikahan ataupun untuk eceran. Jika Anda memiliki kemampuan untuk membuat berbagai souvenir, maka tidak ada salahnya untuk memulai usaha ini. 

  • Melukis henna 

Henna adalah salah satu jenis seni lukis tubuh yang saat ini sedang digandrungi, apalagi untuk para calon pengantin wanita yang ingin berpenampilan cantik pada saat acara pernikahan. Jika Anda mempunyai kemampuan melukis, maka tidak ada salahnya mencoba untuk membuka usaha henna ini. 

Apalagi trend melukis henna semakin banyak dicari dan modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Agar usaha dapat berjalan dengan lancar, maka ada baiknya Anda menggunakan bahan henna berkualitas yang tidak akan menimbulkan alergi pada kulit pelanggan. 

  • Desain grafis 

Bisnis modal kecil kreatif selanjutnya yang juga bisa Anda jalani adalah desain grafis. Kebutuhan desain grafis semakin hari semakin banyak, di mana Anda hanya membutuhkan modal laptop untuk bisa memulai bisnis ini. Banyak sekali perusahaan besar yang memberikan job desain untuk berbagai produk atau promosi. Hal tersebutlah yang dapat Anda manfaatkan untuk memulai usaha ini, apalagi jika Anda memang ahli dalam desain grafis. 

Itulah beberapa ide usaha rumahan kreatif yang sangat menjanjikan dan tidak menggunakan modal yang besar. Agar usaha ini berjalan dengan baik, hal paling penting adalah Anda selalu memberikan update portofolio yang jelas dan juga promosi menarik.