Ikuti 4 Cara Ini Agar Bisa Kuliah di Luar Negeri

Banyak orang merasa belajar di luar negeri susah dan sulit dicapai daripada dengan belajar di dalam negeri. Dari universitas Asia hingga Eropa, ada banyak destinasi studi di luar negeri yang dapat jadi pilihan untuk para mahasiswa. Setiap universitas mempunyai keunggulannya masing-masing dan tidak dapat dibandingkan dengan universitas lain.  

 

Universitas manapun yang Anda pilih, tentunya Anda perlu tahu cara terbaik untuk bisa menggapai impian Anda belajar di luar negeri. Tidak hanya hasil belajar yang harus bagus, tetapi ada cara lain yang dapat Anda terapkan supaya bisa belajar di universitas luar negeri sesuai impian. 

Alasan harus kuliah ke luar negeri 

Belajar di luar negeri adalah kebanggaan untuk mahasiswa. Banyak universitas di sana yang menawarkan berbagai program dan jurusan yang hanya dapat ditemukan di universitas tersebut. Walaupun demikian, masih banyak hal yang perlu Anda dipersiapkan untuk bisa berkuliah di sana tentunya hal tersebut menjadi tantangan untuk Anda. 

 

Sebelum Anda memutuskan untuk mengenyam pendidikan di luar negeri, ada sejumlah hal penting yang perlu diketahui. Misalnya, cara mendaftar studi di luar negeri dan perkiraan biaya kuliah yang wajib dibayarkan selama masa perkuliahan. Sebagai aturan umum, universitas mengenakan biaya kuliah yang berbeda tergantung pada program dan gelar yang ingin Anda tempuh. Lebih baik untuk meneliti beberapa universitas pilihan Anda sebelum memilih salah satu yang menurut Anda terbaik. 

 

Belajar di luar negeri akan memberi Anda lebih banyak kebebasan dan pengalaman, khususnya bila Anda dapat mendaftar di universitas yang paling favorit menurut siswa internasional, Anda akan dapat bertemu orang-orang dari seluruh dunia.

Tips Kuliah ke Luar Negeri 

  • Mencari beasiswa 

Beasiswa tampaknya masih menjadi incaran mahasiswa. Indonesia sendiri memiliki berbagai jenis beasiswa yang dapat dipilih oleh mahasiswa. Setiap jenis beasiswa mempunyai seperangkat persyaratan yang wajib Anda dipenuhi. 

 

Beasiswa yang paling banyak diminati yaitu beasiswa pemerintah baik dari pemerintah Indonesia atau luar negeri. Beasiswa yang diberikan pemerintah dalam negeri biasanya mencakup biaya kuliah, tiket pesawat pulang-pergi dan biaya hidup. Yang harus Anda ketahui yaitu hampir seluruh beasiswa dari pemerintah memerlukan sertifikat IELTS maupun TOEFL. 

 

Apabila Anda ingin mendapatkan beasiswa universitas, Anda harus lebih dulu diterima oleh universitas yang Anda tuju, karena Anda harus memiliki performa akademik yang bagus beserta dengan prestasi belajar nya juga sebelum universitas memberikan Anda beasiswa. 

 

Beasiswa lain yang dapat Anda pilih yaitu beasiswa swasta atau beasiswa sponsor. Biasanya sebagian perusahaan besar menawarkan beasiswa secara berkala dan tidak segan-segan memberikan dukungan finansial kepada mahasiswa terbaik di universitas nasional dan internasional. Periksa situs web sektor swasta untuk  mendapatkan beasiswa yang satu ini. 

 

Bila Anda mempunyai bakat seni atau olahraga khusus, Anda dapat menerima hibah budaya. Ini biasanya berbentuk tempat tinggal atau Anda dapat tinggal di asrama perguruan tinggi selama beberapa bulan.

  • Pertukaran pelajar 

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk bisa berkuliah di luar negeri yakni dengan mengikuti pertukaran pelajaran. Tetapi, dengan cara ini, Anda harus menunjukkan prestasi di sekolah atau kampus. layanan di kampus dan sekolah. 

 

Selain itu, Anda wajib aktif di berbagai organisasi, individualitas atau keterampilan khusus untuk membawa Anda pada kesempatan pertukaran pelajar ini. Hal tersebut menjadi bahan pertimbangan untuk menyeleksi siswa yang mengikuti pertukaran pelajar. Selanjutnya, Anda juga harus pintar di bidang akademik. Jika Anda sudah kuliah, IP rata-rata Anda wajib 3.0. Jika Anda merupakan siswa sekolah, maka wajib mempunyai nilai rapor 75%.

  • Summer course 

Pernahkah Anda mendengar tentang kursus musim panas? Nah, ini biasanya menjadi salah satu program yang diadakan oleh pihak swasta atau pemerintah untuk memberikan kesempatan kepada pelajar asing untuk merasakan kehidupan di negara lain. 

 

Program ini berlangsung dari 1 sampai 6 bulan dan didedikasikan untuk mempelajari detail negara, seperti budaya dan bahasa. Bahkan jika Anda tidak lulus, Anda akan menerima sertifikat yang menurut bisa sangat berguna saat mengajukan beasiswa. Jadi pengalaman yang tak terlupakan dan Anda bisa mencoba mengikuti program ini.

  • Menjadi volunteer 

Apakah Anda sering mengikuti program volunteer atau pernah menjadi volunteer disana? Bila iya, maka Anda dapat mengikuti program ini dan belajar ke luar negeri. Biasanya jika Anda mengikuti program ini Anda bisa dikirim ke luar negeri untuk terlibat dalam kegiatan sosial. Biasanya kegiatan tersebut meliputi pendidikan untuk siswa sekolah dasar, penelitian singkat dan penyuluhan. 

 

Partisipasi dalam program ini mungkin atas biaya Anda sendiri, termasuk biaya hidup  dan tiket pesawat untuk pergi ke negara tujuan Anda. Sehingga, bila Anda memang ingin mengikuti program ini, Anda harus mempersiapkan. Sertifikat yang Anda terima bisa sangat berguna saat Anda melamar pekerjaan atau mengikuti beasiswa. 

 

Demikianlah, beberapa cara untuk dapat berkuliah di luar negeri yang bisa Anda coba mulai saat ini.