Ingin Untung Meski Jualan di Depan Rumah? Yuk, Simak 7 Ide Usaha Rumahan Ini

bisnis depan rumah

Ide usaha tidak selalu bermodal besar, ada juga bisnis dengan modal kecil namun mendapatkan untung besar. Kabarnya, peluang usaha dengan modal kecil selalu dicari banyak orang. Hal tersebut karena usaha tersebut dinilai lebih tahan lama dan menjanjikan.

Salah satu ide usaha dengan modal kecil adalah usaha rumahan. Itu karena usaha tersebut mudah dijalankan dan tidak membutuhkan sewa tempat usaha. Anda hanya tinggal jualan di depan rumah, untung pun akan datang dengan sendirinya.

Nah, apa saja ide jualan di depan rumah yang menguntungkan? Yuk, simak 7 peluang usaha rumahan yang memungkinkan mendatangkan banyak keuntungan berikut ini. Namun, sebelumnya simak tips membangun usaha anti gagal ini.

Tips Membangun Usaha Rumahan Anti Gagal

Tentunya, setiap pelaku usaha tidak ingin usahanya gagal. Berbagai cara dilakukan supaya bisnis tersebut dapat mendapatkan keuntungan yang melimpah. 

Kabar gembira bagi Anda yang berniat merintis usaha rumahan, berikut akan disajikan tips membangun usaha rumahan anti gagal. Yuk, simak tips berikut ini dengan saksama.

  1. Tetapkan prioritas, artinya Anda harus menetapkan prioritas supaya usaha yang Anda rintis fokus dan dapat berkembang dengan pesat.
  2. Buat daftar apa saja yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha Anda.
  3. Susun perencanaan yang matang baik perencanan jangka pendek maupun jangka panjang. 
  4. Buat jaringan atau network untuk menarik pelanggan. Perlu diketahui, network dapat membantu Anda dalam mempromosikan usaha.
  5. Rajin melakukan promosi. Meskipun usaha yang Anda rintis masih dalam skala kecil, disarankan tetap melakukan promosi supaya usaha Anda dikenal banyak orang.

7 Ide Jualan di Depan Rumah yang Menguntungkan

Salah satu kunci utama dalam memilih usaha rumahan adalah pastikan usaha tersebut sesuai dengan bakat dan hobi Anda. Jika Anda memiliki bakat dan punya keahlian memasak, Anda dapat berjualan makanan dan minuman di depan rumah.

Tentunya, meski usaha Anda masih dalam skala kecil yaitu jualan di depan rumah. Namun, jika Anda tekuni dan usahakan dengan kerja keras, usaha tersebut akan menjadi besar dan menjanjikan.

Adapun ide jualan di depan rumah yang dinilai menguntungkan adalah sebagai berikut.

1. Jualan Jus dan Es Buah

Kabarnya ide jualan yang satu ini tidak terlalu mengeluarkan banyak modal, yaitu jualan jus dan es buah. Namun, jangan salah sangka meski modal kecil tetapi keuntungan yang didapatkan bisa berlimpah. 

Selain itu, jualan jus dan es buah juga tidak memakan banyak tempat. Anda tinggal menyiapkan meja panjang, blender , gelas dan termos. Jangan lupa, untuk selalu menyiapkan buah segar supaya jus dan es buah buatan Anda memiliki ciri khas tersendiri.

2. Jualan Gas Elpiji 3 KG

Bukan rahasia lagi, segala hal yang berkaitan dengan kebutuhan pokok memang tidak ada matinya. Hal tersebut terbukti dengan adanya kebutuhan gas elpiji yang selalu meningkat. Apalagi untuk gas elpiji berukuran 3 kg.

Tentunya, fenomena tersebut dapat Anda jadikan peluang usaha di rumah, yaitu jualan gas elpiji 3 kg di depan rumah Anda. Sebagai awalan supaya Anda tidak rugi, siapkan beberapa gas elpiji saja kurang lebih antara 10 – 20 gas. 

Jika dalam seminggu stok gas elpiji yang Anda sediakan tersebut habis dengan cepat, maka Anda harus mulai menyediakan banyak stok. Pastikan, kondisi gas elpiji tersebut selalu steril supaya tidak terjadi kebocoran gas.

3. Jualan Bensin Pertamini

Satu lagi kebutuhan masyarakat Indonesia yang tidak ada matinya, yaitu kebutuhan akan bensin. Hal tersebut dapat Anda jadikan peluang usaha, yaitu berjualan bahan bakar motor di depan rumah.

Kabar baiknya, penyedia bahan bakar di Indonesia, Pertamina memiliki program untuk bekerjasama dengan para pelaku usaha kecil dan menengah, yaitu jualan Pertamini. Tentunya, hal tersebut dapat dijadikan peluang bagi Anda untuk jualan bensin di depan rumah Anda.

Adapun modal yang dibutuhkan untuk membuka Pertamini sendiri adalah sebesar Rp5.000.000,00. Jadi, bagi Anda yang berniat jualan bensin di depan rumah, siapkan modal dan niat untuk membuka usaha tersebut.

4. Jualan Jajanan Pasar

Meski sudah memasuki zaman yang serba digital, ternyata jajanan pasar masih terus dicari oleh masyarakat. Pastinya, fenomena tersebut dapat Anda jadikan peluang usaha untuk berjualan jajanan pasar di depan rumah.

Sebagai awalan, Anda dapat membeli jajanan pasar di pasar pagi setiap harinya. Kemudian, jika peminatnya semakin banyak, Anda dapat membuat sendiri jajanan pasar tersebut. Tentunya, jika jajanan pasar yang Anda jual, buatan sendiri akan lebih mendatangkan keuntungan.

5. Jualan Pulsa dan Token Listrik

Siapa sih zaman sekarang yang tidak memakai smartphone dan token listrik? Tentunya, setiap orang menggunakan smartphone dan membutuhkan token listrik. Oleh karena itu, Anda dapat membuka usaha jualan pulsa dan token listrik di depan rumah.

Meski keuntungan yang Anda dapatkan dari jualan pulsa dan token listrik sedikit. Namun, suatu saat bisnis yang satu ini akan menjanjikan. Hal tersebut karena semakin hari, kebutuhan masyarakat akan pulsa dan token listrik semakin meningkat.

6. Jualan Thai Tea dan Boba

Tentunya, generasi milenial menggandrungi minuman yang satu ini, yaitu thai tea dan boba. Kabarnya, kedua minuman tersebut sampai dijadikan bisnis waralaba. Oleh karena itu, jangan sampai Anda melewatkan kesempatan itu. Anda juga bisa berjualan thai tea dan boba di depan rumah.

7. Jualan Nasi dan Lauk Pauknya

Bagi Anda yang memiliki bakat memasak, tentunya sayang untuk tidak dikembangkan. Anda dapat mulai merintis usaha dengan berjualan nasi dan lauk pauknya. Salah satu jualan nasi yang tidak ada matinya adalah jualan nasi uduk. Nah, Anda dapat menggunakan bakat memasak Anda dengan berjualan nasi uduk dan lauk pauknya. 

Tersebut adalh 7 ide jualan di depan rumah yang dinilai cukup menguntungkan dan menjanjikan. Memang di awal, keuntungan yang akan Anda dapatkan hanya sedikit, namun jika Anda menekuninya dengan sungguh-sungguh, keuntungan yang Anda dapat akan banyak. Mulailah berbisnis dari hal sekecil apapun supaya usaha Anda menjadi berkah.