Ini Dia Alasan Kenapa Surat Pengalaman Kerja Sangatlah Penting

surat lamaran kerja

Mengapa harus terdapat syarat pengalaman kerja saat Anda melamar kerja? Hal ini menjadi hal yang  dikhawatirkan oleh sebagian pekerja yang belum memiliki pengalaman kerja namun ingin melamar pekerjaan. Lalu, apa pentingnya surat pengalaman kerja? Nah, mari simak ulasan lengkapnya berikut ini! 

Mengetahui bidang yang pekerjaan yang Anda jalani sebelumnya

Anda yang sudah mencicipi dunia kerja yang sama dengan posisi pekerjaan yang nantikan akan Anda lamar dirasa sudah banyak memahami seluk beluk yang ada di bidang pekerjaan tersebut. Anda tahu apa yang tidak perlu dilakukan dan hal yang harus Anda lakukan. Sehingga Anda tidak akan merasa kesulitan untuk menyesuaikan diri ke perusahaan yang baru. 

Mempunyai soft skill

Soft skill adalah salah satu hal yang paling penting di dunia pekerjaan. Calon karyawan yang sudah pernah bekerja sebelumnya tentu saja sudah mempunyai soft skill yang diperlukan oleh perusahaan, misalnya bekerja sama dengan team, public speaking, berpikir kreatif dan sejenisnya. 

Membuktikan kemampuan 

Anda yang telah mempunyai pengalaman kerja akan dinilai sudah mempunyai keterampilan, pengetahuan, dan juga sikap mumpuni sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan dengan aturan yang sudah ditetapkan. 

Memperlihatkan komitmen untuk bekerja di bidang tersebut

Apabila Anda melamar pekerjaan di bidang yang sama dan juga mempunyai background pendidikan yang sesuai, otomatis Anda sudah membuktikan untuk berkomitmen ke dunia pekerjaan di bidang tersebut. 

Mampu menyelesaikan masalah 

Sebab sudah bergelut pada bidang yang Anda pilih ini, tentu saja Anda sudah banyak menghadapi masalah-masalah dan juga dianggap akan mudah untuk memecahkan masalah tersebut serta menemukan solusinya apabila tiba-tiba masalah ini muncul kembali. 

Fungsi surat pengalaman kerja 

Surat ini bisa membuktikan prestasi dan kinerja orang-orang di instansi atau perusahaan sebelumnya. Yang berbarti, surat ini memiliki peran penting untuk memajukan karir kita. 

Selain sebagai bukti prestasi kerja, surat ini pun merupakan salah satu syarat pembayaran Dana Bantuan Sosial yaitu BPJS Ketenagakerjaan. 

Tapi jangan khawatir. Jika Anda tidak mempunyai referensi kerja, kami dapat meminta referensi kerja. Tanpa  persyaratan ini, uang JHT karyawan tidak akan dibayarkan. Lalu, surat ini merupakan persyaratan wajib untuk mendaftar pada program beasiswa pemerintah untuk lembaga swasta. Jadi jika Anda memutuskan untuk keluar dari perusahaan atau instansi, perlu ingat juga untuk meminta surat pengalaman selama Anda bekerja.

Poin penting membuat surat pengalaman kerja 

Surat magang dikeluarkan oleh suatu instansi atau perusahaan dan menjelaskan status pekerjaan seseorang untuk jangka waktu tertentu. Sebagai aturan umum, surat kerja ini hanya tersedia untuk karyawan yang memiliki karir yang baik dan telah terlibat dalam kegiatan profesional selama lebih dari satu tahun. Di bawah ini terdapat poin-poin yang bisa Anda terapkan untuk membuat surat pengalaman kerja. 

  • Kop Surat 

Kop surat merupakan salah satu syarat terpenting untuk membuat surat resmi magang. Kop surat terdiri dari nama, alamat, logo, email, dan nomor telepon instansi atau perusahaan dan bertindak menjadi tanda pengenal instansi atau perusahaan. Kop surat ini biasanya diletakkan di awal surat.

  • Nama dan Nomor Induk Karyawan 

Penulis surat juga harus mencantumkan nama dan Nomor Induk Kepegawaian (NIK). NIK yaitu nomor unik berupa tanda pengenal pegawai resmi yang dibuat oleh perusahaan. 

  • Masa Kerja dan Jabatan Kerja 

Memperhitungkan masa kerja dari karyawan. Ingatlah untuk menyertakan judul pekerjaan dan hubungan struktural antara penulis surat magang dan karyawan. 

  • Kontribusi dan Keterampilan 

Surat pengalaman kerja ini tidak lengkap tanpa menjabarkan keterampilan dan prestasi karyawannya. Pastikan bahwa keterampilan yang dijelaskan dalam surat itu terkait dengan posisi yang akan diangkat karyawan di masa depan.

  • Stempel resmi 

Referensi kerja juga harus disertai dengan stempel yang fungsi nya itu untuk tanda persetujuan atas nama instansi atau perusahaan. Stempel yang sah dari perusahaan biasanya memakai warna dasar: tinta hitam, merah atau biru.

Contoh surat pengalaman kerja 

  1. SEMESTA RAYA 

Jl. Pelaut No. 19,  Pantai Indah, Jakarta Utara

Telepon : (021) 372982, Fax :(021) 729389

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

Nomor : 23/SPK-03/ELS/IX/2021

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Rara Dila

Jabatan : Human Resource Department 

Alamat : Jl. Pelaut No. 19,  Pantai Indah, Jakarta Utara

Menerangkan dengan sebenarnya bahwa: 

Nama : Dania Rosdiana

Jabatan : Sales Executive 

NIK : 37950248502087

Telah bekerja untuk PT Semesta Raya Semesta sejak tanggal 1 Februari 2015 hingga 13 September 2019 dengan jabatan terakhir sebagai Sales Executive. Selama menjadi karyawan kami, Saudari Hana Tania telah menunjukkan dedikasi tinggi terhadap pekerjaan dan berhasil mencapai target yang ditentukan setiap bulannya. 

 

Demikian surat ini kami buat dengan sebenarnya agar dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

 

Jakarta, 20 April 2021 

Human Resource Department

PT Semesta Raya,

Rara Dila