Ini Dia Cara Mudah Mengunduh CV lewat LinkedIn

LinkedIn merupakan jejaring media sosial profesional paling populer di seluruh dunia. Platform ini menjadi penghubung antara para profesional dengan pencari kerja seperti lulusan baru atau freshgraduate dan siapa pun yang sudah siap masuk ke dunia kerja. 

Para profesional pun sangat terbantu dengan adanya LinkedIn karena dapat membangun koneksi dengan kolega, mencari kandidat SDM yang baru, memperluas jaringan bisnis dan mendiskusikan ide-ide bisnis. Meski sudah berdiri sejak tahun 2002, LinkedIn masih menjadi platform terbaik dan terpercaya untuk mengembangkan karir seseorang.

Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh LinkedIn dan memudahkan bagi para pencari kerja maupun perusahaan yang ingin merekrut karyawan baru. Pengguna dapat dengan mudah mengunduh Curriculum Vitae (CV) atau resume melalui LinkedIn. Bagaimana caranya ? Simak penjelasannya di bawah ini !

Beginilah Caranya Mengunduh CV lewat LinkedIn

Umumnya curriculum vitae terdiri dari data diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, dan informasi penting lainnya. Sehingga CV dapat dikatakan sebagai salah satu hal yang cukup vital untuk menentukan bagaimana kualitas seseorang. Biasanya CV digunakan para perekrut atau HRD untuk menilai calon kandidat dan memutuskan layak atau tidaknya untuk lanjut ke tahap selanjutnya.  

Namun nyatanya masih banyak yang kebingungan bagaimana membuat CV yang baik sekaligus menarik. Tak sedikit yang akhirnya menggunakan jasa pembuatan CV. Padahal ada cara yang lebih mudah dan praktis untuk membuat CV atau resume. Jika Anda pengguna LinkedIn, perhatikan langkah-langkahnya berikut ini :

1. Login ke Akun LinkedIn

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu login ke akun LinkedIn yang sudah Anda buat sebelumnya. Namun Anda dapat menggunakan fitur unduh CV ini jika login melalui website. Karena untuk versi mobile masih belum tersedia.

2. Data Terisi Lengkap

Cek kembali data-data yang ada di profil LinkedIn Anda seperti pengalaman kerja, ringkasan, riwayat pendidikan, keahlian, sertifikasi dan pencapaian-pencapaian. Pastikan seluruh data tersebut sudah terisi lengkap karena inilah yang akan termuat ke dalam CV Anda secara otomatis.

3. Buka Profil LinkedIn

Langkah terakhir yaitu buka profil Anda dengan klik ikon “Saya” yang berada di sebelah kanan atas. Kemudian klik “Lihat Profil” lalu Anda akan berpindah ke lama profil LinkedIn Anda. Setelah itu klik “Lainnya” yang ada di sisi kanan foto profil Anda. Pilihlah menu “Simpan sebagai PDF”, curriculum vitae atau resume Anda sudah berhasil diunduh dengan format PDF. 

Hanya dengan melalui cara-cara di atas, Anda sudah dapat memiliki CV yang profesional meskipun desainnya simpel dan sederhana. Sebagai jejaring profesional,  LinkedIn sudah terbukti banyak kelebihannya dibandingkan platform lainnya. Bagi Anda yang belum mengetahui fitur-fitur menarik yang ada di LinkedIn, simak rangkuman berikut ini !

Fitur-fitur LinkedIn 

1. Skills & Endorsement

Fitur ini memungkinkan Anda untuk dapat meningkatkan traffic atau kunjungan profil. Anda dapat menuliskan semua skill yang dimiliki, sementara orang lain juga dapat memberikan testimoni (endorsement) bagaimana kualitas keahlian Anda tersebut. Sehingga profil Anda jadi lebih menarik dengan endorsement yang Anda dapatkan dari orang lain. Selain itu, LinkedIn Anda tampak lebih profesional sehingga banyak pengguna lain maupun perekrut yang semakin tertarik untuk menjalin hubungan dengan Anda. 

 

2. Pesan Intan

LinkedIn juga memiliki fitur pesan instan atau chat yang mirip dengan Facebook. Anda dapat dengan mudah memulai obrolan dengan klien, kolega, dan seluruh koneksi Anda, Tampilan fitur ini berupa widget yang dapat ditemukan di kanan bawah layar sehingga Anda tetap dapat menelusuri situs LinkedIn meskipun sambil berkirim pesan. Dalam fitur ini, Anda juga dapat berbagi file maupun gambar dengan mudah.

3. Simpan Pencarian

Seringkali para pengguna LinkedIn melakukan banyak pencarian pada pekerjaan atau pengguna lainnya. Nah, Anda dapat menyimpan pencarian tersebut sehingga akan memudahkan Anda jika sewaktu-waktu ingin kembali pada pencarian yang serupa. Setelah melakukan pencarian, Anda dapat klik “Save search” untuk menyimpannya, namun hanya ada 3 pencarian profil dan 10 pencarian pekerjaan yang dapat disimpan. Selain itu, dalam fitur ini juga memungkinkan Anda untuk mengatur pengingat pencarian secara mingguan maupun bulanan yang akan dikirimkan melalui email.

4. Unggah Media di Profil LinkedIn

Sebagai pencari kerja, Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk menambah nilai Anda di mata perekrut berupa foto, video, dokumen maupun link. Fitur ini dapat ditemukan di bagian experience, education, dan summary. Biasanya para fotografer dan desainer sangat terbantu dengan fitur unggah media karena dapat dijadikan sebagai sarana untuk memperlihatkan portofolio kepada para perekrut.

Selain fitur di atas, Anda dapat menikmati berbagai keunggulan LinkedIn lainnya melalui akun premium. Misalkan melihat perbandingan Anda dengan pelamar lainnya, mengirim pesan langsung ke perekrut, dan mempelajari serta meningkatkan skill.