Ini Dia Solusi Mudah ketika Lupa EFIN

Kode EFIN merupakan nomor identitas yang diluncurkan oleh Ditjen Pajak ke pihak wajib pajak yang digunakan untuk melakukan laporan SPT tahunan lewat transaksi online atau transaksi elektronik yakni e-Filing.

Menjadi salah satu dari beberapa kendaraan yang sering dihadapi oleh para wajib pajak ketika melakukan laporan SPT tahunan yaitu lupa dengan kode EFIN (Electronic Identification Number). Kondisi ini seringkali terjadi di masyarakat khususnya mereka yang wajib pajak.

Adapun batasan laporan SPT tahunan yang akan berakhir pada tanggal 31 Maret tiap tahunnya, kode EFIN pun juga dapat berfungsi sebagai keperluan registrasi pada aplikasi DJP online. Selain itu kode EFIN ini juga sering dipakai oleh para wajib pajak bila akan mereset email dan kata sandi mereka.

Bagaimana Bila Lupa EFIN?

Bagi Anda yang khawatir apabila lupa dengan EFIN, sebaiknya jangan cemas dulu karena pada artikel ini sengaja dirangkum mengenai cara untuk memperoleh kode EFIN yang sangat mungkin didapatkan lewat online.

Cara memperoleh kode EFIN melalui online ini, setidaknya tersedia empat cara untuk mendapatkannya. Nah, berikut rincian yang perlu Anda ketahui:

1.       Lewat akun Sosial Media KPP

Pihak wajib pajak bisa mengakses berbagai jenis media sosial milik Kantor Pelayanan Pajak atau KPP dari masing-masing pihak wajib pajak.

Selain itu Anda bisa mencari lewat akun sosial media lainnya seperti Twitter, Instagram, Facebook dari KPP setempat. Untuk penggunaan nama akun sosial media KPP pun biasanya seragam, hal ini untuk memudahkan para wajib pajak mendapatkan akun sosial media resmi milik KPP. Seperti Instagram dan Twitter.

Pada akun Instagram KPP pun, telah tersemat konten yang tersedia pada fitur “sorot” mengenai langkah-langkah terkait cara memperoleh kode EFIN kembali apabila lupa.

2.       Lewat chat pajak atau Aplikasi Twitter

Para wajib pajak pun juga dapat mengunjungi situs web pajak.go.id. Di halaman bagian sebelah bawah kanan website tersebut akan terlihat logo berupa “Chat Pajak”. Anda bisa langsung mengklik logo ini, kemudian menyampaikan keluhan dengan cara ditulis dan memberitahu bahwa Anda lupa dengan kode EFIN yang akan digunakan untuk pelaporan SPT tahunan secara online.

Pada prosesnya pihak petugas dari lembaga pajak sendiri nantinya akan langsung melayani Anda lewat fitur chat yang telah disediakan. Selain  menggunakan fitur chat pajak, ada juga cara lain yakni dengan langsung mengirim DM atau mention ke akun Twitter resmi milik KPP.

Nantinya Admin dari akun Twitter KPP ini akan memberi instruksi berikutnya untuk memperoleh lagi EFIN milik Anda.

3.       Mengirimkan e-mail resmi ke alamat KPP wajib pajak

Sesudah mengetahui kedua cara sebelum ini, para wajib pajak juga bisa melakukan permohonan layanan berupa lupa kode EFIN ke w-mail resmi KPP wajib pajak setempat. Nah, bagi Anda yang merupakan wajib pajak dan mengalami lupa akan kode EFIN, agar bisa mengajukan permohonan tersebut, ada beberapa dokumen atau berkas yang harus Anda sertakan, antara lain:

  •         Scan form permohonan untuk layanan lupa kode EFIN yang dapat diunduh melalui tautan
  •         Memastikan alamat e-mail dan nomor telepon yang dicantumkan ke dalam formulir masih dapat dihubungi atau aktif
  •         Foto Surat Keterangan Terdaftar atau kartu NPWP
  •         Foto kartu identitas seperti KTP untuk WNI dan KITAS/KITAB untuk WNA
  •         Swafoto para wajib pajak sambil memegang kartu NPWP dan KTP

Jika semua tahapan sudah dilakukan, kemudian pihak petugas akan langsung melakukan pengecekan terkait kevalidan data yang dikirim oleh para wajib pajak tersebut dengan database dari DJP. Bila data-data yang dikirimkan sudah sesuai dan tidak ada kekurangan dan kesalahan apapun, pihak petugas selanjutnya akan mengirimkan pemberitahuan kode baru EFIN yang dikemas dalam format PDF lewat pesan e-mail.

4.       Call center Kring Pajak

Setelah menyimak ketiga cara yang dijadikan sebagai solusi apabila wajib pajak lupa dengan kode EFIN mereka. Nah, adapun cara satu ini sekaligus menjadi cara terakhir untuk memperoleh kode EFIN Anda yang lupa yakni melalui layanan call center di Kring Pajak. Wajib pajak dapat memperoleh kembali kode yang lupa dengan langsung menghubungi call center dari Kring Pajak dengan nomor 1500200.

Sesaat sesudah melakukan panggilan ke layanan call center ini, Anda akan diminta oleh pihak call center untuk langsung mengkonfirmasi data diri serta menyebut nomor NPWP Anda. Bila semua data diri telah sesuai oleh data-data yang sudah tersimpan di dalam DJP, lalu pihak petugas akan memberi Anda kode EFIN yang baru.

Demikianlah beberapa solusi yang bisa Anda lakukan apabila lupa kode EFIN ketika akan melakukan berbagai macam urusan perpajakan, khususnya ketika akan melakukan pelaporan SPT tahunan secara online. Diharapkan informasi yang sudah disampaikan pada kesempatan ini dapat berguna bagi Anda.