Ini Fungsi Surat Kuasa dan Contohnya

Memiliki kepentingan diatas kepentingan lain bisa saja terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Sama halnya ketika terjadi sesuatu ketika ada keadaan dimana kamu harus melibatkan urusan pribadi sendiri yang begitu penting dengan orang lain.

Atau bisa saja saat sedang ada urusan penting namun, kamu harus segera menyelesaikan urusan lain yang jauh lebih penting, maka kamu harus mempercayakan urusan ini kepada orang yang kamu percaya agar bisa membantumu menyelesaikan urusan itu sendiri. Oleh sebab itu, kamu harus menggunakan surat kuasa agar tidak terjadi hal buruk yang tidak diharapkan. 

Pengertian Surat Kuasa

Untuk surat kuasa sendiri memiliki arti yakni surat yang isinya adalah pernyataan memberi kuasa atau suatu wewenang yang ditulis dan diberi oleh yang memiliki kuasa kepada pihak lain yang diberi kepercayaan atas kuasa tersebut. Bisa dikatakan bahwa fungsi dari surat kuasa sendiri merupakan surat yang memberikan bukti resmi dan sah dari pihak yang memberi kuasa kepada yang diberi berupa hak dan kewajiban yang diberikan sama saja seperti pemilik dari kuasa yang sebelum ini. Maka bisa menjalankan suatu tugas dan juga kewajiban yang sesuai dengan apa yang tertulis di dalam surat kuasa itu.

Dalam memberikan surat kuasa kepada pihak yang diberikan kuasa harus kepada seseorang yang memang sangat dipercaya dan bisa diandalkan. Selain itu, juga mampu memiliki tanggung jawab yang tinggi sesuai dengan apa yang dituliskan dalam isi surat kuasa tersebut.

Maka dari itu, orang yang menulis dan juga yang memberikan surat kuasa itu harus memberi informasi yang benar dan juga dalam kondisi yang sungguh-sungguh. Jadi, orang yang memberikan kuasa tidak bisa asal-asalan saja memberikan surat kuasa pada orang lain. Apalagi, isi dalam surat kuasa sendiri merupakan isi yang penting dan itu adalah bukti kuat dan yang sah.

Bahkan, surat kuasa sendiri sudah ada aturan tertulis dalam Pasal 1792 KUH Perdata yang memberikan aturan tentang memberikan surat kuasa ketika hal tersebut adalah hal yang disetujui dari orang yang memiliki kuasa atau orang yang memberikan kuasa tersebut agar ditindaklanjuti oleh yang diberikan kuasa dengan dasar nama penerima surat kuasa.

Tidak hanya itu saja, adapun jenis dari surat kuasa yang sudah dalam aturan oleh pasal 1793 KUHPerdata yang menjelaskan bahwa surat kuasa tentu saja bisa dibuat dengan cara akta umum, yakni akta dibawah tangan, surat, lisan, dan juga diam-diam sekalipun dengan memberikan kesimpulan sebagai suatu pelaksana kuasa dari yang memberikan kuasa.

Fungsi Surat Kuasa

Dalam surat kuasa tentu dibuat bukan tanpa alasan. Fungsi dari surat kuasa yakni bukti yang dinyatakan sah mengenai pemindahan tentang hak serta kewajiban dari yang memiliki kuasa kepada yang diberikan kuasa itu sendiri. Surat kuasa tersebut merupakan tanda dan bukti yang kuat yakni yang mendapatkan kuasa dapat menjalankan kewajiban dan melaksanakan tugas sebagaimana yang sesuai dengan isi dari surat kuasa yang sudah diberikan tersebut.

Contoh Surat Kuasa

Berikut ini adalah contoh mengenai surat kuasa perorangan yang bisa membantu kamu agar lebih paham tentang surat kuasa yang disertai dengan contoh yang jelas. Ayo simak dan perhatikan di bawah ini yuk!

SURAT KUASA KHUSUS

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama

Umur

Pekerjaan

Dengan ini mengaku dan menyatakan memberikan kuasa kepada:

1)

2) (nama advokat jika saja lebih dari satu orang)

Yang merupakan advokat/penasihat hukum yang berkantor di (tulis nama kantor hukum alamat dan nomor telepon)

Dalam hal baik sendiri-sendiri maupun bersama-sama:

KHUSUS

Untuk menjadi penasihat hukum saya dalam perkara: PIDANA

Sebagai: Penasihat Hukum Pemberi Kuasa

Untuk : mendampingi secara sah pelapor dalam melapor dugaan telah terjadinya 

tindak pidana penipuan (sesuaikan dengan tindak pidananya) yang dilakukan oleh seseorang bernama (nama terlapor), (pekerjaan terlapor), (alamat dari terlapor), dengan korban seseorang bernama (nama korban), (usia), (pekerjaan korban apa), (alamat milik korban)

Pada : (kepolisian kota atau di daerah apa)

Untuk itu pemegang kuasa ini diberikan wewenang untuk:

  1. Mewakili pemberi kuasa datang dan berbicara di muka pengadilan dimana perkata itu diperiksa, menghadap dan berbicara di depan pejabat pemerintah, membuat dan menandatangani surat yang diajukan sebagai bukti dan saksi menolak bukti-bukti dan saksi dalam keterangannya yang tidak benar, mengajukan permohonan, mengajukan perlawanan, menerima putusan dan upaya hukum lain yang baik dan berguna untuk memberikan kuasa dan juga dipersilakan menurut hukum acara.

Kemudian kepadanya diberikan pula hak substitusi sebagian atau seluruhnya kepada orang lain.

Penerima Kuasa

  1. (nama advokat penerima kuasa) (tempat, tanggal, tahun dibuat surat)

yang pemberi kuasa

 

materai 10000(nama pemberi kuasa)