Ini Lho Peran Pasar Modal yang Sangat Penting Bagi Perekonomian Nasional

peran pasar modal

Sebagian dari Anda yang menggeluti dunia saham mungkin telah mendengar tentang pasar modal. Pasar modal adalah pasar untuk banyak instrumen keuangan jangka panjang yang dapat diperdagangkan. Ada sejumlah produk dan produk investasi yang dapat diperjualbelikan di pasar modal. Yaitu, saham, obligasi, trust investasi, dan produk derivatif. 

 Selain itu, definisi hukum pasar modal di Undang-Undang Pasar Modal No. 8 Tahun 1995 adalah perdagangan efek, penawaran umum, perusahaan tercatat yang berhubungan dengan efek yang diterbitkan, dan kegiatan yang berkaitan dengan profesi dan lembaga terkait. persediaan. 

 Tahukah Anda jika peran pasar modal penting sekali untuk perekonomian negara? Pasar modal memiliki dua fungsi, satu sebagai sarana penghimpunan dana untuk sebuah perusahaan dan yang lainnya menjadi sarana investasi untuk masyarakat umum (investor). Untuk membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang peran dan fungsi pasar modal dalam perekonomian suatu negara, mari kita lihat gambaran lengkapnya. 

Pengertian dari pasar modal 

Secara umum, pasar modal bisa definisikan menjadi tempat pertemuan antar pihak yang memiliki dana lebih dan pihak yang memerlukan dana. Dalam tempat ini, yang dikenal dengan pasar modal, penjual (listed company) menjual barang dan produk keuangan ke pembeli (disebut investor). 

Pasar modal  menawarkan investor berbagai pilihan, termasuk tabungan bank, pembelian tanah, pembelian asuransi dan pembelian emas. Ini biasanya dipakai untuk alat keuangan jangka panjang yang memperdagangkan kewajiban atau saham, baik diterbitkan atau tidak. Oleh pemerintah, sektor publik atau sektor swasta.

Peran pasar modal 

Pasar modal memainkan beberapa peran penting dalam perekonomian negara. Lihat ulasannya berikut ini.

  • Menyediakan fasilitas perdagangan surat berharga dan saham lainnya untuk diperdagangkan. Investor, dalam hal ini masyarakat, ditawarkan kesempatan untuk memperoleh keuntungan. 
  • pasar modal menawarkan kesempatan untuk perusahaan agar memenuhi tuntutan pemilik saham dengan stabilitas harga sekuritas yang teratur dan kebijakan dividen . 
  • pasar modal juga menawarkan kesempatan ke investor agar menjual kembali sekuritas dan saham lainnya. 
  • pasar modal menawarkan kesempatan ke masyarakat umum untuk ikut dalam pembangunan dan kemajuan ekonomi. Masyarakat umum pun memiliki kesempatan ini sehingga dapat mempertimbangkan cara-cara alternatif untuk mengelola uang mereka.  
  • Pasar modal pun meminimalisir biaya perdagangan dan informasi sekuritas. Ini adalah informasi penting bagi investor karena mereka membutuhkan informasi yang akurat dan bisa diandalkan untuk berinvestasi. 
  • Menawarkan peluang usaha untuk menghimpun dana dari pihak lain untuk proses perluasan usaha atau perluasan usaha. 
  • Menawarkan kesempatan kepada pemilik surat berharga untuk memperoleh likuiditas dengan menjual surat berharganya ke pihak lain.

Fungsi pasar modal 

Pasar modal secara umum

Sejumlah fungsi pasar modal yang umum dan harus Anda ketahui seperti berikut ini. 

  1. Peningkatan modal tenaga kerja emiten atau perusahaan yang memerlukan tambahan pembiayaan.
  2. Pemerataan pendapatan sebab dapat meningkatkan pendapatan atau pemasukan masyarakat umum. 
  3. Sarana atau media baru untuk kapasitas produksi perusahaan.
  4. Sarana untuk menciptakan lapangan kerja.
  5. Wadah agar bisa meningkatkan pendapatan nasional.
  6. Menjadi parameter ekonomi negara.

Pasar modal secara ekonomi 

Berikut ini adalah fungsi-fungsi pasar modal dalam perspektif ekonomi. 

  1. Menawarkan kesempatan langsung bagi investor untuk  berpartisipasi dalam pengembalian investasi.
  2. Mempromosikan penggalangan dua pihak, investor dan pihak yang memerlukan dana. 
  3. Menawarkan kesempatan ke publik atau pengusaha umum untuk memperoleh modal tambahan agar dapat menstabilkan likuiditas perusahaan melalui penjualan surat utang yang berbentuk surat berharga atau obligasi pada IPO.
  4. Menawarkan kemudahan bagi perusahaan untuk mengembangkan usahanya. 

Pasar modal dari perspektif finansial 

Anda perlu mengetahui sejumlah fungsi pasar modal dari perspektif finansial.  

  1. Sebagai sarana bagi hasil. 
  2. Sebagai wadah bagi perusahaan atau pelaku ekonomi untuk memperoleh tambahan modal atau modal baru. 
  3. Perolehan modal meningkatkan  produktivitas dan meningkatkan perusahaan.
  4. Menciptakan lapangan kerja. 
  5.  Meningkatkan  pajak  pemerintah.

Jenis pasar modal 

  • Pasar primer 

Pasar primer ini adalah tempat bagi emiten (penjual) untuk terlebih dahulu menawarkan saham kepada investor (pembeli) selama jangka waktu yang ditentukan oleh emiten (emiten). Ini biasanya terjadi dalam waktu 6 hari kerja setelah perdagangan saham di pasar sekunder. 

Pihak emiten (pembeli) menentukan harga saham dengan manajer utama dengan analisis fundamental. Transaksi di pasar perdana diproses oleh pembeli unit (investor) yang melakukan pemesanan lewat lead manager.

  • Pasar sekunder

Merupakan tempat jual beli berbagai surat berharga yang sudah melampaui masa penawaran 70 hari atau lebih di pasar perdana.

  • Pasar paralel

Merupakan sejenis pasar modal pelengkap dan tidak tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Misalnya, transaksi dilakukan di kantor pialang dan diawasi OJK.

Manfaat dari pasar modal 

Menjadi salah satu sumber pendanaan (jangka panjang) bagi perekonomian dan juga  bisa menjadi wadah alokasi dana yang optimal. Memberikan investor alat investasi yang cukup untuk membuat diversifikasi menjadi sangat mudah. Investasi alternatif untuk mengembangkan peluang pendapatan dengan risiko yang diperkirakan. Menjadi penyedia utama indikator pembangunan ekonomi di negara. Perluasan kepemilikan perusahaan ke kelas menengah.

Demikian ulasan tentang peran dan fungsi pasar modal dalam perekonomian Indonesia. Semoga informasi tentang peran dan fungsi pasar modal bisa membantu Anda.