Ini Prosedur Agar Pengajuan Kredit Motor Disetujui

Untitled design

Kredit motor seken menjadi opsi orang-orang yang ingin mempunyai sepeda motor namun tidak memiliki cukup uang untuk beli motor baru. Kredit sepeda motor ini ditujukan untuk pembelian dan penjualan sepeda motor seken dengan cara mencicil atau mencicil. 

Pinjaman ini biasanya dilakukan melalui bank atau perusahaan leasing. Pemohon dapat mengajukan kredit motor seken dengan harga cicilan yang lebih rendah dari kredit motor baru. Alasan memilih pembiayaan sepeda seken jauh lebih murah sebab harga sepeda bekas baru turun atau turun. Kondisi ini umumnya menurunkan harga  sepeda motor. 

Anda juga perlu berhati-hati dengan asuransi sepeda motor Anda agar tidak rugi jika menanggung risiko. Rata-rata biaya penyusutan sepeda motor  mengalami penurunan antara 20% sampai 30% per tahun. Misalnya, jika Anda membeli Honda Beat CW  2018 seharga Rp13,5 juta, harganya dapat turun mencapai Rp 10,8 juta di tahun 2019. Harganya turun sekitar 2,7 juta rupiah. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang topik ini dan cara mengajukannya, Anda harus terlebih dahulu mengetahui apa itu kredit sepeda motor.

Apa itu kredit motor? 

Kredit sepeda motor yaitu fasilitas pinjaman atau kredit untuk pembiayaan pembelian sepeda motor, pinjaman dibayar dari pendapatan pemohon, baik secara individu maupun melalui agen dengan jumlah maksimum sampai nominal tertentu dan jaminan BPKB motor yang Anda beli. 

 

Pelanggan yang mengajukan kredit sepeda motor wajib membayar bunga atau biaya sendiri selain dana pinjaman untuk membeli sepeda motor. Suku bunga pinjaman masing-masing bank  tergantung pada kontrak dan terdapat sejumlah faktor lain misalnya jenis sepeda motor, posisi keuangan dan prospek riwayat pinjaman (iDeb). 

Yang perlu Anda ketahui yaitu, iDeb ini biasanya dipakai oleh lembaga keuangan untuk mengetahui apakah aplikasi pinjaman telah disetujui atau ditolak.  iDeb memiliki skor, yang merupakan ukuran kualitas kredit peminjamnya. Skor yang baik merupakan peluang besar bagi seseorang untuk mendapatkan pinjaman nantinya. Jika skor Anda buruk sementara itu, jangan berharap aplikasi pinjaman berhasil.

Kualitas nilai ini bergantung pada seberapa lancar peminjam membayar cicilan. Jika lancar, skor kredit Anda bagus. Jika macet, pasti nya kredit macet dan dapat menyulitkan Anda untuk mendapatkan pinjaman. 

Nah, jika sebelumnya Anda telah mengajukan pinjaman, kartu kredit, KTA, KMG, KPR atau produk keuangan lainnya, Anda biasanya mendapatkan iDeb. Selama ini apa yang dimaksud dengan kredit sepeda motor dan hal-hal pokok yang harus dipenuhi oleh seorang debitur? Sekarang mari kita lanjutkan ke pembahasan selanjutnya!

Jenis-jenis dan merek motor favorit 2021 

Sebelum Anda mengambil kredit sepeda motor, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu jenis motor yang biasa dipilih untuk mengambil kredit. Tentunya sebelum Anda mengajukan pinjaman sepeda, Anda perlu mengetahui sepeda mana yang ingin Anda beli. 

Pasalnya, ada banyak merek dan tipe sepeda motor yang ada saat ini semakin banyak dijual. Dengan mengetahui tipe sepeda motor, konsumen mengetahui spesifikasi sepeda motor yang juga dimaksudkan untuk dibeli secara kredit.

  • Motor matic 

Motor matic mempunyai transmisi yang membuat pengendaranya mudah sekali untuk menggunakannya. Sebab, tidak perlu heran lagi apabila motor tipe ini mempunyai banyak jenis saat ini dan menjadi motor terfavorit di kalangan masyarakat. 

Banyak orang-orang yang mengambil kredit motor matic. Karena, harga nya masih bisa dijangkau dan tipe motor ini tergolong kendaraan yang praktis digunakan. Motor matic dari Honda, Yamaha, Piaggio, dan Suzuki ini dibanderol mulai dari Rp 13 juta sampai Rp 30 juta. 

  • Motor Bebek 

Motor bebek yang saat ini banyak dipakai masyarakat biasanya. Sebab itu, tipe motor yang satu ini masih terbilang populer dan masih diminati oleh masyarakat. Body dari motor bebek ini didesain secara modern, yang mempunyai banyak fitur mesin dan varian warnanya. 

Sepeda motor bebek terkena; kenal hemat bahan bakar. Volume silinder berkisar dari 110cc sampai 120cc. Pabrikan yang menjual sepeda motor di Indonesia adalah, Suzuki, Yamaha, Suzuki dan Honda. Setiap pabrikan merilis  seri dan tipe yang berbeda. Sepeda motor bebek lebih murah dari sepeda motor sport dan sama dengan sepeda motor biasa puluhan juta rupiah. 

Cara kredit motor agar disetujui

Secara umum, tawaran kredit motor sekarang ini wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut: 

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) dan Penduduk Indonesia. 
  2. Usia minimal 21 tahun, maksimal 55 tahun (pada saat pelunasan pinjaman). Saya memiliki.
  3. Pekerjaan dan pendapatan bulanan tetap  (kebijakan bervariasi menurut wilayah). \

Dokumen umum yang harus dilengkapi 

  1. Fotokopi KTP 
  2. Fotokopi KK 
  3. Bukti rekening dalam 3 bulan terakhir atau slip gaji
  4. Bukti pembayaran telepon atau rekening listrik dalam 3 bulan terakhir 
  5. Membayar DP 20% atau 30% 
  6. Maksimal usia 55 tahun ketika kredit lunas.