Ini Tips Sebelum Memutuskan Beli Asuransi untuk Mobil Bekas

tips memilih asuransi

Terdapat banyak sekali pertimbangan agar orang beli mobil seken. Tentu saja, mobil seken lebih murah daripada yang baru. Terlebih jika orang tersebut lebih memilih merek atau tipe mobil tertentu yang telah tidak diproduksi di pasaran lagi. Kedua hal yang satu ini sebagai faktor utama untuk siapa saja yang memutuskan untuk membeli mobil seken dalam kondisi apapun. 

Anda dapat menghemat pembelian, tetapi perlu diingat jika mempunyai mobil tidak hanya untuk penggunaan sehari-hari. Di sisi lain, mobil bekas mahal untuk diperbaiki. Pasalnya, mobil seken ini telah lama digunakan dan performanya menurun. Tentunya selama ini mobil bekas mengalami banyak masalah. 

Belum lagi ada banyak risiko yang mungkin Anda hadapi. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi siapa pun yang ingin membeli mobil seken memiliki asuransi mobil. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda tidak bingung saat memilih asuransi yang bagus untuk mobil seken Anda.

Sesuaikan dengan keadaan kendaraan 

Sama dengan mobil baru, Anda dapat memilih mobil bekas lengkap atau Total Loss Only (TLO). Namun, secara tertulis, menjadi lebih sulit untuk menentukan asuransi mana yang cocok untuk mobil bekas. Mobil bekas memiliki risiko lebih tinggi karena mesin dalam kondisi buruk. Mobil bekas lebih mungkin menjadi korban kejahatan, terutama pencurian, sebab lebih mudah dijual daripada yang baru. 

Untuk memilih jenis asuransi yang bagus, Anda perlu perhatikan usia mobil. Apabila mobil seken Anda berusia kurang dari 5 tahun, Anda harus memilih asuransi yang sepenuhnya komprehensif untuk mengurangi biaya perbaikan. Kerusakan sekecil apapun seringkali mengharuskan mobil dibawa ke bengkel bila cukup kuat. Isi tas Anda cukup habis. 

Jika mobil seken Anda berusia lebih dari 5 tahun, Anda dapat beralih ke TLO. Apa saja tipe asuransi yang Anda gunakan, harus ingat untuk menambahkan pertanggungan yang diperpanjang. Seperti bencana alam, banjir sampai pertanggungan pihak ketiga.

Depresiasi kendaraan 

Mobil merupakan aset yang dapat disusutkan atau diamortisasi secara signifikan. Padahal, menentukan kendaraan yang telah berusia tua dari lima tahun dapat menghemat uang Anda dan menggunakannya untuk keperluan lain. Namun, tidak mudah mempunyai mobil yang sudah berusia lebih dari lima tahun. Perlu diingat bahwa jarak tempuh dan kekuatan berpengaruh signifikan terhadap keadaan kendaraan. 

Namun, ketika membeli mobil seken, Anda perlu perhatikan kualitas dari mesin mobil. Jangan terkecoh dengan tampilan luar dari mobil yang mulus. Biasanya seseorang  memoles kendaraan tersebut secara menyeluruh sebelum menjualnya dengan harga yang sangat tinggi. Sayangnya, jika kendaraan ternyata berusia lebih dari 15 tahun, ini bisa merepotkan pembeli, yang mengakibatkan penurunan mesin yang signifikan.

Kelengkapan dokumen 

Tidak dari mesin dan kondisi fisik mobil saja yang perlu Anda waspadai. Mobil seken  lebih ekonomis. Namun sebagai ciri yang perlu diperhatikan, mobil wajib dilengkapi dengan dokumen lengkap. Ini dijamin oleh pemilik baru. Keutuhan dokumen tersebut pun bisa  membantu Anda untuk mengasuransikan mobil Anda nantinya. Anda juga perlu memastikan bahwa seluruh dokumentasi lengkap dan data dimasukkan dengan benar. 

Dokumen pertama yang wajib diperhatikan yaitu Buku Pemilik Kendaraan Bermotor  (BPKB). BPKB merupakan surat yang menunjukkan kepemilikan yang sah atas kendaraan tersebut. Tanpa BPKB, mobil yang dibeli bisa dicuri dan dijual kembali. Lalu, Anda pun perlu mencocokkan data di STNK dengan mobil seken yang ingin Anda beli. 

Dan Anda perlu merujuk ke lembar pajak untuk waktu pembayaran pajak kendaraan. Anda juga perlu memverifikasi faktur menjadi bukti pembelian yang diberikan oleh produsen kepada dealer saat Anda menerima perangkat. Anda dapat menggunakan faktur ini untuk menentukan apakah Anda membeli mobil ini secara langsung atau bekas. 

Meskipun mobil seken yang dibeli tidak memiliki invoice, Anda dapat mengembalikannya dengan menyerahkan surat keterangan polisi yang hilang kepada Agen Pemegang Merek (APM) terkait. Selanjutnya, Anda wajib menyimpan materai Rp6.000 menjadi bukti transaksi pembelian mobil seken . Pastikan kwitansi ditandatangani oleh pemilik mobil sesuai  BPKB. Dengan kwitansi ini, Anda dapat duduk dan bersantai ketika Anda perlu mentransfer nama Anda.

Pindahkan nama polis asuransi 

Apabila Anda ingin beli mobil seken yang masih pada masa cicilan. Hal pertama yang wajib dilakukan yaitu mengganti nama polis asuransi Anda. Asuransi kendaraan yang dibeli dengan kredit biasanya dijual satu paket. Untuk melakukan ini, perusahaan asuransi perlu mengetahui semua aktivitas yang terkait dengan mobil. Anda perlu melakukan ini untuk menjaga mobil Anda tetap aman. 

Oleh karena itu,  apabila kendaraan yang Anda miliki berisiko, Anda, pemilik baru, dapat mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi yang bertanggung jawab. Sebaliknya, apabila aktivitas jual beli tidak dilaporkan ke perusahaan, maka perusahaan asuransi tidak berkewajiban untuk mengajukan klaim atas kerusakan mobil. Ini sepenuhnya termasuk dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI), yang merupakan peraturan resmi dari badan pengawas.