Inilah 6 Cara Membagi Keuangan Bulanan

bagi keuangan bulanan

Banyak orang yang menunggu akhir bulan sebab hari mendekati waktu untuk menerima gaji mereka. Apa yang biasanya Anda lakukan setelah menerima gaji? Apakah Anda ingin berburu barang di online shop? Atau apakah Anda akan menggunakannya untuk makan mewah? Apakah lalu saldo Anda hampir habis? 

Jika ini terus berlanjut, kita  selalu merasa kehabisan uang sampai gajian berikutnya bulan depan. Hal ini juga membuat tabungan dan investasi jangka panjang menjadi sulit. Seberapa baik itu? Jangan lakukan Broncos setiap bulan. Simak ulasannya di bawah ini. 

Untuk berinvestasi dan menabung dalam jangka panjang, Anda perlu mengamankan sebagian dari gaji bulanan Anda. Untuk melakukan hal ini, Anda memerlukan cara untuk mengelola keuangan Anda dengan baik. Anda juga bisa membuat anggaran untuk memprioritaskan pengeluaran Anda. Berikut adalah beberapa tips tentang cara mengelola keuangan Anda. 

Catat seluruh pemasukan dan pengeluaran

Tulis seluruh pendapatan yang Anda terima per bulannya, termasuk gaji dan pendapatan tambahan yang Anda terima secara rutin setiap bulan. Ingatlah untuk menulis pengeluaran Anda secara rinci juga. Catatan ini penting sekali untuk mengetahui perginya uang Anda setiap bulan. 

Cara ini bisa digunakan oleh seluruh keluarga untuk mengatur anggaran rumah tangganya. Jika Anda tidak ingin menulisnya di buku, Anda sebenarnya dapat memakai aplikasi note di ponsel Anda. Hal ini sangat penting sebab nantinya, Anda bisa mengetahui dari mana sumber “kebocoran” gaji tersebut. 

Buat anggaran 

Setelah Anda mengetahui pengeluaran dan penghasilan bulanan Anda, buatlah anggaran untuk kebutuhan Anda. Jangan melebihi anggaran bulanan Anda. Menetapkan anggaran ini akan membantu meminimalisir pengeluaran yang dirasa berlebihan. Anda bisa mengalokasikan dana pada presentasi berikut ini untuk menemukan anggaran bulanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • 10% untuk biaya harian. 
  • 10% untuk menabung. 
  • 30% untuk membayar hutang atau cicilan yang kamu miliki. 
  • Alokasikan 50% gaji Anda untuk kebutuhan pokok. 

Persentase tersebut hanyalah contoh saja, Anda bisa menentukan persentase yang sesuai kebutuhan. Cara ini bisa Anda lakukan untuk mengelola keuangan rumah tangga juga, lho. 

Bedakan keinginan dan kebutuhan 

Salah satu cara mengelola keuangan pribadi yaitu dengan bisa memahami antara keinginan dan kebutuhan. Kebutuhan itu penting dan digunakan untuk kehidupan kita sehari-hari. Ingatlah untuk bertanya pada diri sendiri saat membeli. Apakah Anda membutuhkan item atau hanya apa yang Anda butuhkan? 

Mampu membedakan  kebutuhan dan keinginan akan membantu Anda mengatur keuangan dengan lebih baik. Jika Anda tidak memenuhi kebutuhan Anda, jangan membeli apa yang tidak Anda butuhkan.

Membuat daftar belanja 

Sebelum belanja bulanan, pastikan Anda membuat daftar nya terlebih dahulu, mana kebutuhan pokok yang Anda butuhkan dan ingin beli. Bawa daftar tersebut saat berbelanja dan jangan membeli apapun dari daftar tersebut. Saya tidak ingin membeli sesuatu yang tidak ada dalam daftar. 

Jika Anda memiliki barang lain untuk dibeli dari luar daftar dan Anda harus memastikan jika barang tersebut benar-benar dibutuhkan dan Anda masih memiliki anggaran harian untuk barang-barang tersebut. Dengan cara ini, Anda bisa mengatur pengeluaran supaya tidak melebihi anggaran yang telah ditentukan. 

Bijak saat menggunakan kartu kredit

Apabila Anda mempunyai kartu kredit, pakailah dengan benar dan bijak. Anda harus memperhatikan jumlah uang yang telah digunakan supaya menghindari Anda dari tagihan yang melonjak setiap bulannya. Usahakan untuk langsung membayar tagihan tersebut saat Anda sudah menerima gaji. Hal ini harus Anda lakukan agar tidak malas membayar tagihan yang akhirnya Anda harus membayar denda nya juga membuat uang yang dikeluarkan semakin banyak. 

Tetapkan tujuan 

Jika Anda memiliki tujuan yang ingin Anda capai, Anda bisa lebih konsisten dan berkomitmen. Tetapkan  tujuan keuangan yang Anda ingin capai. Tujuan ini dapat berbentuk tujuan jangka pendek, tujuan jangka menengah, atau tujuan jangka panjang. Anda dapat menetapkan tujuan apapun yang Anda suka. Seperti, Anda ingin menyimpan uang, Anda memiliki dana darurat, Anda ingin menyimpan uang untuk membayar uang muka rumah Anda, dan sebagainya. 

Mempunyai tujuan yang jelas membuat Anda tetap termotivasi. Ini juga akan membantu Anda menghindari pengeluaran uang untuk sebuah hal yang tidak benar-benar Anda butuhkan. Gaya hidup dan niat setiap orang berbeda-beda, sehingga tips di atas dapat dikembangkan dan disesuaikan dengan keperluan dan kemampuan Anda. Ya, Anda bisa  mencari penghasilan tambahan jika diperlukan. Pengaturan keuangan yang baik bisa membantu Anda tetap bijaksana menikmati hasil usaha Anda.

Nah, itu tadi beberapa cara membagi keuangan bulanan yang bisa Anda terapkan mulai sekarang demi hidup dengan nyaman dan tenang tanpa ada nya hutang yang terus menumpuk. Selamat mencoba!