Insecure dengan Biaya Administrasi Bank? Inilah 7 Produk Bank Tanpa Potongan Administrasi Bulanan

potongan administrasi bank

Bukan rahasia lagi, saat ini produk perbankan yang banyak diminati masyarakat adalah produk bank tanpa potongan administrasi bulanan. Salah satu produk bank yang tanpa biaya administrasi adalah tabungan atau sejenis simpanan di bank. 

Tentunya, tidak semua bank menawarkan produk tabungan tanpa potongan biaya administrasi bulanan. Berikut dijelaskan beberapa produk bank tanpa potongan administrasi bulanan. Namun, sebelumnya, ketahui terlebih dahulu tujuan menabung di bank.

Tujuan Menabung di Bank yang Perlu Anda Pahami

Seperti halnya hidup, menabung di bank juga memiliki tujuan. Salah satu tujuan menabung di bank adalah untuk investasi di masa depan. Adapun tujuan lainnya menabung di bank adalah sebagai berikut.

  1. Untuk menyimpan dana supaya penghasilan tidak habis begitu saja.
  2. Sebagai dana darurat atau uang untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu dibutuhkan.
  3. Sebagai alat pembelajaran untuk hidup berhemat dan terhindar dari gaya hidup konsumtif.
  4. Untuk mendapatkan kebebasan finansial di masa depan.
  5. Menghindarkan kita dari kebiasaan buruk, yaitu berhutang.

7 Produk Bank Tanpa Potongan Administrasi Bulanan

Memang, menabung di bank ada yang dikenakan biaya administrasinya di setiap bulannya. Adanya potongan biaya administrasi tersebut membuat beberapa orang insecure. Hal tersebut karena kemungkinan besar, saldo tabungan bukan semakin bertambah, melainkan semakin berkurang.

Namun, saat ini Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa produk bank tanpa potongan administrasi bulanan. Adapun produk bank tersebut adalah sebagai berikut.

1. TabunganKu

Perlu diketahui, setiap bank di Indonesia baik bank umum swasta maupun yang dikelola BUMN, memiliki jenis tabungan yang satu ini, yaitu TabunganKU. Hal tersebut karena TabunganKu merupakan tabungan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat.

Selain bebas potongan administrasi setiap bulannya, TabunganKU juga memiliki keunggulannya lainnya, sebagai berikut.

  • Bebas biaya pergantian buku dan penarikan uang di ATM.
  • Saldo awal disetor Rp20.000,00. Kemudian, setoran selanjutnya Rp10.000,00.
  • Ada bunga yang kompetitif atau program bagi hasil untuk bank syariah.

2. Tabungan Cermat Ponsel BTN

Sesuai dengan namanya, tabungan Cermat Ponsel BTN ini merupakan jenis tabungan berbasis ponsel. Artinya, tabungan ini tidak mencetak buku tabungan. Tujuan dari tabungan Cermat Ponsel BTN ini untuk masyarakat yang berpenghasilan minim.

Selain bebas potongan biaya bulanan, tabungan Cermat Ponsel BTN juga bebas setoran selanjutnya. Artinya, Anda bisa menyetor uang berapapun nominalnya. Namun, setoran awal untuk tabungan ini adalah Rp3.000.000,00.

3. Saving Plus Standard Chartered

Satu lagi bank swasta yang menawarkan produk tabungan tanpa biaya administrasi, yaitu Saving Plus Standard Chartered. Adapun keunggulan lainnya dari tabungan ini adalah bebas biaya tarik tunai, cek saldo sampai dengan transfer antar bank di seluruh jaringan ATM bersama.

4. PermataME

Bank Permata merupakan salah satu bank swasta dengan aset perbankan terbesar. Tidak heran, jika Bank Permata selalu memberikan pelayanan perbankan terbaik kepada nasabahnya. Salah satu produknya yang menguntungkan dan memberikan layanan gratis potongan administrasi adalah PermataME.

Adapun keunggulan lainnya dari tabungan PermataME adalah sebagai berikut.

  • Bebas biaya administrasi per bulan untuk fasilitas kartu debit dan transfer secara online.
  • Bebas biaya tarik tunai dengan ketentuan, tarik tunai di jaringan ATM bersama, ALTO, Prima, Plus atau Visa.
  • Bebas melakukan setoran awal tanpa dikenakan setoran minimum. Selain itu, PermataME juga tidak memotong saldo ditahan.

5. Tabungan Woman One BII

Sesuai dengan namanya, yaitu Tabungan Woman One dari BII, tabungan ini dibuat khusus bagi para wanita. Salah satu keuntungan dari Tabungan Woman One BII adalah bebas potongan administrasi setiap bulannya. Adapun ketentuan menabung di tabungan ini adalah sebagai berikut.

  • Setoran awal : Rp2.500.000,00, dengan ketentuan setoran selanjutnya adalah Rp50.000,00.
  • Saldo minimum Rp2.000.000,00. Adapun saldo ditahan Rp50.000,00.
  • Jika saldo rekening Anda di bawah saldo minimum, maka tabungan Anda akan dikenakan potongan administrasi setiap bulannya.

6. Tabungan OCTO Savers CIMB Niaga

Tidak mau kalah dengan bank lainnya, CIMB Niaga juga menawarkan tabungan tanpa potongan administrasi bulanan. Nama tabungan tanpa biaya administrasi bulanan dari CIMB Niaga ini adalah Tabungan OCTO Savers. Berikut hal-hal yang berkaitan dengan Tabungan OCTO Savers.

  • Minimal setoran awal Tabungan OCTO Savers: Rp100.000,00.
  • Saldo minimum Rp2.000.000,00. Jika kemungkinan saldo rekening Anda di bawah saldo minimum, maka tabungan Anda akan dikenakan potongan administrasi sebesar Rp17.500,00.

7. Tabungan Danamon Lebih

Satu lagi produk bank tanpa potongan administrasi bulanan, yaitu Tabungan Danamon Lebih. Tabungan dari Bank Danamon ini gratis biaya administrasi setiap bulannya. Namun, ada syarat dan ketentuan yang berlaku untuk Tabungan Danamon Lebih ini. 

Berikut syarat dan ketentuan yang berlaku di Tabungan Danamon Lebih.

  • Bebas biaya transaksi untuk transaksi tarik tunai, cek saldo dan transfer online di jaringan ATM Prima, Bersama, dan Alto selama 10 kali di setiap bulannya.
  • Saldo minimum Rp1.000.000,00. Adapun saldo rekening di bawah saldo minimum akan dikenakan potongan administrasi setiap bulannya.
  • Setoran awal Rp250.000,00, dengan sistem saldo ditahan Rp50.000,00.

Itulah 7 produk bank tanpa potongan administrasi bulanan. Tentunya, jika Anda menginginkan tabungan yang bebas biaya administrasi bulanan, Anda dapat memilih salah satunya. Pastikan, Anda memilih produk tabungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.