Investasi Ini Paling Pas Buat Generasi Sandwich

jenis investasi terbaik

Kalau ditanya masalah apa yang paling penting dalam kehidupan, tentu jawabannya finansial. Uang memang bukan segalanya, namun tak dipungkiri bahwa kita tetap memerlukan dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Belum lagi kalau ternyata Anda masuk generasi sandwich yang harus menghidupi keluarga dan orangtua. Sepertinya sulit untuk keluar dari jebakan tersebut. Namun bukan berarti tidak ada cara memutus mata rantai generasi sandwich.  

Kalau Anda tak ingin kejadian yang sama berulang pada anak-anak, maka mulai dari sekarang lakukan sejumlah perubahan. Memang ini menjadi tantangan besar yang harus dihadapi generasi sandwich, tapi Anda lah yang memulainya.

Penyebab Munculnya Generasi Sandwich dan Cara Memutusnya

Secara umum, generasi sandwich muncul akibat dari gagalnya orang tua kita dalam mengelola keuangan. Hal ini sangat bisa dimaklumi karena pengetahuan terkait perencanaan dan pengelolaan uang yang tidak semudah dan segencar sekarang. Agar anak tak jadi pewaris generasi sandwich, Anda harus mengetahui cara memutus rantai jebakan tersebut. Setidaknya ada empat cara yang bisa dicoba, yakni:

  •       Pencatatan pengelolaan keuangan sekarang dengan rinci, harus dilakukan setiap bulan. Langkah ini penting untuk dapat memetakan masalah finansial dan mencari solusinya.
  •       Menunda hutang yang bersifat konsumtif karena berpotensi membuat Anda terlilit hutang besar di kemudian hari. Kalau pun mengajukan pinjaman, akan lebih baik digunakan untuk keperluan usaha atau kegiatan lain yang menambah sumber pemasukan.
  •       Berbagi beban dengan keluarga. Rasanya tentu berat harus memenuhi kebutuhan pasangan, anak, dan orang tua sekaligus. Kalau punya saudara, Anda bisa mengajak mereka berdiskusi untuk mencari solusi terbaik dari masalah tersebut.
  •       Membuat rencana keuangan, apakah ada pos pengeluaran yang harus dikurangi atau mencari cara mendapat sumber pemasukan tambahan.

Selain empat cara di atas, ada satu cara ampuh yang membantu Anda keluar dari jebakan generasi sandwich. Yakni investasi, ini merupakan aktivitas menempatkan modal baik berupa uang atau aset berharga dengan harapan kelak mendapat keuntungan setelah kurun waktu tertentu. Secara ekonomi, dalam investasi pemodal akan membeli sesuatu yang tidak akan dipakai di waktu tersebut, tapi menunggu beberapa saat hingga terjadi perubahan nilai.

Bentuk investasi dikelompokan menjadi dua, yakni investasi aktiva riil dan investasi aktiva finansial. Jenisnya sendiri ada banyak sekali, saat ini ada deposito, kripto, syariah, obligasi, valuta asing, reksa dana, saham, emas, properti, dan sebagainya. Kalau dikelompokkan berdasarkan jangka waktu, maka ada investasi jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek.

Tujuan Investasi Berikut Perlu Diketahui Generasi Sandwich

Investasi memberikan banyak manfaat bagi generasi sandwich. Seperti berikut ini:

  •       Investasi bisa jadi sarana yang tepat untuk generasi sandwich yang ingin mempersiapkan masa depan keluarga, anak, dan orang tua yang lebih baik. Dilakukan sekarang demi menuai hasil lebih menguntungkan di kemudian hari, dan ini tentu membantu memperbaiki finansial.
  •       Menghindari hutang konsumtif karena memilih hidup hemat untuk memperbaiki keadaan ekonomi. Seseorang yang berinvestasi pada akhirnya akan menghindari membeli barang-barang yang tak bersifat penting.
  •       Meningkatkan nilai aset yang bisa menjadi sumber pemasukan tambahan.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi laju investasi, yakni tingkat inflasi, infrastruktur, tingkat suku bunga, serta perubahan yang terjadi pada nilai tukar. Lalu, jenis investasi apa yang cocok dengan generasi sandwich?

Investasi SBN Paling Cocok dengan Generasi Sandwich

SBN merupakan singkatan dari Surat Berharga Negara, ini adalah produk investasi paling tepat bagi para generasi sandwich yang menjadi tulang punggung keluarga.  Ada dua produk SBN yang dapat dipilih, mulai dari SUN (Surat Utang Negara) dan SBSN (Surat Berharga Syariah Negara), keduanya mudah dijalankan serta menguntungkan.

Untuk SUN, Anda akan menerima keuntungan dari bunga secara bulanan yang dibayar oleh pemerintah di akhir periode. Sedangkan surat berharga berbasis syariah negara memberikan hak kepemilikan kepada masyarakat atas aset berwujud yang disewakan kepada pemerintah dan akan mendapat keuntungan dari imbal hasilnya. Jenis SBN juga dibedakan atas imbal hasil, yakni fixed rate dan floating rate with floor.

Alasan Generasi Sandwich Memilih Investasi SBN

Generasi sanwich adalah tulang punggung keluarga yang hebat. Namun untuk menjaga kondisi finansial yang stabil, generasi ini harus membertimbangkan perencanaan keuangan dengan baik. Caranya adalah melakukan investasi pada produk-produk SBN. Berikut beberapa alasan kenapa harus memilih instrumen tersebut:

  •       Aman karena pembayaran pokok dan kupon SBN dijamin oleh negara. Anda tidak perlu khawatir risiko gagal bayar seperti instrumen investasi lainnya.
  •       Investor bisa tetap konsisten menyisihkan penghasilan selama beberapa waktu untuk membeli seri SBN yang dikeluarkan pemerintah secara berkala.
  •       Modal terjangkau, minimal 1 juta rupiah sudah bisa memperoleh imbal hasil menguntungkan.
  •       SBN mudah dibeli secara online. Investor hanya perlu mendownload aplikasi investasi yang menyediakan produk SBN.

Jadi kalau ditanya investasi apa yang paling pas buat generasi sandwich, maka jawabannya Surat Berharga Negara (SBN). Semoga informasi ini bermanfaat.