Jangan Langsung Beli Barang Idaman Begitu Terima Gaji Bulanan

Banyak orang yang pastinya menunggu payday atau hari bayaran tiba. Mayoritas ingin segera menggunakannya untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Sayangnya, tak sedikit orang yang harus merasakan gaji bulanan habis di pertengahan bulan.

Bukan tanpa alasan, karena biasanya ketika kita menerima gaji bulanan akan timbul keinginan untuk membeli barang yang sudah diincar atau diidamkan sebelumnya. Contohnya membeli handphone model terbaru, furniture rumah serta barang-barang branded.

Padahal langkah yang tepat agar gaji tak cepat habis, jangan langsung menggunakannya untuk membeli barang-barang yang sedang kamu idam-idamkan. Lalu, bagaimana caranya untuk memanfaatkan gaji bulananmu secara tepat ? Nah, di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan.

  • Tentukan Batas Maksimal Pengeluaran

Cara ini mungkin akan sulit kamu lakukan, mengingat banyak kebutuhan yang harus terpenuhi selama satu bulan. Namun dengan menentukan batas maksimal pengeluaran, kamu bisa menghemat gaji bulanan sehingga tidak cepat habis.

Batas maksimal tersebut bisa ditentukan dengan melihat total pengeluaran di bulan sebelumnya. Tapi jangan jadikan itu sebuah patokan, karena belum tentu kebutuhan setiap bulannya selalu sama. Paling tidak, kamu sudah mencoba mengantisipasi agar uang gajianmu bisa cukup bahkan sisa di akhir bulan.

  • Sisihkan untuk Membayar Utang

Jika kamu memiliki utang kepada siapa pun, baik kerabat dekat, pinjaman online (pinjol), maupun bank, segeralah membayarnya ketika sudah menerima gaji bulanan. Karena utang hukumnya wajib dibayarkan dan itu merupakan hak bagi orang yang memberikanmu pinjaman.

Kamu tidak harus melunasi semua pinjaman yang kamu miliki. Bayarlah utang dengan menggunakan metode debt snowball, artinya kamu bisa membayar utang dari nominal terkecil. Jadi, kewajibanmu tidak terlupakan, kebutuhan yang lain juga bisa terpenuhi.

  • Alokasikan untuk Tabungan 

Sebelum digunakan untuk hal lainnya, sebaiknya sisihkan sedikit gajimu untuk ditabung atau diinvestasikan. Nominalnya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Tapi, paling tidak kamu bisa megalokasikan sebesar 15 persen dari total penghasilan yang kamu peroleh.

Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan dari rutin menabung, yang terpenting adalah ada simpanan untuk masa depan. Ditambah lagi kini produk tabungan maupun investasi semakin beragam. Dan menawarkan keuntungan yang cukup menjanjikan serta minimal setoran awal hanya dengan nominal Rp 10 ribu saja.

  • Mencukupi Kebutuhan Pokok

Hal terpenting berikutnya setelah mendapatkan gaji bulanan yaitu dengan mencukupi kebutuhan pokokmu terlebih dahulu. Kebutuhan selama satu bulan terdiri dari berbagai sembako, sayur mayur, dan perlengkapan mandi.

Meskipun alokasi untuk kebutuhan pokok biasanya lebih besar dari lainnya, namun memang sangat penting untuk membuatmu bertahan selama satu bulan. Setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Untuk itu, sebaiknya lakukan pencatatan setiap bulannya, apa saja kebutuhan pokok yang kamu butuhkan. Sehingga kamu bisa mengetahui berapa budget yang harus disiapkan untuk membeli berbagai kebutuhan pokok. Ini penting dilakukan agar pengeluaranmu bisa sesuai dengan yang diadnggarkan.

  • Membayar Cicilan Kredit

Tak dipungkiri sekarang semakin banyak orang yang memenuhi kebutuhan maupun gaya hidup dengan memanfaatkan metode pembayaran kredit. Mulai dari Kredit Pemilikan Rumah (KPR), kredit mobil atau motor, sewa rumah bahkan barang-barang elektronik.

Sama halnya dengan utang atau pinjaman, semua cicilan kredit yang kamu miliki juga harus segera dibayarkan setiap bulannya. Jangan sampai kamu dikenakan denda karena terlambat mengangsurnya. Dengan membayarnya tepat waktu, bebanmu juga akan semakin berkurang.

  • Segera Alokasikan untuk Membayar Tagihan

Tagihan bulanan seperti listrik, air, internet, maupun BPJS tidak kalah pentingnya untuk didahulukan. Bayarlah tagihan tersebut tepat waktu karena pihak perusahaan memiliki hak untuk memutus atau membekukan fasilitas yang kamu gunakan.

Jangan sampai karena telat membayar tagihan listrik, PLN memutus aliran listrik dirumahmu. Atau kamu akan dikenakan biaya normal pengobatan jika belum membayar tagihan BPJS. Maka dari itu, alokasikan gaji bulananmu untuk membayar berbagai  tagihan yang kamu miliki.

  • Bersedekah Atau Berbagi 

Hal yang perlu diingat adalah sebagian harta yang kamu miliki terdapat rejeki orang lain. Itu artinya, manfaatkan gaji bulanan yang kamu peroleh untuk berbagi dengan sekitarmu. Paling sedikit sisihkan minimal 10 persen dari seluruh penghasilanmu.

Berbagi bisa dimulai dengan orang-orang yang ada di sekitar, misalkan orang tua, saudara kandung, keponakan, dan tetangga. Tidak hanya berupa uang tetapi bisa juga berbentuk barang atau makanan.

Kamu juga bisa mulai berbagi melalui yayasan-yayasan amal yang akan menyalurkannya ke fakir miskin maupun anak yatim piatu. Manfaat berbagi bisa membuat hidupmu menjadi lebih bahagia karena melihat orang lain yang dibantu juga bahagia dan penghasilan pun lebih berkah.

Itulah tips dari kami agar kamu bisa mengalokasikan uang secara tepat setelah menerima gaji bulanan. Tips-tips di atas bisa mencegahmu untuk langsung membelanjakan uang gajian demi barang idamanmu.