Jangan Malu dengan Jualan di Rumah, Inilah 6 Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

usaha rumahan

Memiliki usaha sendiri memang impian setiap orang. Namun, terkadang impian tersebut terhalang oleh modal dan waktu. Pada dasarnya, waktu dan modal bukanlah suatu halangan. Itu karena Anda bisa memulai usaha dengan jualan di rumah.

Namun, beberapa orang merasa malu untuk memulai usahanya dengan jualan di rumah saja. Ternyata, pemikiran tersebut keliru. Banyak sekali perusahaan besar yang memulai usahanya dari rumah. Hal tersebut menunjukkan bahwa usaha rumahan memang tidak ada matinya. 

Jadi, bagi Anda yang akan memulai bisnisnya, tidak perlu malu lagi untuk memulai usahanya dari rumah. Namun, perlu diingat jangan sampai Anda salah pilih jenis usaha. Pastikan, usaha rumahan yang Anda rintis menjanjikan di masa depan.

Berikut adalah 6 jenis usaha rumahan yang tidak ada matinya. Namun, sebelum mengetahuinya, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tips menjalankan bisnis rumahan berikut ini.

3 Tips Bisnis Rumahan Supaya Memiliki Masa Depan Cerah

Meski usaha rumahan, ternyata kita harus dapat mengelolanya dengan baik. Tentunya, ada beberapa tips supaya bisnis rumahan yang Anda rintis memiliki masa depan cerah.

Adapun tips bisnis rumahan supaya memiliki masa depan cerah adalah sebagai berikut.

  1. Memang usaha rumahan membutuhkan sedikit modal. Namun, ternyata meski dengan modal kecil, kita perlu melakukan promosi. Misalnya, dengan memasang spanduk di teras rumah. Tujuannya supaya orang tahu bahwa di rumah Anda ada usaha yang sedang berkembang.
  2. Lakukan opening untuk usaha rumahan Anda. Opening usaha rumahan ini penting supaya tetangga di lingkungan sekitar mengetahui bahwa Anda sedang menjalankan bisnis rumahan. Sebaiknya, melakukan opening yang sederhana saja, seperti: potong tumpeng dan dibagikan ke tetangga.
  3. Meski berjualan es buah, pastikan untuk menatanya dengan rapi supaya pembeli tertarik untuk mampir membeli dagangan Anda. Tata dagangan Anda serapi mungkin.

Itulah 3 tips bisnis rumahan supaya usaha Anda memiliki masa depan yang cerah. Anda dapat mengaplikasikan tips tersebut pada usaha Anda apapun jenisnya. Perlu diingat, yang terpenting dalam merintis dan menjalankan usaha adalah niat dan kerja keras.

6 Jenis Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

Hal pertama yang terbesit ketika akan merintis suatu usaha adalah laba. Tidak heran, jika banyak orang memilih jenis usaha yang dinilai tidak akan mati. Ternyata, hal tersebut juga berlaku untuk usaha rumahan. 

Memang, banyak sekali usaha rumahan yang bisa Anda rintis dan kembangkan. Namun, hanya beberapa jenis bisnis rumahan yang tidak ada matinya. Adapun usaha tersebut adalah sebagai berikut.

1. Usaha Warung Sembako

Bisa dibilang, jenis usaha yang berkaitan dengan kebutuhan primer manusia memang tidak ada matinya. Salah satunya adalah usaha warung sembako. Itu karena kebutuhan manusia akan pangan semakin hari semakin meningkat.

Selain itu,  meski harga sembilan bahan pokok manusia (sembako) mengalami kenaikan, masyarakat tetap membutuhkannya. Tidak heran, jika usaha jualan sembako ini termasuk dalam daftar usaha rumahan yang tidak ada matinya.

Jadi, bagi Anda yang berniat merintis usaha rumahan dan tidak ingin merugi, Anda dapat membuka toko sembako. Pastinya, jika Anda tekun menggeluti toko sembako tersebut, maka ke depannya kondisi financial Anda semakin membaik.

2. Usaha Laundry Kiloan

Saat ini pengguna jasa laundry kiloan tidak hanya di kota besar saja, di pedesaan juga banyak yang memanfaatkan jasa ini. Oleh karena itu, usaha laundry kiloan dinilai dapat menjadi ladang emas di masa depan. Namun, perlu diingat Anda harus rajin mempromosikan usaha laundry Anda supaya dapat dikenal luas di masyarakat. 

3. Usaha Jahit Pakaian atau Konveksi

Usaha yang satu ini cocok bagi Anda yang memiliki keahlian mendesain dan menjahit pakaian, yaitu usaha jahit pakaian atau konveksi. Kabarnya, usaha jenis ini dinilai tidak ada matinya. 

Apalagi jika Anda bisa menjahit pakaian pernikahan atau pakaian khusus tertentu. Pastinya, keahlian tersebut dapat mendatangkan keuntungan yang berlimpah. 

4. Usaha Cuci Motor

Bukan rahasia lagi, saat ini banyak sekali pemilik kendaraan bermotor, terutama motor yang malas untuk mencuci motornya. Fenomena tersebut dapat Anda jadikan peluang usaha untuk membuka jasa cuci motor di depan rumah.

Kabarnya, usaha cuci motor ini dapat meraup untung hingga ratusan ribu per hari. Tentunya, keuntungan tersebut didapat dari usaha melakukan promosi baik di media sosial maupun promosi dari mulut ke mulut.

5. Agen Payment Point Online Banking (PPOB)

Maraknya transaksi jual beli dan pembayaran secara online tanpa tatap muka membuat layanan payment banking online banyak diminati. Namun, perlu diketahui tidak semua orang dapat menggunakan aplikasi payment tersebut.

Hal tersebut dapat Anda jadikan peluang usaha sebagai agen payment point online banking (PPOB). Dengan menjadi agen PPOB, Anda dapat membuka layanan berbagai jenis pembayaran dan tagihan rumah tangga, seperti: tagihan listrik, PDAM, internet sampai dengan pembayaran tiket pesawat.

6. Usaha Jualan Pulsa, Paket Data dan Token Listrik

Selain menjadi agen PPOB, layanan jasa rumahan yang dinilai tidak ada matinya adalah jualan pulsa, paket data dan token listrik. Hal tersebut karena hampir setiap orang membutuhkan pulsa, paket data dan token listrik.

Nah, itulah 6 usaha rumahan yang dinilai tidak ada matinya. Usaha tersebut dinilai ada terus sepanjang masa dan selalu menguntungkan untuk dijalankan. Bagi Anda yang berniat merintis usaha rumahan, pastikan Anda memilih usaha yang sesuai dengan keahlian dan hobi Anda. Selamat berbisnis.