Jangan Ragu Lagi, Inilah 5 Cara Menabung di Rumah Agar Cepat Banyak

cara menabung

Beberapa orang berpendapat menyimpan uang di rumah terlalu banyak godaannya. Fenomena tersebut memang benar. Namun, jika kita disiplin dalam menabung, keraguan menyimpan uang di rumah akan musnah.

Ada beberapa cara yang harus Anda terapkan supaya menabung di rumah menjadi menyenangkan dan cepat terkumpul. Pastinya, cara tersebut harus diaplikasikan dengan sungguh-sungguh supaya tabungan cepat banyak.

Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara menabung di rumah agar cepat banyak? Anda wajib membaca informasi berikut ini dengan saksama. Pastikan, Anda mengikuti cara berikut ini step by step, supaya tabungan di rumah Anda cepat menjadi bukit.

Tips Menabung di Rumah Secara Rutin dan Kontinyu

Bisa dibilang memulai menabung, memang gampang-gampang susah. Namun, jika Anda sudah bertekad untuk menabung, tekad tersebut tidak akan terpatahkan. Oleh karena itu, sebelum mulai menabung di rumah, bulatkan tekad Anda untuk rutin menabung.

Selain itu, Anda dapat menerapkan tips menabung di rumah secara rutin dan kontinyu berikut ini.

  1. Tetapkan tujuan dan rencana menabung, seperti: Anda ingin membeli mobil baru. Nah, tujuan tersebut harus tertanam kuat di benak Anda supaya tabungan di rumah cepat banyak.
  2. Kurangi pengeluaran yang tidak penting dan tahan godaan. Jika Anda mulai tergoda untuk membeli sesuatu, ingat kembali tujuan yang ingin Anda capai.
  3. Jika dirasa penghasilan Anda belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Anda dapat mulai mencari penghasilan tambahan untuk menabung. Artinya, penghasilan tambahan yang Anda dapatkan, nantinya digunakan untuk menabung.

Tersebut adalah 3 tips menabung di rumah secara rutin dan kontinyu. Terapkan tips tersebut supaya tabungan yang Anda miliki cepat banyak. Selain itu, tanamkan pola pikir hemat pangkal kaya supaya Anda dapat mengendalikan pengeluaran harian.

5 Cara Menabung di Rumah Agar Cepat Banyak yang Wajib Anda Ketahui

Bagi Anda yang kesulitan menerapkan tips menabung, mulai sekarang Anda dapat mencoba mengikuti arisan. Pada dasarnya, mengikuti arisan sama halnya dengan menabung. Namun, jika Anda malas ikut arisan, Anda dapat menerapkan 5 cara menabung di rumah berikut ini.

1. Siapkan Celengan atau Wadah Bening untuk Tempat Menabung

Salah satu menabung di rumah yang cukup ampuh adalah dengan cara menyiapkan celengan atau wadah bening. Tentunya, kedua tempat itu berfungsi sebagai tempat menyimpan uang. Dengan memiliki celengan atau wadah bening, Anda akan otomatis menyisihkan uang.

Misalnya, setiap ada kembalian uang kecil berapapun nominalnya, otomatis akan Anda masukkan celengan atau wadah tersebut. Cara yang satu ini dinilai efektif dan efisien. Itu karena banyak orang sudah mencobanya hingga akhirnya tabungan di rumah terkumpul dengan cepat.

2. Rutin Mengumpulkan Uang Receh

Mungkin Anda pernah mendengar istilah, “the power of uang receh”. Istilah tersebut ternyata merupakan salah satu senjata paling ampuh untuk menabung di rumah. Itu karena sebagian besar orang malas menyimpan uang receh di dompetnya. 

Tidak heran, jika akhirnya uang receh dimasukkan ke celengan. Dengan begitu, tanpa disadari uang receh yang terkumpul di celengan lama kelamaan akan menumpuk dan banyak. Jadi, bagi Anda yang berniat menabung di rumah, jangan lupa untuk menyiapkan celengan.

3. Konsisten Menyisihkan Uang dengan Nominal Rp10.000,00 atau Rp20.000,00 pada Periode Waktu Tertentu

Kunci sukses dari menabung di rumah adalah konsisten. Tentunya, setelah Anda menetapkan tujuan menabung dan membuat perencanaan, Anda harus konsisten menyisihkan uang Anda sesuai dengan nominal yang sudah ditetapkan.

Misalnya, Anda ingin membeli tas branded, tentunya Anda harus membuat perencanaan, seperti: berapa yang yang harus disisihkan dan berapa lama Anda akan mengumpulkannya. Jika Anda menginginkan tas seharga Rp2.000.000,00 berarti Anda harus menyisihkan uang Rp10.000,00 selama berapa periode.

kabarnya, cara yang satu ini dinilai mampu membuat tabungan di rumah Anda cepat banyak. Jadi, Anda harus konsisten dalam menabung supaya tabungan Anda cepat menjadi bukit dan tujuan hidup Anda mudah tercapai.

4. Menerapkan Sistem Menabung Tepat Waktu

Bukan rahasia lagi, kesuksesan seseorang bisa dilihat dari kedisiplinannya. Ternyata, hal tersebut juga berlaku untuk menabung. Artinya, tabungan Anda akan cepat banyak ketika Anda selalu tepat waktu dalam menyisihkan uang.

Nah, untuk menerapkan cara yang satu ini, Anda harus membuat rencana terlebih dahulu. Misalnya, Anda ingin uang Anda terkumpul sebanyak Rp10.000.000,00 dalam waktu 10 bulan. Tentu saja, setelah Anda menetapkan rencana tersebut, Anda harus mengaplikasikannya dengan cara menabung tepat waktu.

5. Rajin Menyisihkan Uang dengan Sistem Berbalik Tanggal

Selain menabung tepat waktu, cara lain yang juga dinilai ampuh adalah rutin menyisihkan uang dengan sistem berbalik tanggal. Memang, cara ini terlihat rumit, namun jika diterapkan dengan sungguh-sungguh akan mudah diaplikasikan.

Contohnya, Anda merencanakan setiap hari akan menabung. Jika dihitung dalam 1 bulan ada 30 hari. Jadi, selama 30 hari tersebut Anda harus menabung dengan sistem berbalik tanggal. Adapun caranya sebagai berikut.

  • Di tanggal 1, Anda menabung Rp25.000,00.
  • Tanggal berikutnya, yaitu tanggal 2, Anda harus menyisihkan uang sebesar Rp24.000,00.
  • Kemudian, tanggal 3, Anda harus menyisihkan uang Rp23.000,00.
  • Lalu, tanggal selanjutnya, Anda menyisihkan uang Rp22.000,00. Pola ini terus Anda terapkan selama 1 bulan sampai dengan bulan berikutnya. 

Tentunya, dengan sistem menabung berbalik tanggal tersebut, jaminan tabungan di rumah Anda akan cepat banyak. Nah, bagaimana menurut Anda? Cara menabung seperti apa yang sesuai dengan selera Anda? Pastikan, Anda memilih cara menabung yang sesuai dengan budget dan kemampuan yang Anda miliki supaya tabungan Anda cepat banyak.