Jenis Investasi yang Populer di Indonesia dan Memberikan Keuntungan

jenis investasi

Investasi sangatlah penting dan harus dilakukan dari sekarang untuk mempersiapkan masa depan cerah. Dengan berinvestasi, Anda bisa memperoleh tambahan penghasilan tanpa harus bekerja di masa tua nanti. Jenis investasi sendiri cukup banyak, mulai dari yang paling minim risiko hingga yang paling menjanjikan return besar.

Bagi Anda yang belum tahu apa itu investasi, ini merupakan kegiatan penempatan modal atau dana dengan harapan mendapatkan hasil atau keuntungan lebih banyak di masa depan. Lebih cepat Anda melakukannya, maka lebih besar pula keuntungan yang didapat dari penanaman sumber daya tersebut.

Selain mempersiapkan biaya untuk kehidupan di masa mendatang, investasi juga bisa melindungi aset-aset milik Anda dari ancaman inflasi. Berikut ini kami akan menjelaskan jenis-jenis investasi yang bisa dipilih karena memberikan keuntungan menjanjikan.

Deposito Berjangka     

Jenis-jenis investasi lainnya yang bisa dipilih karena menjanjikan keuntungan adalah membuka deposito berjangka di bank. Dibandingkan tabungan biasa, instrumen investasi ini tentu memiliki bunga yang lebih tinggi dengan tanggal jatuh tempo yang jelas yaitu tiga sampai 12 bulan paling lambat. Namun yang perlu diketahui adalah masalah penarikan dana sebelum tanggal jatuh tempo ditentukan, pihak bank bersangkutan akan memberikan penalti kepada nasabah yang melakukannya.

Semakin besar nominal dan semakin lama Anda menabung deposito, maka semakin besar pula keuntungan yang diperoleh. Tidak hanya itu saja, investasi deposito berjangka juga terbilang aman karena memiliki risiko rendah. Wajar jika banyak masyarakat kita yang gemar melakukan investasi jenis ini sekarang.

Reksadana        

Reksadana merupakan wadah untuk mengumpulkan modal dari masyarakat kemudian diinvestasikan oleh manajer investasi. Anda yang menjadi investor tidak perlu memikirkan pengelolaan investasi tersebut, cukup menyiapkan dana yang akan diinvestasikan dalam portofolio efek (produk-produk saham, pasar uang, maupun obligasi) saja ke pihak pengelola terpercaya.

Memulai investasi reksadana tidak perlu modal banyak lagi sekarang.  Karena dengan uang Rp. 10 ribu, Anda sudah bisa menjadikan reksadana sebagai produk investasi yang menjanjikan. Reksadana memiliki risiko minim, sehingga cocok dilakukan dalam jangka waktu panjang. Kelebihan lainnya adalah Anda tidak turun tangan langsung dalam mengelola dana investasi, karena sudah ada manajer investasi yang siap setiap hari memantau perkembangannya.

Investasi Saham      

Salah satu investasi paling populer dan dikenal luas di Indonesia adalah saham. Apabila Anda membeli saham di BEI (Bursa Efek Indonesia), maka Anda akan menjadi salah satu pemilik saham dari perusahaan tersebut. Anda juga berhak atas dividen sebesar persentase saham yang dimiliki dari perusahaan tersebut.

Bukan hanya hak atas dividen saja yang bisa diperoleh, tetapi juga keuntungan dari selisih harga penjualan saham. Artinya, instrumen saham bersifat likuid dan bisa diperjualbelikan. Namun, investasi saham juga berisiko tinggi karena bergantung pada keadaan politik, ekonomi, maupun keadaan lain yang membuat harganya menjadi fluktuatif.

Meskipun demikian, investasi ini tetap menjamin keuntungan besar ketika Anda ingin mengalihkan saham tersebut kepada orang lain sewaktu harganya naik. Investasi saham memang menawarkan keuntungan besar daripada jenis lainnya.

Logam Mulia dan Emas             

jenis investasi menguntungkan

Logam mulia dan emas menjadi instrumen investasi paling populer di kalangan masyarakat Asia sejak dari zaman dahulu sekali. Jenis ini sangat cocok untuk orang-orang yang ingin berinvestasi jangka panjang. Harga emas dan logam mulia yang terus mengalami peningkatan akibat kejadian-kejadian tertentu membuatnya lebih aman dan stabil.

Properti             

Jika berbicara tentang jenis-jenis investasi yang minim risiko dan dapat menghasilkan return besar, tentu nama properti akan muncul pertama kali. Seperti yang kita ketahui, bangunan atau tanah termasuk investasi jangka panjang yang sangat menggiurkan karena keuntungan besarnya. Di Indonesia sendiri, dari tahun ke tahun  nilai properti terus menunjukkan peningkatan sebesar 15-20%, terutama yang berada di lokasi strategis.

Investasi properti jauh dari risiko kebangkrutan, apalagi menjadi kebutuhan dasar yang harus dipenuhi masyarakat. Untuk memilih instrumen ini, Anda harus memiliki modal cukup besar untuk bisa membeli dan merawat properti tersebut. Anda yang memiliki properti seperti tanah atau bangunan dapat menjual atau menyewakannya saat harga naik. Tentu ini akan menjadi passive income paling menguntungkan untuk saat ini.

Surat Utang (Obligasi)

Investasi ini hadir dalam bentuk surat utang berjangka panjang dan menengah yang berisi perjanjian antara pihak penerbit dengan pihak pemegang yang dapat dipindahtangankan. Pihak pemegang obligasi akan mendapat keuntungan dari bunga yang dibayar pihak penerbit. 

Umumnya, investasi surat utang ini memiliki jangka waktu antara 1-10 tahun setelah kesepakatan dibuat. Adat 3 macam obligasi untuk dipilih:

  •       Obligasi korporasi, diterbitkan oleh BUMN dan korporasi swasta
  •       Obligasi pemerintah, diterbitkan oleh pemerintah.
  •       Obligasi ritel Indonesia, diterbitkan oleh pemerintah kemudian dijual kepada perorangan melalui agen penjual.

Itulah beberapa jenis investasi yang populer di Indonesia dan memberikan keuntungan besar. Anda bisa menggunakan salah satunya atau semua sekaligus jika cocok. Tunggu apalagi? Segera lakukan investasi untuk kehidupan lebih baik di masa depan.