Jenis-Jenis Servis Mobil Dan Biayanya

jenis-jenis service mobile

Servis mobil merupakan hal penting yang harus dilakukan secara berkala agar performa mobil kesayangan tetap terjaga. Mungkin Anda yang baru memiliki kendaraan roda empat tersebut penasaran dengan biaya perawatan yang harus disiapkan. Pertama, ketahui bahwa service mobil berkala dilakukan pertama kali saat jarak tempuh kendaraan sudah mencapai 1000 kilometer. Untuk biaya service ini masih gratis alias tidak dikenakan biaya karena berada dalam masa garansi.

Setiap merk dan dealer mobil menarifkan biaya service mobil yang berbeda-beda. Umumnya berkisar antara 180 ribu rupiah sampai 600 ribu rupiah, tergantung dari jenis perawatan yang dilakukan. Supaya lebih jelas, mari ikuti pembahasan berikut tentang jenis-jenis service mobil dan biaya perawatan yang umum di pasaran Indonesia.

Sebelum Itu, Ketahui Dulu Alasan Kenapa Harus Melakukan Service Mobil Berkala

Service berkala wajib dilakukan untuk memastikan klaim garansi resmi mobil bisa digunakan kalau sewaktu-waktu terjadi kerusakan parah pada mobil yang dibeli. Kalau ingin harga jual mobil tetap tinggi, maka Anda harus menjaga performa mesinnya tetap bagus. Sesuai saran, pemilik mobil sebaiknya melakukan pengecekan setiap 6 bulan sekali selama 3 tahun di bengkel resmi maupun umum.

Meskipun tak menjamin mobil bebas dari kerusakan, service yang dilakukan secara rutin bisa mengurangi intensitas komponen-komponen yang rusak. Selain itu masih ada beberapa alasan penting lainnya yang harus diketahui agar Anda rajin membawa mobil ke bengkel. Berikut penjelasannya.

Mempertahankan Performa Mobil dan Mencegah Malfungsi Komponen

Performa mobil Anda akan terasa sama seperti pada saat baru dibeli, walaupun sudah digunakan selama beberapa waktu. Mobil yang rutin dirawat akan terasa halus ketika dikendarai, lebih responsif, sehingga nyaman bagi pengendaranya.

Saat melakukan perjalanan jauh, Anda mungkin pernah melihat ada mobil yang mogok di pinggir jalan. Kalau tidak ingin mengalami hal yang sama, silahkan cegah dengan melakukan service secara rutin. Jangan malas membawa kendaraan roda empat kesayangan Anda ke bengkel, supaya malfungsi komponen tidak terjadi.

Memastikan Efisiensi Bahan Bakar Dan Mengurangi Polusi

Para pengendara sering mengeluh mobilnya boros bensin alias tidak efisiensi bahan bakar sesuai yang diklaim pabrikan. Namun tahukah Anda kalau penyebab utama masalah ini karena mobil tidak dirawat secara berkala? Setiap mobil telah dilengkapi dengan standar efisiensi bahan bakarnya masing-masing. Kalau tak ingin mengeluarkan biaya ekstra, lakukan service sesuai jadwal yang telah ditentukan bengkel. Ini dapat membuat seluruh komponen bekerja lebih baik dan optimal.

Service berkala juga membantu mengurangi pencemaran udara akibat gas karbon yang dikeluarkan oleh pembakaran BBM. Itulah mengapa penting melakukan perawatan secara berkala.

Memperpanjang Usia Penggunaan Mobil

Beberapa manfaat rutin menservice mobil sesuai jadwalnya mulai dari meningkatkan performa mesin, mencegah malfungsi komponen-komponen dalam mobil, meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan yang terpenting adalah memperpanjang usia penggunaan mobil.

Berikut ini beberapa komponen mobil yang harus mendapat perawatan berkala:

  •       Kanvas rem
  •       Oli mesin dan filternya
  •       Ban mobil
  •       Lampu
  •       Kanvas kopling
  •       Filter AC dan udara
  •       Busi

Beberapa Jenis Service Berkala yang Perlu Diketahui Pemilik Mobil

Ada serangkaian perawatan terhadap kendaraan yang harus dilakukan pemilik mobil ketika sudah mencapai jarak tempuh 10 ribu kilometer. Antara lain berikut ini.

  •       Service berkala mobil 1000 kilometer, dimana pihak bengkel akan melakukan pengecekan terhadap beberapa komponen penting seperti power steering, transmisi, rem, sistem pendingin mesin, oli mesin, body, dan chasis. Biayanya mulai dari 400 ribu rupiah – 600 ribu rupiah.
  •       Service berkala 30 ribu kilometer, 50 ribu kilometer, dan 70 ribu kilometer, pihak bengkel melakukan pengecekan terhadap ban mobil, mesin, serta oli mesin. Untuk biaya service diperkirakan 800 ribu rupiah – 1 juta rupiah.
  •       Service berkala 20 ribu kilometer, 60 ribu kilometer, dan 100 ribu kilometer. Untuk service ini beberapa komponen mobil akan dicek seperti suspensi, sistem kemudi, serta sistem bahan bakarnya. Biaya service ini sekitar 1 juta rupiah – 1,2 juta rupiah.
  •       Service berkala 40 ribu kilometer, 80 ribu kilometer, dan 120 ribu kilometer, dimana pihak bengkel melakukan diagnosis terhadap kompresor, oli mesin, busi, canister sistem, filter udara, dan minyak rem. Komponen akan segera diganti jika kondisinya sudah rusak. Biaya service ini berkisar antara 2,6 juta rupiah – 3 juta rupiah.

Lengkapi dengan Perawatan Tune Up

Para pemilik mobil umumnya melakukan perawatan tune up setelah melewati usia pakai 1 tahun. Perawatan ini memang dijadwalkan rutin untuk mempertahankan performa mobil. Ada beberapa komponen yang akan diganti pada service ini, meskipun kondisinya masih baik tetap disarankan untuk mengganti komponen tersebut dengan yang baru.

Perlu diketahui bahwa tune up mobil mesin mempunyai jenis pekerjaan yang lebih banyak dari service biasanya. Maka jangan heran kalau biayanya juga lebih mahal dan waktu pengerjaannya pun cukup lama. Kalau service biasa paling hanya sebatas pengecekan komponen tanpa pembongkaran berlebih, maka pada pekerjaan tune up ini pihak bengkel akan mengecek secara mendalam setiap bagian mesin mobil.

Itulah jenis-jenis service mobil dan biaya yang harus dibayar. Sebagai informasi, biaya yang kami sampaikan hanya sebatas perkiraan, karena yang menentukan tarif adalah pihak bengkel yang Anda datangi.