Jenis-jenis Tabungan BRI dan Keunggulannya

tabungan anak

Tabungan anak BRI yang dapat buat oleh anak yang berusia di bawah 17 tahun tidak hanya BRI Junio saja. Ternyata terdapat tiga jenis tabungan untuk anak yang ada di bank BRI ini yaitu TabunganKu, Simpanan Pelajar BRI dan BRI Junio.

 Ketiga rekening mu ini apabila dibandingkan pastinya mempunyai perbedaan nya masing masing. Tidak hanya kekurangan dan kelebihannya saja, perbedaan juga ada pada cara pembuatan, syarat-syarat, fasilitas, fitur serta setoran awal. Sebelum Anda memilih salah satu diantaranya terlebih dahulu mengetahui supaya bisa memperoleh rekening yang sesuai kebutuhan dan cocok untuk Anda.

 Berikut ini ada tiga penjelasan mengenai tabungan BRI tersebut. Untuk itu, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

TabunganKu Bank BRI

tabungan pendidikan anak

TabunganKu adalah salah satu program dari pemerintah yang dirilis pada 20 Februari secara langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ini memiliki tujuan untuk menumbuh kembangkan minat untuk menabung pada seluruh masyarakat menengah ke bawah.

Rekening ini hadir di 70 bank pembangunan daerah dan juga bank nasional, termasuk BRI juga memiliki tabungan jenis ini. Walaupun demikian, fitur dan fasilitas dari TabunganKu di masing masing bank dapat saja berbeda beda. Hal tersebut disebabkan empat dua macam jenis TabunganKu yaitu customized dan mandatory.

Untuk tipe customized biasanya telah berbeda, lain halnya dengan tipe mandatory yang menjadi tipe standar. Tiap bang diperbolehkan untuk mengurangi dan menambahkan persyaratan pembuatan, fasilitas, dan fitur selama hal tersebut tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan. Berikut ini beberapa peraturan TabunganKu yang ada di Bank BRI.

 Rekening tabungan BRI yang satu ini dibuat oleh siapa pun tidak hanya yang berusia di bawah 17 tahun saja, namun usia di atas tersebut juga diperbolehkan untuk membuat rekening tabungan ini. Untuk cara pembuatannya sama dengan pembuatan rekening BRI pada umumnya. Anda wajib datang ke kantor BRI dengan membawa syarat-syarat yang telah ditentukan seperti oran awal sebesar Rp 20 ribu, KTP dan NPWP.

Untuk para calon nasabah TabunganKu berusia di bawah 17 tahun akan dibagi menjadi dua golongan. Pertama merupakan usia yang kurang dari 12 tahun dengan syarat-syarat yang harus dilengkapi yaitu KK, akta kelahiran dan wajib untuk didampingi langsung oleh orang tua maupun wali nya. Untuk setoran awal sama seperti dengan rekening lainya yaitu Rp 20 ribu. Kalaupun dating dengan wali, rekening ini harus atas nama anak yang membuat.

Kedua, rekening ini diperuntukan untuk anak berusia di atas 12 tahun, mereka dapat membuat rekening TabunganKu dari Bank BRI harus didampingi oleh orang tua maupun wali nya. Tetapi, terdapat banyak syarat yang harus dibawa, tidak hanya kartu pelajar saja, mereka juga wajib untuk membawa KTP dari orang tua serta surat persetujuan untuk membuat rekening dari orang tua. Untuk setoran awal dari rekening ini cukup terjangkau seperti yang telah disebutkan di atas. Lalu pada setoran selanjutnya bisa lebih kecil lagi yaitu hanya sebesar Rp 10 ribu saja.

Simpanan Pelajar Bank BRI

Rekening Simpanan Pelajar juga menjadi program dari pemerintah. Namun terdapat perbedaan yang terletak pada usia dan baru dirilis pada 14 Juni 2015 secara langsung oleh bapak Joko Widodo bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Rekening ini pun diadakan hampir di seluruh Bank termasuk Bank BRI.

Tabungan ini dapat dibuat oleh seluruh anak yang berstatus sebagai pelajar mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA. Cara buka tabungan anak BRI ini sama dengan pembuatan rekening di bank lain, para calon nasabah tidak dapat melakukannya di kantor BRI, sebab mereka hanya dapat membuatnya di sekolah masing masing yang sudah bekerjasama dengan Bank BRI. Setoran awal untuk pembuatan rekening ini hanya sebesar Rp 5 ribu saja.

BRI Junio

Tabungan anak BRI junio ini hanya dapat dibuat oleh anak anak yang berusia di bawah 12 tahun serta wajib untuk didampingi oleh orang tua maupun wali. Para pendamping harus mempunyai rekening dari bank BRI yaitu BritAma maupun Simpedes. Apabila tidak, mereka diwajibkan untuk membuat terlebih dahulu. Setoran awal yang dibutuhkan untuk tabungan jenis ini yaitu Rp 100 ribu.

Pernyataan yang harus dibawa juga lebih banyak yaitu KTP dari orang tua maupun wali, kartu pelajar, setoran awal sebesar Rp 150 ribu, dan surat persetujuan dari orang tua untuk membuat rekening. Kalaupun setoran awal dianggap ringan namun fasilitas dari rekening ini dapat dikatakan sangat lengkap untuk digunakan oleh anak anak. Selain itu, limit transaksi yang diberikan dari bank BRI untuk rekening tabungan ini yaitu sebesar Rp 5 juta apa untuk transfer ke sesama Bank mencapai Rp 20 juta.