Jenis, Manfaat dan Risiko yang Perlu Diketahui dari Investasi Crypto

Produk atau instrumen investasi saat ini semakin beragam, mudah dan pastinya semakin canggih. Investasi crypto menjadi salah satu alat investasi yang sukses hadir sebab kecanggihannya yang mengikuti perkembangan zaman ini. 

Cryptocurrency atau biasa dikenal dengan crypto ini merupakan jenis investasi yang bisa memberikan imbalan tinggi. Seperti yang Anda ketahui jika mata uang digital ini hanya bisa Anda gunakan di dunia maya saja. Investasi crypto, terutama bitcoin pertama kali diperkenalkan oleh Satoshi Nakamoto pada awal tahun 2009. 

Dipakai untuk beragam transaksi, misalnya pembelian aksesoris dan jasa game hingga berbelanja barang-barang yang bisa dipakai. Oleh sebab itu, perdagangan bitcoin saat ini semakin populer dan marak terjadi sampai munculnya uang kripto jenis lainnya. Tidak hanya bitcoin saja, mata uang crypto lainnya yaitu ripple, ethereum, dogecoin, litecoin, dashcoin, mrai dan lainnya. 

Jenis-Jenis Kripto 

Bitcoin 

Bitcoin adalah salah satu jenis investasi kripto yang sampai sekarang masih sangat populer. Pada november 2019 ada sekitar 18 juta bitcoin yang sudah berhasil diperdagangkan dengan jumlah seluruh market valuenya yaitu US$146 miliar. Lalu, hingga sekarang, ada 68% cryptocurrency yang merupakan bitcoin. 

Litecoin

Litecoin adalah jenis alat investasi kripto yang hadir di awal mata uang digital sedang menjadi perbincangan hangat. Jenis kripto ini sukses hadir sejak tahun 2011 menjadi mata uang P2P (peer-to-peer) yang bisa mendapatkan block baru dengan lebih cepat. 

Jadi, yang menjadi keunggulan dari Litecoin yaitu memungkinkan para pemegangnya melakukan transaksi secara cepat tanpa membutuhkan sistem komputasi yang canggih. 

Dogecoin 

Dogecoin ini hadir pada Desember 2013. Sama seperti namanya, dogecoin merupakan cryptocurrency yang maskotnya adalah anjing Shiba Inu. Dogecoin mempunyai nilai yang sangat rendah dibandingkan dengan bitcoin. Pengguna jenis ini biasanya dipakai untuk beberapa transaksi kecil seperti memberi tip dan donasi.

Bitcoin cash 

Selanjutnya yaitu ada Bitcoin yang dirilis pada Agustus 2017 dan sekarang telah sukses menjadi Top 5 cryptocurrency terbaik. Jenis ini diluncurkan sebab terdapat sebagian pengguna Bitcoin tidak setuju dengan beberapa aturan yang sudah ditetapkan. 

Lalu, mereka memisahkan diri dan membuat mata uang digital sendiri yang dinamakan Bitcoin Cash. Kelompok ini juga melakukan sejumlah improvisasi yang dianggapnya lebih baik dibandingkan dengan Bitcoin. 

Feathercoin 

Jenis yang terakhir adalah feathercoin yang merupakan cryptocurrency yang sifatnya open source. Jenis mata uang kripto yang satu ini diciptakan oleh Peter Bushnell yang merupakan seorang IT Officer pada Brasenose College dari Oxford University di April 2013. Selain itu, Feathercoin juga mempunyai kesamaan dengan Litecoin yaitu sama-sama berada di bawah naungan MIT/X11. 

Manfaat Cryptocurrency 

Imbalan yang tinggi

Investasi Cryptocurrency merupakan jenis investasi yang terkenal dapat memberikan pengembalian yang tinggi daripada saham. Harga mata uang kripto seperti Bitcoin bisa naik sangat drastis. Hanya hitungan beberapa bulan, nilainya dapat mencapai rekor tertinggi. 

Harga Bitcoin telah meningkat 354% di tahun 2020, sehingga bisa mengalahkan keuntungan dari aset keuangan lainnya. Dengan cara yang tepat, Anda dapat membeli mata uang dengan harga murah, tetapi Anda dapat menjualnya dengan harga tinggi seperti saham.

Universal 

Hampir diseluruh belahan dunia dapat memakai mata uang kripto ini. Oleh sebab itu, kripto bisa dibilang mata uang universal sebab tidak terdapat syarat sama sekali untuk menjadi pengguna nya. Selain itu, Anda juga dapat memakai nama lain dan bisa tidak menggunakan data pribadi. 

Mudah dan cepat

Transaksi menggunakan kripto lebih cepat daripada transaksi menggunakan bank. Misalnya, transfer bank internasional bisa selama satu hari atau lebih. Sementara itu, transaksi Bitcoin hanya memerlukan waktu beberapa menit atau sampai satu jam saja. 

Transparan

Semua orang yang memakai cryptocurrency dapat melihat seluruh transaksi yang  dilakukan. Tetapi, tentu saja, pengguna tidak tahu siapa yang melakukan transaksi. Ini sebab hanya tersedia dalam bentuk angka tanpa ada nya identitas.

Resiko Menggunakan Mata Uang Kripto 

Rawan kejahatan cyber 

Karena cryptocurrency itu sendiri menggunakan teknologi, investasi ini rentan sekali terhadap serangan cyber. Dalam hal ini, jika cryptocurrency hilang atau dicuri, akan sulit untuk mendapatkannya kembali. Banyak laporan jika pembeli kehilangan investasinya karena peretasan. Jika Anda ingin tahu lebih banyak, periksa broker untuk kasus perampokan di berbagai negara, terutama di tahun 2019.

Minim regulasi

Regulasi Cryptocurrency masih sepenuhnya baru di Indonesia. Meskipun peraturan tersebut memberikan legalitas investasi di Indonesia, ada juga beberapa peraturan yang dapat menimbulkan risiko untuk para penggunanya. 

Sangat fluktuatif 

Fenomena naik turunnya nilai tukar mata uang kripto dapat terjadi dengan sangat cepat dan ekstrim. Nilainya dapat sangat tinggi, tetapi kemudian turun tajam. Seperti investasi ekuitas, investasi cryptocurrency ditandai dengan risiko tinggi dan pengembalian tinggi.