Jenis Usaha Kecil Menengah yang Sukses

Bisnis ini menjadi sangat populer di masyarakat akhir-akhir ini. Namun dalam banyak kasus, menjalankan bisnis berbenturan dengan modal yang tidak terlalu kecil. Usaha kecil dan usaha kecil juga merupakan solusi untuk Anda yang bermodal kecil. Di Indonesia, banyak  Usaha Kecil Menengah yang akhirnya sukses di pasaran. Berikut adalah beberapa jenis usaha kecil menengah yang sukses.

  • Usaha kecil dan menengah di bidang memasak 

Usaha kecil pertama yang sukses kesuksesan adalah yang bergerak di bidang kuliner. Makanan kuliner selalu diminati agar kebutuhan pokok terpenuhi. Oleh karena itu, usaha kecil di cabang kuliner tidak akan mati jika dilakukan dengan baik. Di bidang memasak, terdapat berbagai jenis usaha kecil dan menengah seperti memasak makanan ringan (snack), minuman dan makanan pokok. Dari banyaknya jenis bisnis kuliner ini mempunyai peluang dan perspektif yang sama baik untuk dijalankan sebagai usaha menengah kecil atau biasa disebut dengan UKM. Ada usaha kecil menengah yang sukses di bidang kuliner. Pada jajanan kuliner  jenis ini, bisa disebut dengan keripik Maicih buatan Reza Nurhilman. Contoh minuman kuliner adalah Murniati Ice Teler 77. Hidangan klasik adalah Pesellererera, yang dibuat oleh Rangga Umara. Tiga contoh food service di atas tentu sukses dari segi penjualan dan jumlah cabang. Meski  tidak terlihat seperti usaha kecil dalam situasi saat ini, perlu Anda ketahui bahwa  ini adalah tiga perusahaan yang dimulai dari usaha kecil dan menengah.

  • UKM di industri fashion 

Jika Anda kurang memiliki ketertarikan dari dunia kuliner, simak beberapa jenis UKM berikut ini, yaitu UKM  di bidang fashion. Busana merupakan salah satu jenis kebutuhan pokok atau kunci yang akan selalu dibutuhkan oleh semua orang, sehingga bisnis fashion ini juga berpeluang untuk sukses. Saat ini fashion terus berkembang, yang  akan memiliki dampak pada dunia fashion yang menumbuhkannya. Ada banyak jenis toko fashion. Sebutkan busana, busana muslim, busana korea, dll dalam kategori busana pria atau wanita. Jika ingin mencontohkan, bisa disebutkan brand kerudung Rabbani yang telah membuat bisnis sukses  dari usaha kecil-kecilan (UKM). Dengan berfokus pada  wanita Islami, Jilbab Rabbani memperkenalkan busana Muslim berkualitas tinggi yang berharga. Dalam menjalankan bisnis ini, Jilbab Rabbani sendiri menerima reseller dan laba dari penjualan produk. Selain Rabbani Hijab, kini banyak supplier brand fashion yang memberikan penawaran sistem penjualan  reseller dan dropship. Dari sini, Anda juga dapat menjalankan perusahaan Anda dengan modal yang relatif kecil.

  • UKM  Pendidikan 

Jika Anda tertarik dan bergairah tentang pendidikan,  Anda dapat membuka usaha kecil pendidikan. Dari dulu hingga sekarang, Pendidikan berkembang semakin ketat dari tahun ke tahun dan menjadi hal utama untuk menghadapi masa depan yang lebih baik, dan banyak yang berlomba lomba untuk belajar di tingkat tertinggi. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang berminat untuk mengenyam pendidikan. Mungkin sulit bagi usaha kecil (UKM)  jika membuka sekolah atau universitas yang membutuhkan banyak uang. Tetapi bahkan dengan sedikit uang untuk memulai bisnis di bidang pendidikan ini, peluang tidak hilang. Bagaimana? Anda dapat membuka kursus, bimbingan belajar (Bimbel) dan lembaga informal lainnya. Lembaga informal ini  tidak memaksa Anda untuk mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk memulai. 

Salah satu bentuk perusahaan pendidikan yang sekarang maju dari awal SME (SME) adalah Ganesha Operation (GO). Didirikan oleh Bob Foster, lembaga ini sebenarnya telah berhasil menjadikan tutor mereka sebagai lembaga terkemuka di Indonesia. Selain itu juga ada Robota Robotics School, yang menjadi lembaga pendidikan di bidang robotik terbesar di Indonesia. Setelah itu ada International Language Program (ILP), sebuah lembaga bahasa Inggris. ILP yang saat ini menawarkan kerjasama dalam bisnis waralaba, juga memulai bisnisnya sejak dini (usaha kecil dan menengah)

  • UKM di bidang agribisnis 

Indonesia dengan tanah yang  sangat subur tentunya menjadi modal yang baik untuk memulai usaha kecil dibidang agribisnis. Agribisnis adalah jenis usaha pertanian, perkebunan dan peternakan. Dengan menyediakan lahan yang Anda punya, Anda hanya perlu membeli benih tanaman atau hewan yang lebih murah dan menanam atau merawatnya nanti. Beberapa produk dari UKM agribisnis ini sendiri merupakan beras, sayuran, buah-buahan dan produk hewani berupa daging, telur, atau susu. Hasil dari UKM agribisnis ini menunjukkan bahwa produknya  selalu diminati oleh konsumen. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang pangsa pasar. Yang perlu diperhatikan secara serius untuk keberhasilan usaha ini merupakan kualitas dari produk  yang dihasilkannya. Contoh agribisnis yang sukses adalah Kemchick milik Bob Sadino.  Beliau berawal dari perusahaan biasa (UKM) dan kini telah berhasil merintis Kemchick menjadi perusahaan standar dan berkualitas tinggi dengan banyak cabang.