Jenis Usaha yang Bisa Dijalankan Sambil Sekolah

Siapa bilang anak sekolahan tak bisa hasilkan uang?. Terlebih di era modern seperti sekarang, ada banyak jenis usaha yang cocok dijalankan sambil sekolah. Kamu bisa menambah uang jajan dengan mencoba menjalankan usaha sampingan. Uang dari hasil usaha bisa digunakan untuk membeli barang-barang yang kamu inginkan dan sebagiannya ditabung. Jadi, kamu tak perlu lagi terlalu bergantung dan mengandalkan orang tua.   

Ada banyak peluang di sekitarmu yang bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan uang tambahan. Apalagi jika kamu memiliki hobi dan keahlian khusus yang bisa dijadikan peluang usaha. Nah, dalam artikel kali ini kami akan berikan beberapa jenis usaha yang bisa dijalankan sambil sekolah.

Pilihan Usaha yang Cocok untuk Anak Sekolah

Beberapa jenis usaha di bawah ini bisa kamu pilih untuk mendapatkan tambahan uang. Dan janganlah khawatir karena pilihan usaha berikut ini tidak ada yang akan mengganggu waktu belajarmu. 

  • Jualan Pulsa

Di era sekarang, handphone sudah jadi kebutuhan banyak orang karena memudahkan siapa saja untuk saling berkomunikasi. Nah, pulsa pasti akan selalu dibutuhkan supaya handphone bisa digunakan untuk komunikasi dan terus terhubung dengan internet.

Kamu bisa berjualan pulsa dan menawarkannya ke teman-teman sekolahmu. Dan untuk memulai usaha ini pun kamu tak perlu keluarkan modal yang banyak. Kamu cukup mengisi deposit sesuai dengan kemampuanmu. Keuntungannya memang tidak banyak, namun setidaknya kamu bisa mendapatkan uang tambahan sedikit demi sedikit. 

  • Bergabung Menjadi Reseller atau Dropshipper 

Apakah kamu ingin mencoba berjualan namun belum punya modal yang cukup ? Cobalah bergabung menjadi reseller ataupun dropshipper dari produk-produk pilihan. Karena kamu hanya butuh mengeluarkan modal sedikit bahkan sangat mungkin jika memulainya tanpa modal sama sekali. 

Ada banyak jenis produk yang bisa kamu jual dengan sistem reseller atau dropshipper ini. Mulai dari pakaian, aksesoris, kosmetik, hingga makanan. Carilah produk yang sedang tren dan kiranya tak asing buatmu. Kemudian manfaatkan media sosial dan aplikasi belanja online untuk menjual kembali produk tersebut. Jika ditekuni, usaha ini bisa sangat menjanjikan bahkan tak jarang yang  mendapatkan untung sampai puluhan juta rupiah.

  • Penulis Lepas (Freelance Writer)

Jenis usaha ini sangat cocok buat kamu yang punya hobi menulis. Kamu bisa jadikan hobimu itu sebagai sumber penghasilan. Banyak situs freelancer yang bisa kamu gunakan untuk menawarkan jasamu. Selain itu, sekarang ini sudah semakin banyak perusahaan yang membutuhkan penulis lepas. Biasanya, kamu akan diberikan bayaran per artikel atau dengan hitungan jam.

  • Fotografer 

Menjadi fotografer adalah pilihan tepat untuk kamu yang tertarik dengan bidang fotografi. Kamu bisa menawarkan jasa foto di acara-acara penting seperti pernikahan, gathering, ulang tahun, dan lain sebagainya. 

Kamu juga bisa menawarkan jasa ke para pebisnis. Karena seringkali jasa fotografer sangat dibutuhkan untuk memotret produk-produk milik mereka sebagai bahan promosi. Tak hanya itu, kamu pun bisa mendapatkan uang dengan menjual hasil karya fotomu ke situs-situs tertentu.

  • Usaha Kuliner 

Usaha kuliner cocok dijalankan siapa saja, termasuk kamu yang masih duduk di bangku sekolah. Justru usaha kuliner harus benar-benar kamu pertimbangkan karena jenis usaha yang satu ini tidak akan ada habisnya. 

Apalagi jika kamu punya keahlian memasak atau membuat kudapan seperti kue donat, aneka kue kering, dan lain-lain. Nah, kamu bisa tawarkan ke teman dan guru di sekolah maupun menitipkannya ke kantin sekolah. Atau sambil mengisi akhir pekan, kamu bisa berjualan saat car free day. 

  • Admin Media Sosial

Pilihan berikutnya, kamu bisa menjadi admin media sosial jika ingin dapatkan uang tanpa mengganggu jam sekolah. Waktunya sangat fleksibel, kamu bisa melakukannya di jam istirahat, setelah pulang sekolah, dan di saat akhir pekan. 

Menjadi admin media sosial juga tidaklah sulit. Karena yang paling penting kamu sudah cukup familiar dengan media sosial. Hal yang biasa dilakukan admin media sosial, antara lain membuat dan mengunggah konten serta merespon para follower akun tersebut. Biasanya kamu akan dibayar per jam, per bulan, maupun per unggahan.

  • Menjadi Youtuber

Saat ini apa saja bisa dijadikan peluang usaha dengan memanfaatkan media sosial. Salah satunya yaitu dengan menjadi seorang YouTuber. Ini cocok buat kamu yang punya segudang ide kreatif dan tidak minder berada di depan kamera. Kamu bisa membuat konten video yang menarik seperti vlog bertema daily routine, memasak, review produk, mukbang, dan masih banyak lagi. 

Kamu hanya cukup menyiapkan handphone atau kamera dan beberapa peralatan pendukung lainnya. Gunakan adsense untuk mendapatkan penghasilan dari Youtube dan unggah konten sesering mungkin supaya semakin banyak yang tertarik dengan akunmu.