Akibat Tidak Membayar Premi Asuransi

Asuransi merupakan perlindungan individu terhadap risiko yang akan timbul. Masyarakat Indonesia telah menyadari pentingnya mengambil asuransi. Karena itu, banyak orang telah mendaftar asuransi. Indonesia memiliki banyak jenis asuransi. Jenis asuransi antara lain, asuransi kesehatan, jiwa, properti, mobil, dll.

Asuransi saat ini juga mencakup komunitas maupun profesi tertentu. Nah, kalau Anda sudah diasuransikan, bukan hanya hak Anda yang  diberikan oleh perusahaan asuransi. Ketika kita mengambil asuransi, kita harus memiliki kewajiban yang harus kita penuhi untuk memperoleh hak kita nanti. Tentu saja, seseorang membayar premi.

Jika Anda membayar premi dengan benar, pihak asuransi memberikan perlindungan kepada Anda dari risiko yang mungkin timbul. Dan bagaimana jika suatu hari ternyata Anda tidak membayar premi asuransi Anda? Apa risiko keterlambatan pembayaran premi asuransi?

Apakah premi asuransi?

Premi  adalah jumlah yang harus Anda bayarkan kepada perusahaan asuransi, dalam bidang ini perusahaan asuransi, yang disepakati dalam kontrak asuransi  dan merupakan tanda keikutsertaan dalam asuransi.

Di kemudian hari, Anda akan menerima ganti rugi dari perusahaan asuransi melalui premi ini. Premi biasanya dibayarkan per bulannya pada waktu yang ditetapkan dalam polis asuransi.

Namun, beberapa premi dapat dibayarkan setiap triwulan, semester, dan bahkan tahunan. Ini biasanya merupakan premi asuransi kecil yang bernilai rendah.

Jadi untuk mengurangi jumlah waktu Anda dapat membayar premi menggunakan sistem ini. Ada juga merupakan polis asuransi jiwa berjangka. Dengan asuransi jiwa berjangka, Anda dapat menghemat uang dengan membayar  premi  setiap tahun, bukan bulanan atau triwulanan.

Ini tidak semudah lupa membayar. Namun, sebagai aturan umum, perusahaan asuransi nantinya akan memberitahu Anda melalui surat pengingat, email, atau pesan teks.

Banyak yang mulai menyadari pentingnya asuransi. Apalagi di masa pandemi Covid 19. Sayangnya, beberapa nasabah “tidak memenuhi kewajibannya” dalam membayar premi asuransi secara rutin. Jika Anda Ingin mengetahui apa yang mungkin terjadi jika Anda tidak membayar premi? Berikut adalah beberapa hal yang mungkin terjadi.

  • Status penangguhan sebagai pelanggan

Ketika Anda mendaftar di sebuah perusahaan asuransi, setelah itu Anda akan terdaftar sebagai pelanggan yang memenuhi syarat untuk menerima manfaat tergantung pada jenis produk perlindungan yang Anda pilih.

Misalnya, Anda mempunyai asuransi kesehatan jenis rawat inap. Namun, jika Anda lupa untuk memenuhi kewajiban Anda, status Anda nantinya ditangguhkan oleh perusahaan dalam waktu sementara.

Jangka waktu penangguhan ini bervariasi dari perusahaan proteksi ke perusahaan proteksi. Akibatnya, Anda tidak akan dapat mendapatkan keuntungan dari asuransi kapan pun Anda membutuhkannya.

  • Klaim tidak akan dikembalikan

Jika Anda mengalami kecelakaan sewaktu-waktu, Anda tidak akan dapat mengklaim biaya perawatan. Akibatnya, uang yang Anda pakai selama ini tidak akan dikembalikan oleh pihak perusahaan asuransi.

  • Anda perlu mengulang proses registrasi dari awal.

Beberapa perusahaan sekuritas biasanya memiliki kondisi penundaan atau masa tenggang untuk pembayaran yang terlambat. Status Anda sebagai pelanggan kini dapat dinonaktifkan jika habis masa berlakunya dan melebihi batas waktu yang  telah ditentukan.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mengasuransikan kembali diri Anda, Anda perlu mengulang dari pendaftaran pemegang polis dari awal. Ini termasuk pemeriksaan kesehatan yang diperbarui.

Cara untuk tidak menunda batas waktu pembayaran premi asuransi jiwa

Perusahaan asuransi memberikan kelonggaran hingga batas waktu yang telah ditentukan apabila Anda sibuk dan dokumennya menumpuk di lusinan faktur lainnya.

Inilah alasan mengapa kami biasanya memberikan masa tenggang untuk memberi kami waktu luang jika terjadi keterlambatan pembayaran.

Agen asuransi  maupun perusahaan asuransi nantinya akan juga dapat memberitahu Anda jika Anda belum menerimanya setelah tanggal jatuh tempo telah tiba. Simak tips berikut ini untuk mengingatkan Anda tentang tanggal jatuh tempo premi asuransi jiwa.

  • Tandai kalender sebagai pengingat. Anda dapat menggunakan kalender kertas maupun Anda dapat menggunakan Google Kalender. Tandai kedua tanggal tenggat waktu agar Anda tidak lupa.
  • Melakukan pembayaran otomatis. Pada beberapa perusahaan atau agen asuransi telah menawarkan pilihan pembayaran otomatis. Apabila Anda khawatir tentang penundaan premi, pertimbangkan untuk menyetujui pembayaran debit langsung dari cek bank atau rekening  tabungan Anda.

Banyak dari perusahaan atau agen asuransi yang mempunyai tenggang waktu selama 30 hari di mana Anda dapat membayar pembayaran yang tertunda tanpa polis asuransi.

Merupakan tanggung jawab perusahaan di bidang asuransi jiwa dalam mengizinkan polis asuransi berlanjut melampaui periode ini.

Banyak perusahaan mempunyai proses pemulihan yang hanya merupakan implementasi ulang yang efisien yang dibentuk agar dapat membantu mempertahankan kebijakan yang ada.

Anda mungkin perlu mengisi aplikasi singkat juga menandatangani pernyataan yang berkaitan dengan kesehatan Anda yang tidak berubah.  Bagian terbaik dari proses pemulihan yaitu Anda tidak perlu melakukan tes narkoba baru.